13 01 2010

Beasiswa Riyanto

Senin, 2 Februari 2009 06:22

The WAHID Institute menyelenggarakan program baru di bidang pendidikan yaitu beasiswa pendidikan untuk siswa SMP/MTS/sederajat dan SMU/MA/sederajat yang nantinya akan dikembangkan sampai dengan tingkat sarjana.

Program ini diluncurkan pada tanggal 9 Nopember 2008 di Surabaya bertepatan dengan Hari Pahlawan dan diberi nama RIYANTO. Nama Riyanto, diambil dari nama salah satu anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) organisasi Islam di Indonesia yang meninggal pada saat bertugas menjaga perayaan Natal di Gereja Eben Haezer Mojokerto tahun 2000. Seorang pahlawan kemanusiaan yang dengan gigih mengorbankan jiwanya untuk menyelamatkan warga tanpa memandang suku, ras, agama dan golongan.

Terinspirasi oleh perjuangan para pahlawan, terutama Riyanto, maka kami berikhtiar untuk memberikan akses pendidikan kepada masyarakat Indonesia seluas-luasnya tanpa kenal perbedaan suku, ras, agama dan golongan. Karena pendidikan adalah hak sekaligus kewajiban seluruh bangsa Indonesia.

Ini merupakan langkah awal mewujudkan masyarakat Indonesia berpendidikan dan mandiri sesuai misi the WAHID Institute. Kami tidak mungkin berjalan sendirian. Dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan agar semakin banyak anak bangsa yang kurang mampu bisa memperoleh pendidikan yang layak. Dan langkah ini menjadi langkah bersama tanpa memandang perbedaan untuk membangun generasi muda yang berilmu dan bermartabat.

Donasi dapat dikirim ke:
Yayasan Lembaga Abdurrahman Wahid
Bank Mandiri cabang Gedung Bidakara
Jalan Gatot Subroto Kav. 71 – 73 Jakarta 12870
A/C : 070. 00. 0468962. 1

PROGRAM BEASISWA RIYANTO
Program ini untuk siswa SMP/MTS/ sederajat dan SMU/MA/ sederajat. Beasiswa diberikan untuk siswa kelas 2 dan kelas 3 baik SMP/MTS maupun SMU/MA (kecuali ada hal-hal khusus)
Wilayah kerja beasiswa ini adalah, tahap I :

  • Banten
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Sulawesi Tengah

Jumlah penerima beasiswa, tahap I:
SMP / MTS atau yang sederajat: 72 orang
SMU/ MA atau yang sederajat: 163 orang

Waktu Pendaftaran:
Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Desember 2008 – 13 Maret 2009

PERSYARATAN & KETENTUAN
Program ini terbuka untuk umum dengan ketentuan penerima beasiswa adalah siswa yang tidak mampu dan berprestasi sesuai standar yang telah ditetapkan dan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Calon penerima beasiswa harus mengisi formulir secara lengkap dan benar. Formulir bisa diunduh di FORMULIR BEASISWA dan boleh diperbanyak sendiri. Formulir yang telah diisi dan ditandatangani, beserta lampiran-lampiran yang harus disertakan (ada dalam formulir) dikirim kembali ke :

Beasiswa Riyanto
The WAHID Institute
Jalan Taman Amir Hamzah No. 8
Matraman Pegangsaan
Jakarta Pusat 10320
Sudut kiri atas ditulis KABUPATENdan PROPINSI asal calon peserta

Untuk SMP/MTS : pendaftar program beasiswa sebaiknya masih duduk di kelas 1 SMP/MTS atau yang sederajat dan akan naik ke kelas 2 SMP/ MTS atau yang sederajat, kecuali ada hal-hal khusus.

Untuk SMU/MA : pendaftar program beasiswa sebaiknya masih duduk di kelas 1 SMU/MA atau yang sederajat dan akan naik ke kelas 2 SMU/ MA atau yang sederajat, kecuali ada hal-hal khusus.

  1. Semua calon peserta akan diseleksi sesuai kriteria. Team Beasiswa Riyanto akan melakukan assesment dan kunjungan untuk melengkapi data calon peserta sebagai bahan pertimbangan.
  2. Pengumuman penerima beasiswa dapat dilihat di website www.wahidinstitute.orgdan www.gusdur.net, serta mendapatkan surat pemberitahuan dari team beasiswa.
  3. Semua dana beasiswa akan disalurkan langsung kepada sekolah masing-masing dan penerima beasiswa tidak diperbolehkan menerima dana tunai.
  4. Semua penerima beasiswa wajib mengirimkan laporan perkembangan nilai (rapor) kepada tim beasiswa dan team beasiswa berhak meminta data prestasi penerima beasiswa ke sekolah masing-masing. Apabila tidak dilakukan, maka beasiswa akan kami cabut secara otomatis.
  5. Apabila penerima beasiswa tidak naik kelas, atau tidak meneruskan sekolahnya maka beasiswa akan dicabut dan dialihkan kepada calon lain.
  6. Team beasiswa secara berkala melakukan monitoring baik secara langsung maupun melalui sekolah.
Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: