Empat Mahasiswa FISIP Unpad Ikut Annual Youth Assembly di New York

22 07 2010

Keempat mahasiswa FISIP Unpad yang akan mengikuti Annual Youth   Assembly di Manhattan Amerika Serikat[Unpad.ac.id, 21/07] Sebanyak empat orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad jurusan Hubungan Internasional (HI) akan mengikuti kegiatan Annual Youth Assembly di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Dalam kegiatan yang diadakan oleh Friendship Ambassador Foundation dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut, para delegasi Unpad ini akan bertemu dengan 400 peserta dari 189 negara untuk membahas isu-isu yang terangkum dalam Millenium Development Goals (MDGs).

Keempat mahasiswa tersebut adalah Hanna Andari, Metha Eka Prasasty, Milla Mayfiana, dan Amelia Rahmawaty. Selain bertindak sebagai delegasi Unpad, mereka juga akan bertindak sebagai delegasi Indonesia dalam mempromosikan kebudayaan nasional dari Jawa Barat. Oleh karena itu, keberangkatan delegasi Unpad ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementrian Budaya dan Pariwisata, serta pemerintah daerah asal mahasiswa tersebut seperti Pemerintah Daerah (Pemda) Jambi, Pemda Tangerang, Pemda Bekasi dan Pemda Palembang.

“Selain membahasa MDGs, kami sebagai bagian dari Unpad akan mempromosikan Unpad di tingkat dunia. Dalam kegiatan nanti akan ada acara International Culture Night dan Farewell Dinner, kami sebagai delegasi Indonesia yang diwakili Unpad akan mempersembahkan sajian kebudayaan daerah Jawa Barat, seperti angklung dan pakaian kebaya serta batik,” tutur ketua tim, Milla Mayfiana saat ditemui di Gedung Dekanat FISIP Unpad Jatinangor, Jln. Raya Bandung-Sumedang KM 21, Rabu (21/07).

Annual Youth Assembly merupakan pertemuan tahunan dari ratusan pemuda dari seluruh dunia, memberikan jalan bagi mahasiswa dan profesional muda untuk mempelajari dan terlibat dengan program-program yang membahas isu global maupun lokal sebagai tindakan dan target yang terkandung dalam Deklarasi MDGs. Acaranya sendiri akan digelar selama tiga hari, dan dimulai pada 3 Agustus 2010 mendatang.

Keempat delegasi HI FISIP Unpad angkatan 2008 ini akan membahas delapan tujuan dari MDGs yang harus dicapai pada tahun 2015. Tujuan MDGs adalah memberantas kemiskinan, mencapai pendidikan dasar universal, kesetaraan gender, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, kelestarian lingkungan, serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Menanggapi keberangkatan mahasiswa FISIP Unpad mengikuti Annual Youth Assembly, Pembantu Dekan Bidang Akademik di FISIP Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa FISIP akan terus berusaha mendorong dan mendukung agar mahasiswa bisa berkarya pada level internasional dalam rangka memperkuat world class university .

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi sistem belajar melalui kelas dan kegiatan kemahasiswaan, untuk bisa menjamin kualitas menjadi lebih baik. Ini dibuktikan dengan para mahasiswa bisa lolos pada event internasional yang bisa mengharumkan nama baik Unpad dan Indonesia. Ke depan, keikutsertaan mahasiswa dalam event internasional akan menjadi target dalam pengembangan pembelajaran dan kemahasiswaan,” tutur Soni.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: