4 01 2010

Talent Scouting Unpad Bina Putra Daerah Jabar

Laporan oleh: Marlia

[Unpad.ac.id, 1/04] Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali membuka kesempatan kepada para putra daerah yang berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi untuk mengenyam pendidikan di Unpad melalui jalur Talent Scouting Unpad. Program Talent Scouting ini ditujukan kepada para lulusan SMA tahun 2008 dan 2009 yang berdomisili di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Ace T. Hidayat, MSi., MMAce T. Hidayat, MSi., MM

Menurut Koordinator Talent Scouting Unpad, Ace T. Hidayat, MSi., MM, yang ditemui di Ruang Website Unpad Kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (1/04), melalui Program Talent Scouting ini, Unpad ingin berpartisipasi meningkatkan sumber daya manusia khususnya di Jabar dengan memberi beasiswa penuh untuk mendapatkan pendidikan di Unpad. Ace menjelaskan bahwa program ini terbagi dua, ada yang merupakan beasiswa penuh dari Unpad, dan ada yang bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda)

Program Talent Scouting tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun keempat. Sejak tahun kedua pelaksanaan program ini, baru Pemda Kabupaten Indramayu yang bekerja sama dengan Unpad untuk membiayai pendidikan mahasiswa Indramayu yang kuliah di Unpad melalui program ini. Melihat animo pendaftar yang cukup tinggi dari tahun ke tahun, Unpad berharap semakin banyak pemda yang memberikan perhatian kepada putra-putri daerahnya yang berprestasi dan akan kuliah di Unpad.

“Unpad bermaksud memotivasi dan mengimbau pemda-pemda lainnya untuk memberikan beasiswa kepada putra-putri terbaik di daerahnya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dari daerahnya,” jelas Ace.

Ace menambahkan, tidak hanya bekerja sama dengan pemerintah daerah, Unpad juga membuka kesempatan kepada pihak ketiga baik BUMN maupun swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memberi beasiswa penuh kepada mahasiswa dari berbagai daerah.

Mengenai kuota penerima beasiswa ini, Ace menjelaskan bahwa tahun 2008 Unpad memberi beasiswa talent scouting ini kepada 55 mahasiswa. Selain itu sebanyak 98 mahasiswa asal Indramayu mendapat beasiswa talent scouting dari Pemda Indramayu. “Untuk tahun ini diharapkan ada peningkatan jumlah, yang disesuaikan dengan kemampuan Unpad dan pemda yang akan membiayai mahasiswa asal daerahnya,” jelas Ace.

Pendaftaran
Pendaftaran program Talent Scouting ini telah dibuka sejak 11 Maret 2009 dan ditutup pada tanggal 20 April 2009. Program ini meliputi lima rayon yaitu Bandung, Tasik, Sukabumi, Subang, dan Indramayu. Untuk keterangan mengenai pendaftaran dan formulir pendaftaran dapat diklik di sini. Selain itu, informasi tentang program Talent Scouting Unpad juga telah disebar ke 250 SMA di seluruh Jabar.

Para lulusan SMA yang mendaftar program ini, akan mengikuti 2 tahap seleksi. Tahap pertama adalah seleksi administrasi dan seleksi prestasi akademik dari nilai raport SMA. Tahap kedua adalah seleksi tertulis yaitu Tes Kemampuan Belajar (psikotes) dan Tes Kemampuan Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika Dasar).

Bagi yang diterima sebagai mahasiswa Talent Scouting Unpad tanpa kerjasama dengan Pemerintah Daerah akan dibebaskan dari pembayaran Biaya Pendidikan (BPP dan Praktikum) selama belajar di Unpad dengan prestasi akademik baik sampai lulus tepat waktu. Sedangkan bagi yang diterima sebagai mahasiswa Talent Scouting Unpad  melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah, akan mendapat Biaya Pendidikan (BPP dan Praktikum) selama belajar di Unpad dengan prestasi akademik baik sampai lulus tepat waktu dan Biaya Hidup ditanggung oleh Pemerintah Daerah. “Tidak hanya itu, apabila memungkinkan, Unpad akan memberikan fasilitas asrama kepada mereka yang lolos,” tambah Ace.

Untuk menjaga kualitas mahasiswa penerima beasiswa Talent Scouting ini, sejak diterima di Unpad, mereka akan mendapat pembinaan dari pihak-pihak terkait, seperti pembinaan psikologi dari psikolog. Tidak hanya itu, penilaian akademik mereka selama kuliah ditinjau secara rutin. “Dengan upaya itu, diharapkan mereka dapat tetap berprestasi secara akademik dan lulus tepat waktu,” jelas Ace.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: