23 12 2009
Tips Alternatif Apabila Gagal SPMB

Alternatif kegiatan apa yang bisa dilakukan bagi yang gagal SPMB / tes Kedinasan ?

Bagi Anda yang gagal SPMB maupun Tes Kedinasan berikut ini kami berikan beberapa alternatif kegiatan yang akan sangat bermanfaat bagi Anda. Semoga. Adapun alternatif -alternatif tersebut antara lain adalah :

1. Bila Anda masih ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Anda bisa mendaftar di PTS. Namun bila ingin masuk PTS carilah informasi yang lengkap tentang PTS tersebut. Terutama Akreditasi dan peringkat Akreditasinya, ingat bahwa masing-masing fakultas bisa berbeda peringkat Akreditasinya.
2. Bila PTN gagal Anda tembus sedangkan PTS terlalu mahal untuk Anda, Universitas Terbuka ( UT ) mungkin bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda. Selain UT biaya kuliahnya sangat murah, sistem belajar jarak jauh yang diterapkan di UT membuat mahasiswa tak terikat waktu walaupun disiplin diri sangat dituntut. UT salah satu PTN di Indonesia istilah terbuka di sini maksudnya adalah bahwa UT membuka pintu lebar-lebar kepada siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa mengenal batas usia, pekerjaan, profesi, jenis pendidikan dan jenjang pendidikan yang ditempuhnya – meskipun syarat utamanya adalah mempunyai ijazah SLTA.
3. Bila tidak ingin kuliah di swasta dan ingin mengikuti SPMB tahun berikutnya maka Anda harus mempersiapkan secara matang. Pergunakan waktu yang satu tahun tersebut benar-benar untuk persiapan SPMB. Selain untuk persiapan SPMB Anda sebaiknya juga mencari tambahan pengetahuan, namun tetap harus Anda fokuskan yang mendukung persiapan SPMB. Misalnya : kursus Bahasa Inggris, penguasaan Bahasa Inggris yang baik selain akan membantu sekali ketika kuliah nanti ( karena masih banyak literatur yang ber Bahasa Inggris ) tetapi yang lebih penting Bahasa Inggris diujikan di SPMB. Selain itu di era globalisasi ini Bahasa Inggris sangat berperan sekali. Hampir semua tes baik itu tes masuk Perguruan Tinggi maupun tes menjadi pegawai negeri maupun tes pegawai lainnya pasti ada tes Bahasa Inggrisnya. Untuk itu Anda sebaiknya mengikuti kursus Bahasa Inggris.
4. Agar konsep yang telah Anda pelajari di SLTA tidak lupa ada baiknya Anda ikut bimbingan belajar, sebab di sini Anda akan mendapatkan persiapan SPMB yang lebih terarah. Namun bila biaya pas-pasan utamakan kursus Bahasa Inggrisnya. Dengan catatan Anda harus belajar sendiri secara terarah dan memperbanyak buku-buku yang berisi ringkasan dan soal persiapan SPMB.
5. Mengikuti kursus latihan kerja. Bila Anda tahun berikutnya sudah tidak ingin lagi mengikuti SPMB dan ingin mengikuti kursus yang selanjutnya bekerja. Carilah informasi yang lengkap tentang kursus yang akan Anda masuki, agar tidak kecewa di kemudian hari, Anda harus kritis dan selektif, lain tidak.

2. SELAMAT BERJUANG, SEMOGA BERHASIL.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: