15 06 2010

Asrama Kampus Sudah Mulai Dipenuhi Calon Mahasiswa Baru

PERHATIAN:

Sebelum Menyewa atau Membeli Kostan, maka terlebih dahulu adik-adik harus menanyakannya kepada orang yang sudah berpengalaman. Begitu juga apabila mau pilih domisili di pesantren mesti pinter-pinter memilih sehingga adik-adik bisa betah menjalani perkuliahan.

Wisma E Asrama Ex Pedca[Unpad.ac.id, 13/06] Tahun ajaran baru belum dimulai dan bahkan registrasi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SMUP di Universitas Padjadjaran belum juga usai, namun banyak tempat kos dan asrama dalam kampus yang mulai disewa. Asrama Biro Administrasi Ex Pedca (foto samping) yang letaknya di dalam lingkungan kampus pun sudah didatangi banyak calon penyewa sejak akhir Mei lalu.

Asrama yang dulunya merupakan pusat pelatihan untuk politeknik pertanian itu memiliki tiga jenis fasilitas, yakni asrama putra dan putri, wisma D, serta wisma E. Terdapat 10 kamar di asrama putra dan 9 kamar di asrama putri dengan masing-masing kamar maksimal dihuni oleh 2 orang mahasiswa.

Sementara itu pada kedelapan wisma yang terdapat di wisma D, masing-masing berisi 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan tempat menjemur pakaian. Lalu ada empat wisma E yang masing-masing berfasilitas 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dan ruang tamu.

Dengan biaya sewa Rp 4 juta per kamar di asrama, Rp 2-5,5 juta per kamar di wisma D, dan Rp 4,5-6 juta per kamar di wisma E, memang tergolong cukup murah. Terlebih karena biaya itu sudah termasuk untuk listrik dan air. Maka tak heran jika saat ini Asrama Ex Pedca itu sudah penuh di-booking.

Ditemui di kantornya, Jasmiasih (40) yang sehari-harinya bekerja sebagai pengelola tempat tersebut mengaku bahwa tak sedikit yang mendatanginya dan terpaksa pulang dengan kecewa karena asrama tersebut sudah penuh.

“Jawabannya masih sama, Bu?” tanya seorang ibu yang datang bersama putrinya ke Asrama Ex Pedca hari itu. Sebelumnya ia sudah pernah datang ke sana dan meminta agar Jasmiasih berkenan mengusahakan sebuah kamar untuk anaknya yang menjadi calon mahasiswa di Unpad. Sayangnya jawaban pengelola asrama itu tetap sama,yakni sudah penuh.

Mungkin ada baiknya para calon mahasiswa mulai mencari tempat hunian dari jauh-jauh hari sebelum tahun ajaran baru dimulai. Selagi masih banyak pilihan yang bisa disewa, dari segi fasilitas maupun harga. (eh)*

Nama dan Alamat Pesantren di Sekitar kampus Unpad

Berikut adalah nama dan alamat pesantren disekitar Kampus Unpad Dipati Ukur Kota Bandung dan Kampus Unpad Jatinangor. Pada tahun ajaran 2010 pesantren-pesantren ini membuka pendaftaran peserta didik baru. Untuk info lebih lengkapnya silahkan kunjungi Website-Blog pesantren di bawah ini:

1. Pesantren disekitar Kampus Unpad Dipati Ukur Kota Bandung

2. Pesantren disekitar Kampus Unpad Jatinangor

Untuk Info Pendaftaran bisa menghubungi No Handphone masing-masing pesantren yang ada di website . Terima Kasih

Asrama Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Tinggal Klik)

Kostan Mahasiswa

Tips 1

Jangan Salah Pilih Kost-Kostan !!

Ngekos menurut bahasa g4hO3lz artinya lo tuh tinggal di kost-kostan, yaitu sebuah ruangan yang udah kaya kamar, relatif kecil, dan biasanya dipake buat kepentingan sesaat karena lo ga bisa tinggal di rumah ortu lo atau kakak lo atau tante lo atau siapa lah yang rumahnya biasa lo tempatin.

Memang menjadi kewajaran jika seseorang memilih cara ngekos ketika tinggal bersama keluarga tidak lagi memugkinkan, karena jarak dan waktu misalnya Ambil contoh saja anak-anak Madrasah Aliyah Negeri Awipari Kota Tasikmalaya  yang diterima di Unpad. Tidak mungkin mereka harus bercapek-capek ria bolak-balik Tasik-Bandung untuk berangkat ke kampus. Selain jarak dan keletihan, faktor ongkos juga menjadi andil besar kenapa lebih memilih tinggal di tempat kost. (Bisa keram ni pantat kalo bolak-balik Tasik-Bandung tiap hari).

Hmmm.. namun waspadalah Anda jika memilih kost-kostan, dalam hal ini untuk kuliah di UNPAD (hahahaha.. tapi bisa juga kok di pake buat yang laen). Adapun yang harus diperhatikan tentang kondisi kost-kostan yang dipilih karena loe tu bakal tinggal +/- 4th (jadi jangan mikir untuk jangka pendek ya..) , yaitu :

  • Pilih tempat kost yang (relatif) bersih
    Gak mau kan loe semua punya kamar yang isinya kayak goa. Banyak laba-laba, kecoa, cucurut, ato mungkin kelelawar temen-temennya batman karena saking kotornya.
  • Lega dan gak sempit-sempit amat
    Gak mungkin kan lo pilih tempat kost yang ukurannya 2×1 meter?? (Tu kost2an apa kuburan???). Makanya plih yang relatif luas, bisa buat naro tempat tidur, ibadah (shalat), belajar, ngulet, naro lemari, perlengkapan lo, dan ada tempat kalo tamu dateng walaupun itu cuma ngejogrog. Biasanya kostan yang baik minimal 2,5x3meter.
  • Deket Kampus
    Percuma aja lo pilih tempat kost-kostan yang jauh dari kampus. Misalnya kayak dari BR (bulak Rantai) ampe PGC (Wah bisa berabe..). Kecuali kalo lo bawa kendaraan pribadi yang memungkinkan lo bisa berangkat ke kampus ga telat dan ketinggalan mata kuliah.
  • Strategis, dekat dengan Fasilitas Umum
    Ini juga paling penting, lo juga kudu merhatiin fasilitas-fasilitas apa aja yang deket ama kostan lu nantinya. Misalnya, masjid, tempat makan, akses jalan raya, warung, dsb. Jangan sampe lo pilih kost-kostan yang kaya ada di hutan, trus kalo lo mau makan, metik di pepohonan.
  • Punya Nuansa Damai Buat Belajar
    Hmmm.. Sebagai penghuni kost yang baik akan pendidikan, lo mesti cari tempat kost yang punya toleransi waktu belajar. Jangan ampe tetangga-tetangga kost lu tiap malem kerjaannya dangdutan yang bikin satu desa heboh.
  • Murah
    Hal yang harus dimiliki anak kost nantinya adalah memiliki prinsip ekonomi yang kuat tentang kata MURAH.  Prinsip ini juga harus dipake saat memilih kost2an. Biasanya tiap-tiap ibu kos akan menawarkan harga dengan format pembayaran yang berbeda. Ada yang pertahun dan ada yang perbulan. Sebagai saran untuk pemula silahkan untuk memilih kostan yang perbulan terlebih dulu, agar kamu bisa merasakan kondisi kost sebelumnya.
  • Aman, Tentram, dan Terkendali
    Jangan ampe kost-kostan yang kamu pilih sering terjadi aksi-aksi pencurian seperti curanmor (motor), curanbil (mobil), curanda (sepeda), curantop (laptop), dan curan-curan lainnya.
  • Tanya sama yang udah berpengalaman


Huhhhh.. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi orang-orang yang mau ngekost agar tidak terjadinya penyesalan di kemudian hari.

Tips 2

Apa yang Harus Ditanyakan ke Ibu Kost???

Bagi para calon pendatang baru wahana kos2an, masih ada beberapa hal yang perlu ditanyakan ketika Anda telah menemukan tempat kos yang cocok dihati. Target pertanyaan ditujukan kepada pemilik atau akrab disebut ibu kost. Antara lain :

•    Peraturan Kost
Biasanya bagi sebagian tempat kost memiliki peraturan tersendiri untuk menjaga anak-anak kostnya agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baik tertulis ataupun tidak. Misalnya saja tidak diizinkannya pulang hingga larut malam (takut disangka perawan gak bener), membawa orang berlawan jenis masuk ke kamar (takut timbul fitnah sama tetangga sebelah), dan sebagainya. Hal ini  patut ditanyakan agar tidak terjadi pelanggaran yang memungkinkan pemberian sanksi (vonis mati misalnya.. hahaha.. serem amat).

•    Format Pembayaran
Ada beberapa jenis format pembayaran kamar kost sesuai kebijakan ibu kost. Ada yang dibayar pertahun, perbulan, perhari, bahkan per detik kalo yang punyanya lebaaayy. Selain itu, format pembayaran ada yang dilakukan awal bulan, tengah, akhir, atau bisa jadi kapan aja kalo ibu kostnya lagi mood buat narikin biayanya. Hal ini perlu ditanyakan sejelas-jelasnya supaya kita gak melakukan kebiasaan nunggak dan mulai melakukan aksi hutang.

•    Bayar Listrik
Ini juga penting, biasanya pembayaran listrik tidak termasuk pada pembayaran kamar kostan. Jadi harus ditanya supaya di kamar kita tidak terjadi pemadaman bergilir dengan kos2an tetangga.

•    Fasilitas yang Didapat
Ada kos2an yang menyediakan segalanya, mulai dari tempat tidur, lemari, kamar mandi dalem, tempat sampah, ember, sikat, kalo perlu odol juga disediain deh. Tapi yang kaya gitu biasanya lebih mahal, ya itung-itung kaya dihotel. Tapi ada juga tempat kos yang hanya menyediakan ruang kosong melompong kaya sapi ompong yang lagi digelonggong.

Untuk hal-hal yang tidak dicantumkan diatas dan sekiranya perlu ditanyakan lebih lanjut, ya tanya aja sama ibu kosnya, jangan takut..ingat lho malu bertanya sesat dijalan.

Iklan




15 06 2010

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ikuti SNMPTN 2010

[Unpad.ac.id, 15/06] Ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 yang akan dilaksanakan Rabu 16 Juni dan Kamis 17 Juni 2010 akan diikuti oleh 27.987 peserta di wilayah panitia lokal Bandung dan 447.063 peserta secara nasional. Menjelang pelaksanaan ujian tersebut, para peserta diharapkan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik secara fisik, mental, maupun kebutuhan administrasi. Secara administrasi, hal yang paling penting agar peserta dapat mengikuti ujian tulis, yaitu dapat menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang digunakan sebagai Kartu Peserta.

Untuk itu, peserta diharapkan dapat menjaga Kartu Peserta tersebut dengan baik, jangan sampai rusak, tercecer, atau hilang. Kartu Peserta merupakan salah satu persyaratan yang wajib dibawa ketika pelaksanaan ujian di samping kartu identitas, fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir oleh sekolah asal atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli, dan alat tulis (pensil 2B dan karet penghapus). Baca entri selengkapnya »








%d blogger menyukai ini: