Daftar Semester Alih Tahun Secara Online

1 07 2010

[Unpad.ac.id, 30/06] Pembayaran registrasi Semester Alih Tahun (SAT) Tahun Akademik 2009/2010 dimulai pada Rabu (30/6) hingga Jumat (2/07). Pembayaran ini dapat dilakukan di bank-bank yang telah ditunjuk Unpad, yaitu BNI, BRI, Bank Jabar Banten, CIMB Niaga, BTN, Bank Mandiri. Sebelum melakukan pembayaran tersebut, mahasiswa yang hendak mengikuti SAT diharuskan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Mahasiswa diharuskan mengambil blanko KRS di SBA fakultas dan melakukan perwalian dengan dosen wali. Setelah mengisi KRS dan mendapatkan persetujuan dosen wali, mahasiswa diharuskan mendaftar SAT secara online, dengan mengakses http://mahasiswa.unpad.ac.id. Di sana mahasiswa harus login dengan menuliskan NPM dan password. Pada tampilan berikutnya, mahasiswa harus mengklik “Kegiatan” dan kemudian akan ditampilkan Formulir Registrasi Akademik termasuk didalamnya data mahasiswa yang bersangkutan.

Selanjutnya mahasiswa mengakses menu “Pendaftaran SAT” dan mengisi jumlah SKS yang akan diambil. Perlu diketahui, mahasiswa dapat mengambil maksimal 10 SKS. Setelah itu, mahasiswa harus mengunduh formulir tagihan untuk disimpan atau dicetak. Dengan nomor tagihan yang tertera pada formulir tagihan tersebut, mahasiswa dapat melakukan pembayaran ke bank.

Besarnya biaya studi untuk setiap program berbeda-beda, bergantung pada jenjangnya. Besarannya adalah Rp 150.000/SKS untuk Program Magister Notariat, Spesialis dan Profesi,  Rp 90.000/SKS untuk S-1 Kelas Khusus, Rp 55.000/SKS untuk S-1 reguler dan Rp 50.000/SKS untuk D III. Sebagai catatan, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Langkah berikutnya adalah membawa bukti pembayaran dari bank tersebut ke SBA untuk didaftarkan sebagai peserta SAT untuk mata kuliah yang diambil, paling lambat tanggal 2 Juli mendatang. Beberapa fakultas menerapkan jam batas waktu pengembalian yang berbeda-beda, untuk itu, mahasiswa harus menghubungi pihak SBA fakultas masing-masing untuk informasi selengkapnya. Usahakan untuk tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, perkuliahan SAT akan dimulai pada awal Juli hingga akhir bulan Agustus 2010. Satu SKS mata kuliah dalam SAT ini dilaksanakan dengan dua kali tatap muka, masing-masing 50 menit, per minggu dalam kurun waktu 8 minggu. Kegiatan tatap muka ini dilaksanakan sekurang-kurangnya 12 kali dalam kurun waktu 8 minggu.

Sebagai informasi, diakhir perkuliahan SAT, mahasiswa akan melaksanakan ujian apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut, yaitu, tercatat sebagai peserta SAT, telah melunasi biaya SAT, dan mengikuti minimal 80% perkuliahan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai registrasi SAT ini, mahasiswa dapat menghubungi Bagian Registrasi dan Statistik Unpad di Gedung 3 Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, nomor telepon (022) 251 640.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: