Enam Minggu Tak Terlupakan di Ajou University Korea Selatan

18 08 2010

unpad-ajou 2010[Unpad.ac.id, 18/08] Lima orang mahasiswa Unpad mengikuti program Ajou International Summer School (AISS) pada rentang tanggal 30 Juni hingga 15 Agustus 2010. Mereka adalah Elita Rachmie Dwi Hanggiri (Keperawatan, 2007), Iknashela Marasika (Sastra Inggris 2008), Muhammad Ali Akbar (Manajemen, 2008), Muhammad David (Hubungan Internasional, 2007), dan Muhammad Firli Magribi Saman (Agroteknologi, 2008).

Seluruh peserta AISS 2010 dari berbagai negara foto bersama di depan Museum Nasional di Pulau Jeju, Korea Selatan *

AISS merupakan program tahunan dari Ajou University untuk mendatangkan mahasiswa-mahasiswa dari sister university-nya termasuk Unpad untuk belajar selama enam minggu di Ajou University Suwon, Korea Selatan. Sudah sepuluh tahun program ini dijalankan dan selalu ada perbaikan setiap tahunnya. AISS mempuyai tiga tujuan, yaitu Understanding of Korea, Lifelong Friendship, Unforgettable Memories. Ketiga tujuan tersebut dicapai dengan rangkaian program yang tidak hanya memfokuskan pada pembelajaran di kelas saja, namun juga keseluruhan program yang dinamis dan menarik.

Pada program ini mata kuliah yang ditawarkan adalah seputar Bisnis/Manajemen, Bahasa, dan Sosial Budaya. Ketika ditanya alasan pemilihan mata kuliah, Muhammad David yang akrab dipanggil David menjawab, “Saya lebih memilih Bisnis/Manajemen dan Sosial Budaya karena saya ingin merasakan belajar mata kuliah jurusan saya di tempat yang berbeda.”

Sementara itu, Iknashela atau Shela, mengaku tertarik mengikuti program ini karena pada awalnya ia melihat adanya keseimbangan antara kehidupan modern dengan kehidupan tradisional di Korea. “Banyak gedung-gedung pencakar langit di sini, tapi bukan berarti istana peninggalan berbagai dinasti yang ada dihancurkan untuk pembangunan gedung modern, yang ada malah direnovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung untuk menggaet turis,“ tuturnya

Muhammad Firli Magribi Saman yang biasa disapa Ibi mengatakan bahwa AISS merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi mereka. “Kami bertemu teman-teman dari 20 negara yang berbeda, selain menjalani kuliah kami belajar tentang kebudayaan Korea Selatan. Kehidupan kami disini juga sangat menyenangkan, bisa berkumpul, bercerita tentang negaranya masing-masing. Tidak sedikit dari mereka yang tertarik dengan Indonesia,” jelasnya.

Senada dengan Ibi, Muhammad Ali Akbar yang disapa Ali mengatakan bahwa pengalaman ini merupakan salah satu pengalaman yang paling berharga dalam hidupnya, karena ini pertama kalinya ia merasakan menjadi seorang personal yang berfikir global dan mampu menerima perbedaan antar budaya. “Kami melewati pengalaman yang baik dan buruk, akan tetapi semua itu mudah terlewati karena ikatan pertemanan yang terjalin antar sesama peserta amat erat,” ujarnya.

Sementara itu, Elita mendapati bahwa orang Korea ternyata sangat ramah. Di jalan-jalan ada saja yang menyapa dan mengajak berbicara, meskipun bahasa Inggris mereka kurang fasih dan seringkali butuh teman Korea untuk menerjemahkan. Kebanyakan dari mereka akan mengucapkan “Welcome to Korea”  atau “Enjoy your vacation” dan bertanya asal negara, sedang apa di Korea. Elita juga seringkali mendapatkan pertanyaan, “apa yang kamu pakai di kepala?” karena Elita mengenakan kerudung. Alih-alih tidak suka, mereka malah mengatakan, “I like your fashion”.

Kelima mahasiswa Unpad ini juga sempat merasakan tujuh hari puasa Ramadan di Korea Selatan. Awalnya mereka menyangka puasa di sana akan terasa lebih berat karena sedang musim panas sehingga waktu puasanya akan lebih lama. Namun ternyata rasanya tidak jauh beda  dengan puasa di tanah air.  Ada satu hal yang membuat mereka merasa semakin menyukai berada dalam lingkungan AISS yaitu, semua peserta dan panitia sangat menghargai mereka, bahkan Office of International Affairs (OIA) menyediakan makanan khusus bagi peserta-peserta yang muslim untuk berbuka puasa saat farewell party.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: