Apa yang Harus Diperhatikan Oleh Pelamar CPNS Unpad?

12 10 2010

[Unpad.ac.id, 11/10] Unpad kembali membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Unpad, pada 8-16 Oktober 2010. Unpad akan menerima CPNS sejumlah 76 orang yang terdiri dari 43 dosen dan 33 teknisi, mulai jenjang D-3 hingga S-3. Jumlah tersebut akan ditempatkan di fakultas-fakultas, kantor pusat, poliklinik dan Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. Formasi selengkapnya dapat dibaca di website Unpad.

 

Suasana penyerahan berkas lamaran CPNS di Unpad (Foto: Dadan T.)

Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si, menjelaskan bahwa untuk melamar CPNS di Unpad, ada beberapa tahapan yang harus dilalui pelamar. Pertama, pelamar harus menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagaimana yang tercantum dalam Pengumuman Penerimaan CPNS Unpad di website Unpad. Untuk formasi dosen, berkas lamaran disampaikan ke panitia penerimaan di fakultas terkait,sementara untuk formasi teknisi, berkas lamaran diserahkan ke Bagian Kepegawaian Unpad, Gedung 4 Lantai 3 Kampus Iwa Koesoema Soemantri, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Berkas tersebut dapat diserahkan mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun, di tingkat fakultas, berkas harus sudah diterima panitia paling lambat pukul 13.00 WIB, untuk memberi waktu kepada panitia untuk melakukan verifikasi data palamar dan untuk menyerahkannya ke tingkat universitas. Para pelamar juga diharapkan menggunakan pakaian yang rapih, sopan dan bersepatu baik saat melakukan pendaftaran, maupun nanti saat mengikuti ujian.

Proses penyerahan dan pemberkasan berkas-berkas lamaran dilakukan terpusat di tingkat fakultas (untuk dosen) dan tingkat universitas (untuk teknisi). Oleh karena itu, pelamar harus datang sendiri untuk menyerahkan berkas lamaran kepada panitia yang berwenang dan mengisi formulir biodata yang tersedia.

Weny mengatakan bahwa bila berkas yang diminta telah dinyatakan lengkap oleh panitia, maka pelamar harus mengisi formulir biodata dengan menggunakan pensil 2B, dan akan mendapat kartu dan nomor ujian. Bagi pelamar dosen, di tingkat fakultas tidak hanya akan diseleksi dari sisi administrasi saja, tapi ada penilaian khusus yang akan melibatkan pihak jurusan terkait di fakultas tersebut untuk mendapat rekomendasi dari fakultas ke tingkat universitas.

“Apabila mereka telah direkomendasikan oleh fakultas, mereka akan mendapat nomor peserta untuk mengikuti ujian di tingkat universitas pada tanggal 27 Oktober mendatang. Apabila mereka tidak direkomendasikan, berarti mereka tidak bisa mendapat nomor ujian dan tidak bisa ikut seleksi tahap berikutnya. Artinya para pelamar bisa saja gugur lebih dulu di fakultas,” jelasnya.

Pada tahap seleksi administrasi ini, selain memperhatikan kelengkapan dan kesesuaian kualifikasi yang diminta, panitia juga menetapkan seleksi berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Untuk D-3 minimal 2,60; untuk S-1 minimal 2,75; untuk S-2 dan S-3 minimal 3,25.

Ia juga mengharapkan agar pelamar memperhatikan persyaratan yang diminta sebaik-baiknya dan selengkap mungkin. Untuk pengisian biodata, karena dilakukan pada lembar isian komputer, maka harus dilakukan seteliti mungkin, agar tidak salah menghitamkan atau mengisi data yang salah. “Panitia di Bagian Kepegawaian siap membantu memandu para pelamar untuk mengisi biodata tersebut,” tuturnya.

Bagi pelamar yang telah mendapat kartu dan nomor ujian, mereka berhak mengikuti ujian tahap I pada tanggal 27 Oktober 2010 bertempat di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung. Materi yang akan diuji adalah Tes Pengetahuan Umum (TPU) dan Tes Bakat Skolastik (TBS). Peserta tes harus datang tepat waktu pada pukul 07.00 WIB, dengan membawa kart utes, pensil 2B, karet penghapus, alas untuk menulis dan penyerut pensil.

Bagi pelamar dosen yang telah dinyatakan lolos pada Ujian Tahap I, selanjutnya akan mengikuti Ujian Tahap II, yaitu Ujian Substansi yang akan dilaksanakan di fakultas masing-masing. Pelaksanaan ujian tersebut akan berlangsung pada tanggal 15-16 November 2010. Sementara untuk pelamar teknisi yang lolos Ujian Tahap I, juga harus mengikuti seleksi tahap II, antara lain tes wawancara. Informasi kelulusan ujian ini akan diumumkan pada tanggal 27 November 2010.

Pada kesempatan tersebut, Weny juga menghimbau kepada para pelamar untuk mewaspadai upaya-upaya penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang menjanjikan akan diterima menjadi PNS di Unpad.

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: