Rektor Unpad, “Tahun 2012 Seluruh Dosen Unpad Minimal Bergelar S-2”

21 09 2010

[Unpad.ac.id, 21/09] Dalam usia 53 tahun, Unpad telah mencapai berbagai keberhasilan dan peningkatan prestasi dalam segala bidang. Pada Sidang Terbuka Senat Universitas Peringatan Dies Natalis ke-53 Universitas Padjadjaran, Rektor, Prof. Ganjar Kurnia, menyampaikan berbagai hal sebagai bagian dari laporan tahunan yang telah dikerjakan Unpad.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, saat menyampaikan pidato Dies Natalis ke-53 Unpad (Foto: Tedi Yusup)

“Tolok ukur dari keberhasilan kuantitatif suatu program pendidikan adalah Angka Efisiensi Edukasi (AEE). Selama lima tahun terakhir, AEE Unpad meningkat mendekati standar yang berlaku dan bahkan diantaranya telah melewati angka standar tersebut,” ujar Rektor Unpad, dalam pidatonya saat acara perayaan Dies Natalis Unpad ke-53 yang berlangsung di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur Bandung, Selasa (21/09).

Rektor mengatakan bahwa pencapaian ke arah universitas yang semakin baik, tidak akan terlepas dari kualitas akademik para dosen. Dewasa ini, sebagian besar dosen yang masih bergelar S-1 sedang mengikuti pendidikan S-2 dengan harapan tahun 2012, semua dosen Unpad minimal bergelar S-2.

“Melalui sertifikasi dosen, sebanyak 165 orang guru besar dan 682 orang dosen telah memperoleh sertifikat. Dengan adanya sertifikasi, yang juga diikuti dengan tunjangan profesi, kualitas dan pelayanan pendidikan di Unpad menunjukan performa yang meningkat,” tutur Prof. Ganjar Kurnia.

Rektor juga mengatakan, pada tahun 2010 ini banyak kegiatan telah dicapai dalam beberapa bidang, seperti kegiatan pengabdian kepada masayarakat, peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang ujungnya mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

“Dalam Pimnas tahun 2010, diusulkan 501 proposal, 99 dibiayai Dikti, dan berhasil meraih 5 medali, dengan rincian 2 medali setara emas, 2 medali setara perak, dan 1 medali setara perunggu. Selain itu para mahasiswa Unpad juga berjaya di berbagai lomba penalaran di dalam dan luar negeri,” ungkap Rektor.

Rektor menjelaskan, dengan berbagai perbaikan, keberhasilan serta berbagai prestasi, sampai tahun 2010 ini Unpad mencapai ranking 5 perguruan tinggi tingkat nasional. “Berdasarkan ranking perguruan tinggi yang dibuat oleh Dikti berdasarkan Potensi Karya Ilmiah, Unpad berada di posisi nomor 5 nasional dengan 4 perguruan tinggi ranking di atasnya merupakan perguruan tinggi BHMN. Begitu juga versi 4ICU, posisi Unpad berada 5 besar di Indosesia,” tambah Rektor.

Namun dari berbagai keberhasilan, Unpad juga tak lepas dari masalah. Menurut Rektor, masalah administrasi akademis lain yang selama ini dihadapi adalah tidak terlaporkannya berbagai aktifitas yang dilakukan oleh para dosen Unpad. Akibatnya performance Unpad seringkali berada di bawah apa yang sebenarnya dilaksanakan oleh civitas academica-nya.

“Kegiatan penelitian, penulisan jurnal nasional dan internasional, keikutsertaan seminar dalam dan luar negeri, penulisan buku dan artikel beberapa tidak dilaporkan, dengan tidak dilaporkannya kegiatan oleh para dosen tersebut bukan hanya merugikan fakultas dan universitas, tapi juga dosennya tersebut,” tutur Prof. Ganjar.

Penghargaan

Rektor Unpad menyematkan tanda penghargaan Satya Karya Bhakti Padjadjaran kepada Prof. Cissy B. Kartasasmita, salah seorang dosen yang menerima penghargaan saat Dies Natalis ke-53 Unpad (Foto: Tedi Yusup)

Dalam peringatan Dies Natalis Unpad tersebut, digelar juga Pidato Ilmiah oleh Guru Besar Fakultas Hukum (FH) Unpad, Prof. Bagir Manan, yang bertajuk “Sistem Pemerintahan Republik Indonesia Sebelum dan Setelah Perubahan Undang-Undang Dasar 45”.

Pada kesempatan tersebut, Unpad juga memberikan penghargaan kepada dosen serta mahasiswa. Penghargaan yang diberikan diantaranya penghargaan Satya Karya Bhakti Padjadjaran, Satya Karya Bhakti Maha Guru, Satya Karya Bhakti Pendidikan, Satya Karya Bhakti Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Satyakarya Adisiswa.

Penghargaan juga diberikan secara khusus kepada Center of Information Scientific Resources and Library (Cisral) Unpad, yang berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008. Piagam diberikan langsung oleh Direktur SGS, Mr. Guy Escarfail, kepada Rektor Unpad serta Direktur Cisral Unpad, Prof. Dr. Ir. Hj. Nurpilihan Bafdal, M.Sc.

Di akhir pidato, Rektor menegaskan bahwa apa yang telah dicapai Unpad selama ini adalah berkat perjuangan dan kegigihan para pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Unpad yang sangat mencintai almamaternya serta di dukung oleh berbagai pihak. “Kemajuan-kemajuan yang kita raih, adalah berkat kebersamaan kita semua,” tegas Rektor.

Rektor menuturkan, makna penting setiap memperingati Dies Natalis adalah muhasabah (perenungan diri), tentang siapa kita, apa tugas dan fungsi kita, sejauh mana kinerja kita selama ini, dan mau kemana Unpad kedepannya.

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: