8 01 2010

Unpad Gagas Program Infak 1:39 Untuk Mahasiswa Kurang Mampu

11 September 2009

Laporan oleh: Marlia

[Unpad.ac.id, 11/09] Sebagai bentuk kepedulian sivitas akademika Unpad kepada para mahasiswa yang tidak mampu, Unpad menggagas program 1:39. Program ini didasari oleh ajaran agama Islam untuk memberikan zakat penghasilan sebesar 2,5%. Artinya, setiap kali seorang muslim mendapatkan penghasilan, 39 bagiannya dipersilahkan untuk kepentingan dunia, dan satu bagian lagi diserahkan di jalan Allah.

“Tahun ini, sudah ada 23 orang mahasiswa yang memperoleh bantuan dari zakat penghasilan yang dikelola oleh Unpad. Karena itu kami mengajak semua pihak untuk menyukseskan program ini,” ujar Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, pada acara Dies Natalis ke-52 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (11/09).

Menurut pengelolanya, Drs. Fahmi Lukman, M.Hum, dana berupa zakat penghasilan dan infak profesi yang diperoleh dari para dosen dan karyawan Unpad ini telah berhasil terkumpul sebanyak Rp 27 juta. “Saya mendapat kepercayaan dari Rektor Unpad dengan disokong oleh Rektor ke-9 Unpad, Prof. Himendra Wargahadibrata, untuk mengelola dana ini untuk disalurkan kepada mahasiswa yang membutuhkan,” jelas Fahmi.

Fahmi menjelaskan bahwa pihaknya menawarkan memberi infak sebesar Rp 5.000 per bulannya. “Alhamdulillah banyak yang memberi lebih dari Rp 5.000, sehingga lebih banyak mahasiswa yang terbantu. Saya berharap jumlah yang terkumpul saat ini akan semakin bertambah seiring banyaknya pihak yang makin peduli, “ jelasnya. Ia menambahkan bahwa sejauh ini dana yang terkumpul tersebut telah dimanfaatkan oleh mahasiswa lama untuk berbagai keperluan kuliah mereka.

Fahmi mengakui bahwa pihaknya tidak melakukan seleksi khusus dalam memberikan dana infak dan zakat tersebut. “Saya mendapat masukan dari teman-teman dan lingkungan sekitarnya. Saya sengaja tidak mengecek rumahnya atau asal usulnya. Saya memberi pelajaran untuk bersikap jujur berkaitan dengan penggunaan dana umat ini. Apabila anak tersebut berbohong, ia yang kelak akan mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah kelak,” tegasnya.

Pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para dosen dan karyawan Unpad bagi yang ingin berinfak maupun memberikan zakatnya untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan. Ia bekerja sama dengan DKM Unpad mengelola tidak hanya infak dan zakat penghasilan saja, tetapi pihaknya juga menerima sumbangan zakat fitrah. Bagi yang ingin memberikan infak maupun zakat, dapat menghubungi Fahmi atau ke DKM Unpad.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: