6 01 2010

4.223 Mahasiswa Ikuti Olimpiade Sains Nasional 2008

Sebanyak 4.223 mahasiswa mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi se Indonesia

Depok, Senin (3 November 2008)–Sebanyak 4.223 mahasiswa mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi se Indonesia (OSN-PTI) 2008 yang digelar serentak pada Senin, (3/11/2008) di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIkti) Depdiknas Fasli Jalal membuka secara resmi OSN-PTI, Senin (3/11/2008), di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

Animo para mahasiswa untuk mengikuti ajang ini cukup besar. Mereka berasal dari 55 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 69 perguruan tinggi swasta (PTS) se Indonesia. OSN-PT yang baru diselenggarakan pertama kali ini mencakup tiga bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Untuk wilayah Jabodetabek, ujian akan dilangsungkan di Fakultas MIPA UI, Depok, Jawa Barat dengan jumlah peserta sebanyak 400 mahasiswa. Bentuk soal ujian adalah pilihan berganda dan dikerjakan selama dua jam mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Fasli menyampaikan, saat ini dari sekitar 4,3 juta mahasiswa yang belajar di berbagai PTN dan PTS di seluruh Indonesia kurang dari lima persen yang kuliah di bidang sains. Padahal, kata dia, untuk membangun basis kemajuan bangsa di berbagai bidang diperlukan paling tidak sepuluh persen mahasiswa bidang sains. “Inilah yang akan membangun fondasi bagi daya saing bangsa,” katanya pada sambutan pembukaan OSN-PTI.

Fasli mengungkapkan, dari hasil ujian masuk mahasiswa perguruan tinggi 2008 diketahui untuk beberapa jurusan sains antara kapasitas dengan yang mendaftar dan yang lulus jauh di bawah kapasitas, kecuali beberapa perguruan tinggi tertentu. Untuk itu, lanjut dia, pada 2009 Depdiknas akan melakukan berbagai sosialisasi melalui universitas kepada berbagai pengguna lulusan. “Tujuannya adalah untuk memperjelas betapa luasnya karir yang bisa dikembangkan oleh orang dengan latar belakang sains,” ujarnya.

Fasli menyampaikan, kepada para peraih medali emas, perak, dan perunggu akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan pendidikan S2 ke universitas manapun di dalam negeri. Para pemenang juga akan dikirim ke forum olimpiade internasional. “Kalau juara di forum internasional akan diberikan beasiswa ke perguruan tinggi manapun di dunia sampai doktor,” katanya.

Fasli menambahkan, berbagai program pendidikan tinggi yang akan diselenggarakan pada 2009 adalah pemerintah akan melakukan revitalisasi program MIPA, menghidupkan organisasi profesi, dan mendukung berbagai riset kemitraan internasional. “Kita juga dukung mahasiswa S3 mendapat pengayaan selama satu semester di luar negeri supaya berkaliber internasional, ” katanya.

Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan, bagi para pemenang ajang ini, kata dia, akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan S2 di UI pada bidang terkait tanpa tes. Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini UI menjalin kerjasama dengan tujuh lembaga di Perancis untuk bidang sains dan teknik. “Bagi pemenang akan kita upayakan untuk dapat ikut double degree di Perancis,” ujarnya.

Pengumuman hasil seleksi tingkat daerah akan diumumkan pada 6 November 2008 melalui website MIPA UI. Para finalis yang lolos akan mengikuti seleksi tingkat pusat pada 5-9 Desember 2008 di UI, Depok. Adapun pemenang OSN-PTI 2008 akan diumumkan pada 10 Desember 2008 di Jakarta. Para pemenang akan mendapatkan total hadiah beasiswa sebanyak Rp.135 juta.

Selain itu, pada ajang yang diselenggarakan berkerjasama dengan PT. Pertamina ini akan diberikan tambahan hadiah sebanyak Rp.1 miliar yang akan diserahkan kepada perguruan tinggi yang mahasiswanya memenangkan olimpiade dalam bentuk infrastruktur maupun program.***

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: