6 01 2010

Sinta Setia Putri Lolos Jadi First Team Player DBL 2009

sinta-setia-putriMeskipun SMAN 1 Rengat, Indragiri Hulu (Inhu), gagal ke final putri DBL 2009, tapi salah seorang pemainnya, Sinta Setia Putri, berhasil masuk dalam first team. Ia satu-satunya pemain yang berasal dari luar Pekanbaru yang lolos untuk berangkat ke Surabaya, Agustus mendatang bersama 9 pemain first team lainnya. Bagaimana ceritanya?

Menurut Deputy Commisioner DBL Indonesia, Donny Rahardian, pemain first team merupakan pemain pilihan. Penilaian first team, bukan hanya dari skill, tapi juga dari perilakunya. ‘’Yang pasti pemain first team itu selain (dinilai) skill-nya, juga perilakunya, baik sikapnya di lapangan maupun di luar lapangan juga kita pertimbangkan. Dan, Sinta memiliki keduanya. Kalo nggak salah, dia juga kapten timnya (SMAN 1 Rengat, red),’’ ungkap Donny ketika dihubungi Xpresi, Kamis (9/4) malam melalui telepon selular.

Makanya, masuk first team merupakaan sebuah pride (kebanggaan) bagi setiap pemain DBL. Tak terkecuali bagi Sinta, begitu cewek berkulit kuning langsat ini dipanggil. Impiannya untuk bertemu langsung, bahkan dilatih pemain Nation Basketball of America (NBA) akan kenyataan. Selama ini ia cuma melihat pemain NBA melalui TV atau internet.

‘’Senang dan bangga dengan prestasi yang aku miliki, apalagi bisa mengharumkan nama sekolah,’’ ungkapnya kepada Xpresi.

Awalnya, ia tidaklah menargetkan masuk first team. Tapi, ia menargetkan temannya agar masuk first team. “Aku nggak nyangka masuk first team. Target aku, yang masuk first team teman aku, bukan aku,’’ ujarnya.

Bagaimana ceritanya ia tahu masuk first team?  Ketika itu, katanya, ia dihubungi panitia, bahwa dia masuk nominasi first team (DBL Putri nominasi first team-nya 10 orang, sedangkan yang dipilih 5 orang pemain, begitu juga dengan DBL Putra, red). Dengan ditemani kedua orang tuanya, ia berangkat ke Pekanbaru.

Namun, ketika sampai di Pekanbaru dan menyaksikan pertandingan final putri, masih belum ada kejelasan dari panitia, apakah ia masuk dalam first team atau tidak. Karena hari menjelang sore dan panitia belum juga memberi kejelasan, akhirnya ia memutuskan pulang ke Rengat. Tapi, ketika ia sudah sampai di Jalan Harapan Raya, Hp-nya berbunyi. Ternyata panitia yang menghubunginya.
Ia disuruh panitia kembali ke stadion, karena ia sudah dipastikan masuk dalam first team.

Kecewa
Diakui Sinta, mulanya sekolahnya tidaklah punya target. Yang penting bermain dengan baik. Apalagi kekuatan lawan yang berasal dari Pekanbaru. Makanya, berhasil masuk lima besar pun sudah suatu prestasi yang memuaskan bagi SMAN 1 Rengat.
Namun, ketika timnya lolos ke semifinal, timnya menargetkan masuk final. Sayangnya, langkah mereka harus terhenti. SMAN 1 Rengat kalah melawan SMAN 11 Pekanbaru, juara DBL tahun lalu. Rasa kecewa pun tak dihindari Sinta dan kawan-kawan. Tapi, itulah pertandingan, ada yang kalah dan menang.
‘’Aku akui sampai sekarang masih kecewa. Kecewa bukan tidak mau menerima kekalahan, tapi kami ‘dikalahkan’ wasit. Siapa yang menyaksikan pertandingan itu (SMAN 1 Rengat versus SMAN 11 Pekanbaru di Semifinal, red) pasti akan melihat keberpihakan wasit,’’ ungkapnya dengan nada kesal.

Dukungan Ortu
Cewek kelas XI IPA 4 SMAN 1 Rengat ini mengaku mulai mengenal basket sejak kelas satu SD. Kebetulan di depan rumahnya ada lapangan basket punya Perbasi. Dari situ, ia mulai belajar membawa bola. Bahkan, setelah itu, ia pun bergabung dengan Perbasi Inhu.

Keinginannya untuk mendalami olahraga basket juga mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. ‘’Papa mama mendukung sekali apa yang aku lakukan. Sekolah pun mendukung. Oleh karena itu, aku ingin memberikan yang terbaik buat sekolah dan orang tuaku,’’ ucapnya.

Prestasinya dalam bidang basket sudah banyak diraihnya, antara lain juara basket pelajar (tahun 2005, 2006, 2007, dan 2008), pemain Popda (tahun 2007), dan juara pra DBL (tahun 2009).

Nggak Sabar
Cewek yang suka mi ayam ini mengaku nggak sabar lagi untuk berangkat ke Surabaya. ‘’Iya, nggak sabar ke Surabaya jumpa pemain NBA. Ingin rasanya waktu cepat berlalu,’’ ungkapnya.

Sinta bersama pemain first team lainnya akan bertemu di Surabaya, 14 sampai 18 Agustus mendatang. ‘’Mereka kemungkinan berangkat 14 Agustus. Mereka akan menyaksikan final East Java, pada 15 Agustus. Dan 16 hingga 18 Agustus mereka akan bertemu dan berlatih bersama pemain NBA.  Dan, di tanggal 18 akan ada all star game. Dari situ akan dipilih siapa yang akan berangkat ke Australia,’’ ujar Donny lagi.
Ketika ditanya, apakah setiap kota mendapat jatah satu orang untuk ke Australia, sama seperti tahun lalu, Donny belum bisa memastikannya, karena bertambahnya kota yang ikut DBL. ‘’Kita tidak bisa menjamin setiap kota ada perwakilan. Soalnya kan kota semakin banyak dan tentunya persaingan makin berat,’’ katanya.

Sementara itu, Sinta mengaku semakin giat berlatih. Ia menargetkan untuk masuk dalam team all star. Ia latihan tiga kali dalam seminggu, yakni Jumat latihan di sekolah, dan Sabtu dan Minggu latihannya di lapangan Perbasi. ‘’Aku saat ini makin rajin latihan, agar nanti bisa masuk dalam all star,’’ tutur cewek kelahiran Rengat, 17 Juni 1992 ini. (Dodi-CCMD)

Biodata

Nama          :     Sinta Setia Putri
Panggilan     :     Sinta
TTL                     :     Rengat, 17 Juni 1992
Kelas‘                  :     XI IPA 4
Sekolah               :     SMAN 1 Rengat
Tinggi                  :     168 Cm
Berat                   :     45 Kg
Ukuran Sepatu      :     38
Ukuran Baju        :     M
Posisi                   :     Forward
No. Punggung     :     7

Prestasi

Pemain first team  DBL 2009
Juara 1 turnemen basket pelajar se-Inhu tahun 2005, 2006, 2007, 2008
Pemain Popda 2007
Juara 1 pra DBL 2009

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: