Tahun Ini, Unpad Loloskan 8 Tim ke Pimnas XXIII

28 06 2010

[Unpad.ac.id, 28/06] Unpad meloloskan delapan tim  Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) untuk berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIII mendatang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya meloloskan enam tim saja.

dr. Trias Nugrahadi, Sp. KNdr. Trias Nugrahadi, Sp. KN (Foto: Tedi Yusup)

Kedelapan tim yang lolos tersebut adalah dua tim dari Fakultas Kedokteran (FK), dua tim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dua tim dari Fakultas Pertanian (Faperta), satu tim dari Fakultas Keperawatan (FKep) dan satu tim dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP). Berdasarkan kategori programnya, Unpad meloloskan tiga tim PKM Kewirausahaan (PKMK) yaitu dua tim dari Faperta dan satu tim dari Fkep, dua tim PKM Penelitian (PKMP) dari FK, satu tim PKM Teknologi (PKMT) dari FMIPA dan dua tim PKM Gagasan Tertulis (PKM GT) yaitu dari FTIP dan FMIPA.

Menanggapi hasil tersebut, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp. KN yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/06) menjelaskan bahwa hasil tersebut menunjukkan sudah adanya persebaran bidang dari tim yang lolos. “Kalau tahun sebelumnya didominasi oleh Fakultas Farmasi dan FTIP, sekarang sudah lebih beragam fakultasnya. Sekarang partisipasinya semakin merata. Pada tahun depan diharapkan peningkatan di semua bagian, baik secara kualitas maupun kuantitas,” jelasnya.

Untuk memberi motivasi kepada para mahasiswa yang akan berlaga di Pimnas, dr. Trias mengatakan bahwa pihaknya akan menjanjikan beasiswa pendidikan penuh bagi tim yang berhasil menjadi juara. “Kalau juara di Pimnas, Unpad akan memberi beasiswa pendidikan penuh,” jelasnya yang saat itu didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad, Herdis Chandra Poernama, SE., MM.

Untuk mempersiapkan tim yang akan berlaga di Pimnas ini, pihaknya akan memberikan pembekalan khusus kepada tim tersebut dengan melibatkan para dosen pembimbing. Dosen pembimbing tersebut akan ‘memoles’ para peserta dari berbagai aspek, seperti masalah presentasi, penyajian power point, poster, termasuk mentalnya. “Kami akan memfasilitasi penyajian presentasi tersebut. Peserta diminta menyediakan materinya dan kita akan membantu pola penyajiannya,” jelas dr. Trias.

Tidak hanya itu, jauh-jauh hari sebelumnya, Bagian Kemahasiswaan Unpad juga sudah mengevaluasi PKM dan Pimnas tahun-tahun sebelumnya. Dari evaluasi tersebut, Unpad akan menyiapkan strategi yang komprehensif. Hal ini dilakukan utamanya untuk menghadapi juri yang berasal dari latar belakang ilmu yang berbeda dengan materi yang akan disajikan peserta.

“Kita tidak bisa memungkiri bila juri bisa saja berasal dari latar belakang bidang yang berbeda, dan memberi pertanyaan yang tidak terlalu berhubungan dengan materi yang dibawakan. Untuk itu, walaupun tahu sedikit, tapi peserta juga harus bisa menjawab dan mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Jadi harus memahami materi yang disajikan secara komprehensif, tidak bidang yang dia tekuni saja,” tuturnya.

Sementara Herdis mengatakan, dengan sosialisasi yang gencar dan banyaknya kegiatan pelatihan yang diadakan di Unpad, peminatnya dari tahun ke tahun semakin besar. “Kita bangun mindset tentang PKM ini kepada mahasiswa dengan sosialisasi yang gencar. Diharapkan kita bisa menggali inovasi dan kreativitas mereka. Kita juga adakan berbagai pelatihan menarik, seperti pelatihan penulisan proposal PKM,” jelas Herdis.

Selain itu, Herdis menyampaikan bahwa Unpad juga akan mengembangkan pola multidisiplin dengan menerapkan sistim joint research antar fakultas dalam keikutsertaannya pada PKM mendatang. Walaupun hal tersebut sudah mulai diterapkan pada PKM tahun lalu, tapi hal ini akan lebih digalakan untuk PKM yang akan datang.

Sementara itu, bagi tim yang tidak lolos Pimnas, pihaknya juga akan mengevaluasi tim tersebut. Bagi tim yang proposalnya dinilai masih layak untuk diajukan, pihaknya akan mencoba merevisi atau mengolah proposal PKM tersebut untuk diajukan lagi pada PKM tahun depan. Tidak hanya itu, dr. Trias menambahkan bahwa sebetulnya ada beberapa proposal yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pihak industri untuk digeluti secara serius, bahkan pihak KADIN pun pernah memberi penilaian seperti itu saat meninjau Pameran Monev PKM di kampus Unpad, beberapa waktu lalu.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: