Tim Unit Kesenian Unpad Berangkat ke Eropa, Tampilkan Seni Tari Jawa Barat

15 10 2010

[Unpad.ac.id, 14/10] Tim Unit Kesenian Unpad akan tampil di tiga negara Eropa, yaitu Prancis, Belanda dan Hongaria. Dengan mengemban misi kebudayaan, Tim Unit Kesenian Unpad tersebut akan menampilkan pagelaran  khusus kebudayaan Jawa Barat. Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, melepas langsung tim kesenian Unpad tersebut di ruang Executive Lounge, Gedung 2 Lantai 2, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (13/10). Tim itu sendiri baru berangkat Kamis (14/10) pagi tadi.

Tim Unit Kesenian Unpad yang akan mempertunjukan seni tari Jawa Barat di Eropa selama hampir satu bulan (Foto: Tedi Yusup)

“Tim kesenian ini yang berangkat sebanyak 25 orang. Rinciannya, sebanyak 23 mahasiswa aktif dari berbagai fakultas, dan dua orang lagi sebagai staf di Unpad,” tutur Koordinator Tim Unit Kesenian Unpad, Ayi Deni yang akrab disapa Abo saat ditemui di sela-sela acara pelepasan.

Abo menjelaskan bahwa Tim Kesenian Unpad ini akan tampil di tiga negara Eropa selama hampir tiga minggu. “Pertama kita tampil di Paris tanggal 15-31 Oktober, lalu kita akan tampil di Belanda pada tanggal 1-5 November, kemudian di Hongaria selama lima hari dari 6-10 November,” jelasnya.

Dalam penampilan nanti, Tim Unit Kesenian Unpad ini akan menampilkan beberapa tarian Jawa Barat yang berdurasi kurang lebih 80-90 menit. “Pada penampilan nanti, kami diminta untuk menampilkan khusus tarian Jawa Barat. Rencananya kami akan menampilkan Tari Ponggawa, Tari Merak, Tari Belantik, Cikeruhan, Jaipongan, Wayang Golek, Arumba, Angklung, serta Sendra Tari Pendek Rama Shinta,” jelas Abo.

Untuk konsepnya sendiri Abo menuturkan bahwa penampilan tim kesenian Unpad nanti akan berbentuk rampak, artinya bentuk tarian bersama, tidak ada tarian yang ditampilkan oleh satu orang. “Kami menampilkan parade tarian atau tarian bersama, dengan penampil minimal empat sampai delapan orang. Sesuai dengan kebutuhan atau pementasan di sana, berdurasi 90 menit yang akan di bagi dalam dua sesi,” katanya.

Dari sisi pembiayaan, Abo mengatakan bahwa untuk pagelaran Tim Unit Kesenian Unpad kali ini merupakan sebuah prestasi karena biaya secara total berasal dari Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

“Biasanya untuk biaya kita selalu menggandeng sponsor, atau sharing antara Kementrian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar), Unpad dan pihak pengundang. Namun kali ini biaya total dari Kemendiknas, dan akomodasi disana oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI),” ungkap Abo.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia dalam acara pelepasan menuturkan bahwa keberangkatan ini mengemban misi Unpad bahkan misi negara, oleh karena itu harus bisa menjaga nama baik Unpad maupun Indonesia. “ Ini merupakan kesempatan langka, mengemban misi Unpad dan negara dalam hal kebudayaan. Saya titip sing kompak, sing bageur, ulah nepi aya kagorengan,” titip Prof. Ganjar.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: