PR II Unpad, “Akan Ada Punishment untuk Dosen yang Tidak Penuhi Kewajiban”

12 10 2010

[Unpad.ac.id, 11/10] Dosen merupakan salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Dosen memiliki tugas utama melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit 12 SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik.

Prof. Rina Indiastuti dan Kepala Biro Administrasi Umum Drs. Lili Permadi, MSi saat Sosialisasi Kinerja Dosen (Foto: Tedi Yusup)

“Seperti yang kita ketahui bersama, pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen. Terkait dengan kendala dan hambatan, perlu ada kerja sama dari berbagai pihak agar sistem administrasi dapat dengan baik terselesaikan dan kinerja dosen dapat lebih efektif,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Rina Indiastuti, dalam acara Sosialisasi Kinerja Dosen di Bale Rumawat Padjadjaran, Kampus Unpad Jln. Dipatiukur No.35 Bandung, Senin (11/10).

Di hadapan para kepala bagian dan kepala sub bagian kepegawaian dari setiap fakultas, Prof. Rina menyampaikan bahwa sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen ataupun UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kompetensi dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Dosen memiliki hak dan kewajiban dalam menjalankan tugasnya. Bahwa atas hak-hak yang ia peroleh, dosen perlu juga memenuhi kewajibannya. Maka, untuk menjamin pelaksanaan tugas dosen tersebut, peran kepala bagian dan sub bagian kepegawaian sangat penting sebagai pelaksana administrasi,” ujar Prof. Rina.

Prof. Rina kemudian mengatakan bahwa pada 2011 Unpad akan ketat dalam hal evaluasi. Punishment nantinya akan diberikan jika hak dan kewajiban tidak sepenuhnya dilakukan. Bagaimana cara mensimultankan hak dan kewajiban menurutnya sangat lah tergantung pada Kabag/Kasubag.

Bertindak sebagai pembicara, hadir pula dalam acara ini Tim Assesor atau tim Evaluasi Universitas Padjadjaran, yaitu Prof. Dr. Maman Haeruman Karmana, Ir.,M.Sc, Dr. H. Suhardjo, drg., M.S., Sp.RKG, dan Prof.Dr. Veronica Komalawati, S.H., M.H. Diskusi dan sharing kemudian dilakukan antara Tim evaluasi dan para Kabag/kasubag terkait hal-hal yang menjadi kendala administrasi khususnya penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Prof. Rina juga mengatakan bahwa pada dasarnya, kendala-kendala yang terjadi akan dapat terselesaikan jika kerjasama dari berbagai pihak berjalan dengan baik. Menurutnya, Unpad sedang berada dalam masa transisi dimana Unpad mengkombinasikan hal-hal terkait birokrasi, pelayanan, dan profesionalitas.

Aktivitas ini tentu dapat mendorong peningkatan profesionalisme dosen pada perguruan tinggi. Apabila kegiatan evaluasi kinerja ini diterapkan dengan baik, maka akan berimplikasi pada peningkatan atmosfer akademik yang berkelanjutan sehingga mendorong terciptanya kemandirian perguruan tinggi.

 

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: