Alumni Perlu Miliki Pola Pikir Kreasi

24 08 2010

Wisuda Unpad Agustus 2010[Unpad.ac.id, 23/08] Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, melantik 3.999 lulusan Unpad pada Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2009/2010 dari Program Diploma, Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor pada Sidang Terbuka Senat Unpad Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2009/2010. Dalam pidatonya Rektor mengatakan bahwa para lulusan Unpad ini pada dasarnya sudah dibekali dengan kemampuan di bidang ilmu masing-masing dan juga kemampuan sintesa untuk mengembangkan pola pikir kreatif.

Rektor memberi ucapan selamat kepada salah satu wisudawan (Foto: Dadan T.)

“Langkah berikutnya yang harus dikembangkan oleh masing-masing individu adalah pola pikir kreasi (the creating mind), yaitu kemampuan menggabungkan berbagai ide menjadi satu gagasan atau produk yang kreatif dan produktif,” ungkap Prof. Ganjar Kurnia.

Wisuda kali ini berlangsung selama empat hari dan dilaksanakan sebanyak tujuh sesi. Dimulai pada hari Senin hingga Kamis (23-26/08) di Grha Sanusi Hardjadinata (Aula Unpad), Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung. Untuk sesi pertama pada Senin, (23/08) ini diikuti oleh Program Pascasarjana, Sarjana dan Profesi Fakultas Farmasi, Sarjana Fakultas Peternakan, dan Sarjana Fakultas Ekonomi.

Prof. Ganjar juga mengingatkan bahwa para lulusan perguruan tinggi pada dasarnya adalah cendekiawan yang harus mempunyai keinginan untuk menerapkan ilmu dan menularkannya. Sebagai seorang cendekiawan, para lulusan perguruan tinggi seharusnya menjadi “creative class”, yaitu individu-individu yang terlibat dalam pekerjaan yang memilki fungsi untuk menciptakan bentuk baru yang memiliki arti.

“Richard Florida membagi “creative class” menjadi Inti Super Kreatif dan Pekerja Kreatif Profesional. Para sarjana seharusnya menjadi seorang Inti Super Kreatif (Super Cretive Core) yaitu mampu menyelesaikan berbagai masalah dan pekerjaan secara kreatif,” ujar Rektor.

Menurut Rektor, unsur kreatifitas akan sangat penting dan akan sangat diperlukan dalam segala jenis pekerjaan. ”Pengertian “creative class” ini berlaku bagi siapapun juga dan untuk semua jenis pekerjaan. Artinya, bekerja apapun di sektor manapun dan untuk segala jenjang dari yang terendah dan tertinggi, unsur kreatifitas sangatlah penting,” tutur Prof. Ganjar.

Dalam pidatonya Prof. Ganjar juga berharap agar para alumni Unpad dalam mengamalkan ilmunya benar-benar memperhatikan aspek etika dan moral, terutama di dalam hal ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

“Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah pola pikir penghargaan dan juga pola pikir etis. Kita harus membiasakan diri untuk bisa mengapresiasi karya orang lain. Sebagai lulusan Universitas Padjadjaran, pada diri saudara-saudara akan menempel nama almamater, karena itu kami berharap memperhatikan benar aspek moral dan etika,” harap Rektor.

Wisuda Unpad Agustus 2010Salah seorang wisudawan mengucapkan rasa terima kasih dengan mencium tangan orangtuanya (Foto: Dadan T.)

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengucapkan selamat secara khusus kepada lulusan yang memiliki IPK tertinggi, menyelesaikan studi tercepat, lulusan termuda serta lulusan tertua. Untuk Program Sarjana, IPK tertinggi diraih Cendy Puspita Sari dari Fakultas Kedokteran dengan IPK 3,99. Studi tercepat dari Program Sarjana adalah Putri Junjunan Purwandini dari Fakultas Sastra dengan masa studi 3 tahun, 9 bulan. Dan wisudawan Program Sarjana paling muda adalah Desi Mariska dari Fakultas Kedokteran dengan usia 19 tahun 6 bulan.

Wisuda Gelombang IV yang digelar sebanyak tujuh sesi ini, dalam satu hari dilaksanakan sebanyak dua sesi. Untuk sesi pertama dimulai pukul 9.00, dan untuk sesi kedua dimulai pukul 14.00, kecuali hari Kamis yang hanya satu sesi.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: