Prof. Kusmayadi Suradi, “Perhatikan Kebutuhan Masyarakat”

22 10 2010

[Unpad.ac.id, 21/10] Sebagai salah satu Bakal Calon (Balon) Rektor Unpad periode 2011-2015, Kusmayadi Suradi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Laboratorium Teknologi Hasil Ternak (Lab. THT) Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad mengusung tema komitmen untuk memajukan serta mewujudkan Unpad sebagai World Class University (WCU). Berbagai hal untuk mendukung Unpad menuju WCU sudah masuk dalam rancangan dan rencana kerja Kusmayadi.

Prof. Kusmayadi Suradi *

“Saya dan tentunya kami semua mempunyai komitmen untuk memperbaiki berbagai hal, terutama untuk memajukan Unpad dan mewujudkan Visi serta Misi Unpad sebagai penyelenggara pendidikan kelas dunia,” tutur Kusmayadi.

Dalam penjelasan Kusmayadi, komitmen untuk memajukan Unpad ditekankan dan difokuskan pada bidang akademis serta research, yang kemudian bisa mendukung kebutuhan masyarakat serta mahasiswa maupun lulusan Unpad.

“Selain konsentrasi pada WCU, fokuskan juga pada akademis dan research untuk memperhatikan stakeholder di masyarakat. Jangan sampai kebutuhan masyarakat terutama Jawa Barat tertinggal. Sebagai mitra Jawa Barat, kita harus membantu memecahkan dan memberikan solusi bagi masyarakat. Kemudian perhatikan juga lapangan pekerjaan untuk lulusan kita, seperti adanya penempatan ataupun memberikan banyak kesempatan untuk mencoba melamar kerja,” ungkap Kusmayadi.

Berdasarkan pengalamannya berkarier di Unpad, Kusmayadi mengatakan bahwa Unpad sekarang sudah lebih baik dari Unpad masa lalu, terutama dalam hal perhatian universitas bagi seluruh civitas academica Unpad.

“Kemajuan sekarang bisa di lihat dari sistem registrasi yang mulai online, perbaikan sistem wisuda dan juga penataan dan pembangunan di kampus Jatinangor. Selain itu kesejahteraan yang mulai diperhatikan, seperti tersedianya transportasi bagi pegawai dan mahasiswa,” katanya.

Sedikit bercerita mengenai perjalanan karirnya, Kusmayadi memulai karir akademik sebagai staf pengajar di Fapet Unpad. “Saya tahun 79 sebagai staf pengajar Fapet. Kemudian melanjutkan program studi S-2 di Ilmu Pangan IPB. Lalu pada tahun 1999 saya menyelesaikan studi S-3 di ITB. Dalam perjalanan jabatan akademik, saya pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Fapet, dan sekarang sebagai Kepala Lab. THT Fapet,” tuturnya bercerita.

Mengenai cita-cita Unpad ke depan, Kusmayadi optimis bahwa Unpad bisa mewujudkan visi dan misinya dengan syarat adanya saling dukung dan kerjasama yang baik dari seluruh civitas academica Unpad.

“Tidak mustahil Unpad dapat mewujudkan visi melalui misinya. Namun mustahil dapat terlaksana apabila hanya komitmen pimpinan saja. Itu harus ditunjang oleh seluruh civitas academica, dari mulai tenaga pengajar, staf administrasi, serta mahasiswa dan alumni. Semuanya harus ikut bersama,” imbuhnya.

“Untuk mencapai keberhasilan dalam berbagai hal, Unpad harus merubah paradigmanya dengan memunculkan budaya mutu. Mutu ini yang harus menjadi suatu kebutuhan. Selain itu paradigma yang sederhana mengenai hari ini harus lebih baik dari hari kemarin juga harus kita terapkan. Selain hal tersebut, mencapai WCU juga harus ditunjang oleh dana dan prasarana yang memadai,” jelas Kusmayadi.

Terkait kesediaannya mencalonkan diri menjadi Rektor Unpad, Kusmayadi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah panggilan sebagai bagian dari Unpad. “Adanya keinginan untuk ikut menyumbangkan pikiran, sebagai bagian dari Unpad, saya ingin menyumbangkan kemampuan dan kinerja saya untuk mencapai dan mewujudkan visi misi Unpad,” katanya.

Berbagai opini optimis dan dukungan kemudian mengemuka, berasal dari sejawat, staf pengajar maupun dari mahasiswa Kusmayadi. “Pak Kusmayadi ini seorang yang ulet dan pekerja keras. Saya selalu merasa ada panutan. Senang di ajak kerjasama dan suka menjembatani antara yang senior dengan yang yunior. Saya pikir Pak Kusmayadi bisa memimpin Unpad,” ungkap staf Pengajar Fapet Unpad, Eka.

Demikian juga menurut Staf Laboratorium THT, Wendry Setyadi mengatakan bahwa Kusmayadi punya kapasitas sebagai seorang pemimpin. Hal tersebut tergambar karena Kusmayadi adalah  orang yang mempunyai komitmen kuat untuk pengembangan akademik, serta selalu punya inovasi dalam pengembangan laboratorium.

Senada dengan yang lain, salah seorang mahasiswa Fapet menuturkan bahwa Kusmayadi punya kapabilitas sebagai seorang  pemimpin. “Pak Kusmayadi itu bagus dalam mengajar, orangnya baik. Selain itu selalu punya hal kreatif untuk mengajar sehingga mahasiswanya mengerti. Kemudian yang paling sederhana, Pak Kusmayadi itu ramah dan punya jiwa humoris,” tutur Anne Rufaidah Lubis.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: