Mahasiswa Unpad Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di Global Young Greens Congress di Berlin

28 08 2010

Yangki Imade Suara [Unpad.ac.id, 27/08] Bertemu, belajar dan menjalin kerjasama antara generasi muda secara internasional adalah sebuah kunci dari kesuksesesan mempertahan keberlangsungan planet bumi dalam beberapa puluh tahun ke depan. Hal inilah yang didapatkan di acara The 2nd Global Young Greens (GYG) Congress yang diadakan oleh Global Young Greens (GYG) Network dan dibantu oleh oleh organisasi lokal Jerman, Grune-Jügend pada tanggal 8-14 Agustus di Berlin, Jerman.

Yangki Imade Suara (kanan) bersama perwakilan WWF Jerman *

Pada kongres ini, dari Indonesia hanya terpilih satu orang delegasi, yaitu Yangki Imade Suara yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, FE Unpad angkatan 2006. Yangki terpilih setelah menjalani serangkaian proses seleksi yang dimulai dengan mengirimkan karya tulis tentang berbagai permasalahan lingkungan di Indonesia serta berbagai upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari permasalahan tersebut.

Pada kongres tersebut terdapat beberapa workshop seperti Gender in a Post-Modern World, Climate Refugee Migration, International Narcotic Crisis, Forum Theatre, Youth Policies dan pembuatan Climate Proposal. Yangki sendiri menghadiri workshop Climate Proposal dimana bersama dengan 30 delegasi lain membuat pernyataan dari GYG terhadap Copenhagen Accord yang dihasilkan pada COP15 yang tidak mempunyai kekuatan secara hukum karena hanya bersifat take note dan bukan legally binding agreement yang mengikat negara secara hukum

Kegiatan lain dalam kongres ini adalah rapat delegasi per benua (region). Indonesia masuk ke dalam regional Asia-Pasifik dan bersama dengan delegasi dari Afghanistan, Australia, India, Japan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Nepal, New Zealand, Pakistan, Sri Lanka, dan Taiwan tergabung ke dalam Asia-Pacific Young Greens Network (APYGN). Pada rapat ini, Yangki dipilih sebagai sekretaris dimana Tom dan Abraham (Australia) sebagai moderator yang memimpin jalannya rapat.

Pada kongres tersebut, Yangki juga mempresentasikan penelitiannya di acara open space workshop yang diambil dari skripsi yang sedang dikerjakannya di FE Unpad. Temanya adalah “Climate Change and Economic Growth”. Peserta yang hadir saat itu berasal dari Swedia, Finlandia, Prancis dan Jerman.

Pada kesempatan tersebut, Yangki juga bertemu dengan Hanna Stanke, finalis Forest Friends Jerman dan merupakan partner Yangki sebagai salah satu Finalis Forest Friends Indonesia di kompetisi Forest Friends. Forest Friends adalah kompetisi yang diadakan oleh WWF-Jerman dan WWF-Indonesia dimana terpilih tiga finalis dari Indonesia dan Jerman dan dibagi ke dalam tiga tim dan setiap tim mendapatkan sebuah blog yang harus diisi baik berupa tulisan, foto ataupun video tentang kondisi lingkungan di masing-masing negara dan juga setiap minggunya terdapat tulisan yang harus sesuai dengan topik yang ditentukan oleh WWF. “Untuk pertama kalinya kami bertemu satu sama lain setelah lebih dari dua bulan bekerjasama secara online,” jelas Yangki.

Begitu banyak pelajaran yang didapatkan setelah mengikuti acara GYG Congress ini seperti tingginya kesadaran generasi muda negara maju terutama Eropa terhadap kondisi lingkungan dan berbagai masalah internasional. Selain itu, mereka juga mendapat kesempatan untuk magang di parlemen di negara masing-masing ataupun di level Uni Eropa karena itu sudah menjadi bagian dari tradisi politik mereka. “Sepertinya mustahil bagi seorang pemuda Indonesia bisa magang di DPR/MPR ataupun di level DPRD,” tutur Yangki.

Di sana, ia juga belajar bagaimana para pemuda dapat berkontribusi terhadap lingkungan di negara mereka masing-masing. Mereka bukan hanya mengkritik kebijakan pemerintah, tetapi mereka mencari solusi atas semua masalah yang ada. “Mereka meyakinkan saya bahwa dalam 15-30 tahun mendatang, generasi muda sekarang inilah yang akan menjadi pemimpin di negaranya. Sudah saatnya kami, generasi muda, ambil bagian dari masa depan tersebut dan tidak hanya menunggu datangnya waktu itu,” pungkasnya.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: