Profil Calon-Calon Ketua Umum Ika Unpad Periode 2012-2016

31 07 2012

Musyawarah Besar VIII Ikatan Alumni Unpad, Sabtu 31 Maret 2012 telah menetapkan sekaligus mengundi nomor urut empat Calon Ketua Umum IKA Unpad periode 2012-2016. Mereka terdiri dari Dr. Sapta Nirwandar (Nomor Urut 1), Prof. Dr. Ahmad Mujahid Ramli, S.H., M.H., FCBArb. (Nomor Urut 2), Drs. H. Sali Iskandar (Nomor Urut 3), dan Drs. Mansyur Ahmad, Ak., MBA. (Nomor Urut 4) Keempatnya di tetapkan sebagai calon setelah dinyatakan melengkapi persyaratan administratif yang sebelumnya telah diverifikasi oleh Panitia Mubes.

1. Dr. Sapta Nirwandar

Bionote

Kang Sapta, sapaan akrab untuk Dr. Sapta Nirwandar, lahir di Tanjung Karang tanggal 13 Mei 1954. Kini Kang Sapta tinggal di Jl. Teluk bayur No. 17 A komplek Angkatan Laut Rawa Bambu Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kang Sapta menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri 2 Tanjung Karang pada tahun 1967, SMP Negeri 2 Tanung Karat pada tahun 1970, kemudian menyelesaikan SMAnya di SMA Negeri 6, Yogyakarta pada tahun 1973. Selepas SMA Kang Sapta melanjutkan kuliah S1 di Fakultas Ekonomi Unpad dan lulus pada tahun 1978. Sekolahnya tidak berhenti di situ, Kang Sapta masih melanjutkan sekolah S2 di University Paris I-Sorbonne-Paris, Perancis yang diselesaikannya pada tahun 1985, kemudian dilanjutkan ke S3 di Unversity Paris IX-Dauphine-Paris dan selesai pada tahun 1988.

Saat ini Kang Sapta menjabat sebaga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada kabinet Indonesia Bersatu II. Perjalanan karirnya dimulai sejak tahun 1980 dimana Kang Sapta menjabat sebagai Kepala Seksi Keuangan. Tahun 1981 masih pada eselon yang sama Iva, Kang Sapta menjabat sebagai Kepala Seksi Perlengkapan. Tahun 1991 Kang Sapta menjabat sebagai Kepala Biro Umum pada Sekretariat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. Tahun 1995 Kang Sapta menepati posisi Kepala Direktorat Pengembangan SDM pada Bapedal. Perjalanan karirnya terus menanjak pada pemerintahan pusat, hingga pada tahun 1997 Kang Sapta menjabat sebagai asisten Menteri I Bidang Kelembagaan pada Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, lalu tahun 1998-1999 menjabat Asisten IV Bidang Kelembagaan pada Kementrian Koordinasi Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara. Tahun 1999 Kang Sapta menempati posisi sebagai Sekretaris Jendal pada Departemen Eksplorasi Laut dan Perikanan yang kemudian berubah menjadi Departemen Kelautan dan Perikanan, Kang Sapta masih menduduki jabatan Sekretaris Jendral pada departemen tersebut tahun 2001. Perjalanan karir di bidang kepariwisataan mulai ketika menjabat Sekretaris Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2001-2005. Jabatannya berlanjut pada departemen yang sama dari tahun 2005-2008. Tahun 2008-2011 menempati posisi Direktur Jendral Pemasaran pada Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, hingga akhirnya pada tahun 2011 sampai sekarang Kang Sapta dipercaya oleh Presiden untuk menempati posisi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain perjalanan karis sebagai birokrat, Kang Sapta juga memiliki pengalaman mengajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Institut Ekonomi STEKPI Jakarta, Universitas Jayabaya Jakarta, Universitas Pakuan, Universitas Padjadjaran, LAN dan member of Doctorate Dissertation for ITB, IPB and UI.

Visi dan Misi

Dalam pencalonannya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, Kang Sapta didasari oleh visi “Mewujudkan IKA UNPAD yang profesional, komunikatif, memiliki semangat jiwa karsa dan berkontribusi nyata yang dapat dibanggakan.” Untuk mewujudkan visinya itu Kang Sapta mengemban misi 1) menjadikan IKA UNPAD sebagai wadah alumni yang profesional pada bidangnya; 2) mendukung peraihan UNPAD sebagai ‘World Class University’; 3) membangun integritas dan karakter alumni UNPAD dalam memperkuat eksistensi diri dan lembaga dalam pembangunan nasional Indonesia; 4) memperkuat peran alumni dalam pelaksanaan Tri Dharma berstandar Nasional dan Internasional.

2. Prof. Dr. Ahmad Mujahid Ramli, S.H., M.H., FCBArb.

Bionote

Calon Ketua Umum IKA Unpad nomor urut 2 biasa dipanggil Kang Ramli. Lahir di Bandung tanggal 4 Juli 1961. Sekarang bertempat tinggal di Jl. Alpha No. 8 Cigadung-Bandung, dan di Kompleks Kementrian Hukum dan HAM RI, Jl Pertanian Raya Kav. V Lebak bulus, Jakarta Selatan. Kang Ramli masuk di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (S1) pada tahun 1981. Setelah lulus pemegang NPM A10013 ini melanjutkan S2 dan S3 nya di tempat yang sama yaitu Fakultas Hukum Unpad.

Kang Ramli lebih banyak menghabiskan perjalanan karirnya di lingkungan Unpad, mulai dari saf pengajar hingga menjadi guru besar Fakultas Hukum Unpad. Kang Ramli pernah juga menempati jabatan struktural sebagai Pembantu Dekan I dan pernah juga menjadi Dekan Fakultas Hukum Unpad. Tahun 2004-2007 Kang Ramli dipercaya sebagai Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika. Perjalanan karirnya di pemerintahan pusat membawanya sebagai Direktur Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Repblik Indonesia yang masih dijabatnya hingga sekarang.

Visi dan Misi

Kang Ramli mencita-citakan Unpad sebagai pilihan utama masyarakat dalam menempuh pendidikan tinggi di Indonesia. Karenanya dalam pencalonan sebagai Ketua Umum IKA Unpad, Kang Ramli memiliki visi “Menjadikan IKA Unpad sebagai organisasi yang mampu mensinergikan peran serta para alumni dalam mendukung pembangunan nasional, menjadikan Universitas Padjadjaran sebagai pilihan utama dalam menempuh jenjang pendidikan tinggi di Indonesia serta mewujudkan Universitas Padjadjaran sebgai Research University kelas dunia (World Class University).

Untuk mewujudkan visinya itu, melalui organisasi IKA Unpad Kang Ramli mengemban misi T-I-G-E-R yang merupakan kependekan dari Team Work, Integrity, Growth, Excellent, Relationship Building. Kang Ramli menguraikan misinya tersebut sebgai berikut: 1) Membangun dan mengembangkan kerjasama dan semangat kekeluargaan serta harmonisasi antar anggota alumni lintas fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran; 2) membangun dan meningkatkan integritas pengurus IKA Unpad dalam mendukung program dan rencana kerja IKA Unpad; 3) meningkatkan sinergi peran alumni dalam mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat secara berkelanjutan; 4) menjadi katalisator dalam pembangunan kapasitas sivitas akademika; 5) membangun dan menembangkan program kerjasama dengan pihak ketiga lainnya, baik Pemerintah maupun swasta baik dalam tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

3. Drs. H. Sali Iskandar

Bionote

Kang Sali Iskandar lahir di Garut pada tanggal 2 Februari 1062. Saat ini berdomisili di Jl. Pasanggrahan Indah No. 15 RT/RW 05/05 Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru-Bandung. Kang Sali menyelsaikan pendidikan dasar di SDN Cisewu Garut tahun 1977, SMPN Cisewu tahun 1980 dan SPGN Garut tahun 1983. Tahun 1984 Kang Sali menyelesaikan SPGLB di Bandung. Selepas dari SPGLB Kang Sali melanjutkan kuliah S1 di Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Sunda Unpad, dan lulus pada tahun 1989.

Dalam perjalanan karirnya Kang Sali memilih untuk berwirausaha. Tahun 1997 Kang Sali mendirikan CV Siger tengah yang terus berlangsung hingga sekarang. Pada tahun yang sama Kang Sali juga mendirikan CV Al-Aitam Sarana Direktur Jabar Education and Entrepreneur Centre yang juga masih berlangsung hingga sekarang. Tahun 2009 sampai sekarang Kang Sali menjabat Ketua Dewan Pembina Dompet Zakat Indonesia. Tahun 1994 Kang Sali mendirikan Yayasan Pendidikan Al-Ghifari yang menangai lembaga pendidikan plus mulai dari Taman Kanank-kanak (TK) hingga perguruan tinggi, Universitas Al-Ghifari.

Meskipun telah mendidikan perguruan tingi sendiri, Kang Sali pernah terputus dari ikatan dengan Unpad. Hal ini dilakoninya dengan menjabat sebagai ketua IKA Unpad Kota Bandung pada tahun 2005-2010. Kang Sali juga pernah menjadi pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat tahun 2004-2008. Riwayat Organisasi Kang Sali membawanya untuk aktif di organisasi politik diman sejak tahun 2011 hingga saat ini Kang Sali menjadi anggota Partai Demokrat Jawa Barat.

Visi dan Misi

Tergerak untuk kembali kepada almamater, Kang Sali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum IKA Unpad dari jalur perorangan. Dalam pencalonannya ini Kang Sali memiliki visi “Mewujudkan para alumni lulusan Universitas Padjadjaran menjadi motor penggerak di berbagai sektor demi kemajuan bangsa dan negara.”

Untuk mewujudkan visinya Kang Sali memiliki misi 1) meningkatkan kualitas lulusan Universitas Padjadjaran; 2) meningkatkan pelayanan alumni yang maksimal; 3) menciptakan lapangan pekerjaan mengembangkan potensi lulusan Universitas Pajdajaran; 4) meningkatkan semangat kerja dan profesionalisme para lulusan; 5 membentuk generasi bangsa yang memiliki kemandirian dalam berwirausaha.

4. Drs. H. Mansyur Ahmad, Ak. MBA.

Bionote

Kang Mansyur Ahmad lebih dikenal dengan panggilan “Kang Uung”. Kang Uung lahir di Tasikmalaya pada tanggal 10 Oktober 1050, kini menempati rumah di Jl. Kiputih No. 35 Bandung. Kang Uung menamatkan pendidikan dasar dan menengah di SDN Ciateul Bandung pada tahun 1962, SMP Pasundan II Bandung pada tahun 1965 dan SMA Negeri IV Bandung pada tahun 1969. Seleapas pendidika menengahnya Kang Uung melanjutkan ke S1 Fakultas Ekonomi Akuntansi Unpad yang diselesaikan pada tahun 1978. Tahun 1992 Kang Uung menyelesaikan pendidikan MBA di Bandung-Batch II join dengan IAM Philiphine.

Perjalanan karir Kang Uung dimulai dari tahun 1979 dimana beliau menjadi PNS di lingkungan Direktorat Pajak hingga tahun 1990. Sejak 1990-1992 Kang Uung menapaki pekerjaan sebagai wiraswastawan. Tahun 1993 hingga sekarang Kang Uung menduduki jabatan Eksekutif pada PT Humpus Intermoda Transportasi.

Aktivitas semasa mahasiswa Kang Uung merupakan aktivis tingkat fakultas. Sebagai aktivis mahasiswa Kang Uung pernah menjabat Ketua Umum Senat pada taun 1975-1977. Selain itu Kang Uung juga aktif di Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS) dan Wanadri. Bahkan pernah menjadi Komandan Pendidikan dan Latihan Dasar pada tahun 2001.

Visi dan Misi

Untuk pencalonan sebagai Ketua Umum IKA Unpad, Kang Uung menawarkan visi “Terpercaya Bagi Alumni dan Bermanfaat bagi Masyarakat”. Untuk mewujudkan visinya itu Kang Uung mengemban misi sebgai berikut: 1) 1 Unpad: Sinergi seluruh “alumni Unpad”; 2) 1 Tahun: “Silaturahim’; 3) 1 Periode: “Berkontribusi”; 4) 1 Jaringan: “Database dan Kompetensi”; 5) 1 Komitmen: “Untuk memajukan Unpad”; 6) 1 Hari : “1 Day for Unpad”; 7) 1 Prestasi: “World Class University”; 8) 1 Alumni: “1 Rupiah”.

Sumber: ikaunpad.net

 

 

 

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: