4 01 2010

Talent Scouting UNPAD-Pemda Indramayu, Ajang Meraih Cita-Cita

“Aku ingin kuliah di Jurusan Biologi Unpad,” tutur Ikhfa Oktaviarsih, siswi SMAN I Kandang Haur. Ia bercita-cita menjadi seorang guru. Iapun mengaku telah mengikuti beberapa seleksi beasiswa, namun Dewi Fortuna belum berpihak padanya. Ikhfa mengaku bahagia dengan adanya program Talent Scouting Unpad kerjasama dengan Pemerintah Daerah Indramayu ini, berarti kesempatannya mewujudkan cita-citanya semakin terbuka.

Ikhfa adalah salah satu peserta seleksi masuk Universitas Padjadjaran Jalur Talent Scouting Kerjasama Pemerintah Daerah Indramayu Tahun 2008. Seleksi Talent Scouting Unpad-Indramayu ini diadakan di SMAN I Sindang, Indramayu pada Minggu (01/06/08). Peserta memperebutkan 50 bangku jenjang S1 dan 50 DIII.

Seleksi Talent Scouting Unpad-Indramayu dibuka oleh Drs. H. Suhaeli, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Dihadiri oleh Drs. Odang Kusmayadi, M.M (Kasubdin Menengah Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu), Ace T. Hidayat, M.Si., M.M. (Koordinator pelaksana Kegiatan Talent Scouting Unpad-Indramayu), sejumlah Pembina dari Unpad, Kepala Sekolah dan Guru SMA peserta dan Mahasiswa Unpad peraih Beasiswa Talent Scouting tahun lalu tampak hadir dalam acara tersebut.

Drs. H. Suhaeli, M.Si. mengatakan, para siswa-siswi yang lolos seleksi ini akan meraih beasiswa pendidikan yang meliputi biaya pendidikan dan uang saku selama kuliah dan dibayarkan oleh Pemda Indramayu. Selain itu, mereka juga mendapat pengajaran yang sama dengan mahasiswa Unpad lainnya. Indramayu berkomitmen untuk memajukan masyarakat dan daerah Indramayu, salah satunya melalui pendidikan. Indramayu menganggarkan 35% APBD-nya untuk pendidikan. Tidak heran jika, Indramayu sangat antusias dengan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Unpad.

Menurut Dra. Hj. Jati Rosmawati, Wakasek bid. Kurikulum SMAN I Sindang mengaku telah mempersiapkan murid-muridnya. SMAN I Sindang sengaja menambah jam pelajaran, dari 38 jam perminggu menjadi 42 jam perminggu. Selain itu, sekolahnya bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar demi mengantarkan siswa-siswinya meraih beasiswa Unpad-Indramayu.

Peserta Talent Scouting Unpad-Indramayu 2008 ini sebanyak 475 murid. Mereka berasal dari 11 SMA di Kabupaten Indramayu. SMA-SMA tersebut adalah; SMAN I Sindang, SMAN I Indramayu, SMAN II Indramayu, SMAN I Kandanghaur, SMAN I Anjatan, SMAN I Losarang, SMAN I Bango Dua, SMAN I Kroya, SMAN I Jatibarang, SMAN I Sliyeg, SMAN I Jatibarang dan SMAN I Krangkeng.

Menurut Ace T. Hidayat, M.Si., M.M., sesuai dengan namanya, Talent Scouting Unpad-Indramayu merupakan ajang pencarian potensi dan bakat siswa-siswi Indramayu. Unpad akan membimbing dan mendidik bakat dan potensi yang terpilih. Pada kesempatan itu pula, Unpad membawa serta 31 penerima Beasiswa tahun yang lalu, hal ini dilakukan untuk memotivasi peserta seleksi, tegas Ace T. Hidayat, M.Si., M.M.

Ia menambahkan, peraih Beasiswa ini akan dibimbing dan dibekali keterampilan (softskill) seperti Bahasa Inggris, kemampuan manajemen dan keterampilan lain sesuai jurusannnya masing-masing secara gratis oleh pembina dari Unpad. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mengembangkan diri, meningkatkan kompetensi dan pada akhirnya menambah nilai plus pada ijazah yang akan dimiliki kelak lulus dari Unpad. “Semua ini agar mereka mampu berdiri sendiri menjadi wirausahawan, jika mereka tidak terserap oleh dunia kerja. (antz)

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: