Cisral Unpad Berhasil Lulus Sertifikasi ISO 9001:2008

7 09 2010

Tim Cisral Unpad[Unpad.ac.id, 7/09] Perpustakaan Unpad, Center of Information Scientific Resources and Library (Cisral) berhasil dinyatakan lulus sertifikasi ISO 9001:2008 pada Kamis (2/9) lalu. Sertifikasi ISO 9001:2008 ini mencakup Library service and activities: scientific e-Resources, digital services, collection development, circulation, references, preservation, scientific documentation and membership.

Menurut rencana, penyerahan sertifikat ISO tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden SGS (Société Générale de Surveillance, lembaga internasional pemberi sertifikat ISO ), Mr. Guy Escarfail, kepada Rektor Unpad bertepatan dengan acara peringatan Dies Natalis Unpad, Selasa (21/09) yang akan datang, untuk selanjutnya diserahkan kepada Direktur Cisral Unpad.

Direktur Cisral Unpad, Prof. Dr. Ir. Hj. Nurpilihan Bafdal, M.Sc., yang ditemui di ruang kerjanya di Cisral Unpad Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Selasa (07/09), mengatakan bahwa kerja kerasnya bersama tim Cisral Unpad selama 4,5 bulan ini membuahkan hasil yang menggembirakan.

“Saya bangga dengan teman-teman di Cisral yang mau bersama-sama bekerja keras untuk mendapatkan sertifikat ISO ini. Dan yang lebih membanggakan lagi, kami bisa melampaui universitas-universitas negeri yang besar dengan memperoleh sertifikat ISO untuk perpustakaan ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan audit eksternal yang dilakukan oleh SGS tersebut, sebelumnya ditemukan delapan kasus dengan kategori minor dan recommendation. Hal itu meliputi sistem rak buku, pengadaan koleksi buku, bagian referensi, majalah, keanggotaan, sirkulasi, ketersediaan pencatat temperatur di ruang multimedia, dan sistem pengiriman surat di bagian tata usaha.

Beruntung kasus-kasus tersebut masih berskala minor dan recommendation, yang dapat segera tertangani dengan membuat Correction Action Request (CAR) melalui proses internal audit untuk selanjutnya diaudit kembali oleh eksternal auditor. “Alhamdulillah tidak ada satu pun temuan yang bersifat major. Karena kalau ada satu major saja, kami tidak akan berhasil meraih ISO tersebut,” jelas Prof. Nurpilihan.

Untuk memperoleh ISO ini, ia mengakui bahwa memang bukan hal yang mudah. Perlu komitmen dari seluruh pihak, dari mulai pimpinan hingga anak buah untuk mau bekerja sama meraih sertifikat ISO ini. “Alhamdulillah kami mempunyai tim yang solid, yang mau bekerja keras, mau ‘berdarah-darah’ untuk memperjuangkan ISO ini. Pada awalnya, ada pihak yang pesimis dan memandang sebelah mata kemampuan kami. Tapi, semua itu terbayar dengan keberhasilan kami mendapat standar internasional ISO 9001:2008 ini. Kami bangga institusi kami telah distandardisasi secara internasional,” ujarnya.

Dengan diperolehnya sertifikat ISO tersebut, ia berharap dapat meningkatkan peringkat Unpad baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu ia berharap hal ini juga dapat mempercepat Unpad menuju World Class University. “Semoga hal ini juga dapat memotivasi rekan-rekan tidak hanya di fakultas, tapi juga di seluruh unit kerja di Unpad untuk meraih ISO di bidangnya masing-masing,” tuturnya.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: