Persiapan Pimnas, Mahasiswa Ikuti Pelatihan Penulisan PKM

22 10 2010

[Unpad.ac.id, 22/10] Sebanyak 492 tim mahasiswa Unpad mengikuti Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2010 yang digelar pada Kamis-Sabtu (21-23/10). Secara rinci, para peserta pelatihan ini terdiri dari 153 tim untuk PKM Penelitian (PKMP), 65 tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), dan 17 tim PKM Teknologi (PKMT). Mereka adalah para mahasiswa yang sebelumnya telah mengajukan proposalnya untuk pengajuan dana ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Suasana pelatihan penulisan PKM di salah satu kelompok mahasiswa (Foto: Tedi Yusup)

Demikian disampaikan Kepala Urusan Minat dan Penalaran Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad, Muhammad Jamil, S.Kom., saat ditemui di ruang kerjanya, kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (22/10). Ia mengatakan bahwa proposal-proposal ini harus sudah dikirimkan ke Dikti paling lambat 30 Oktober mendatang. “Rencananya hari Kamis akan kami kirimkan ke Dikti,” tuturnya.

Jamil mengatakan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas proposal. “Mudah-mudahan mahasiswa yang lolos untuk didanai oleh Dikti lebih banyak lagi, dan peserta Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ) juga semakin banyak. Mudah-mudahan juaranya juga lebih banyak,” harap Jamil.

Ia pun menjelaskan bahwa pelatihan ini digelar tiga hari sejak Kamis kemarin. Pada hari pertama, acara dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad, Herdis Chandra Poernama, SE., MM., dan dilanjutkan dengan pemaparan materi khusus dari empat dosen pemandu, yaitu Dr. Ir. Iman Hermawan, M.Sc. (PKMP dan PKMT), Ir. Sondi Kuswaryan, M.S. (PKMK), Asep Mulyana, SE., M.CE. (PKMK), dan Ir. Marleen Sunyoto (PKMM dan PKMP).

Seluruh peserta kemudian dibagi ke dalam empat kelas untuk mempresentasikan proposal yang mereka buat. Walaupun satu tim terdiri dari tiga hingga lima orang, namun presentasi hanya dilakukan oleh dua orang perwakilan tim, yang terdiri dari satu orang ketua dan satu anggota. Masing-masing kelas dipandu oleh satu dosen pemandu. Presentasi ini dilakukan secara bergiliran sejak siang kemarin hingga esok.

Berdasarkan hasil presentasi dan koreksi dari dosen pemandu, mereka pun harus merevisi proposalnya untuk kemudian diserahkan pada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemahasiswaan di fakultas masing-masing. Selanjutnya, proposal yang telah direvisi ini diserahkan kepada panitia universitas.

Jamil mengungkapkan bahwa dari 492 judul proposal ini, ada kemungkinan tidak seluruhnya akan dikirimkan ke Dikti. Seluruh proposal yang telah direvisi akan diverifikasi kembali oleh Kasubag Kemahasiswaan Fakultas dan panitia universitas. “Jadi kalau masih ada yang tidak sesuai, berarti tidak akan disampaikan ke Dikti,” jelasnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: