Tim Kesenian Unpad Hibur Masyarakat Sanxay

22 10 2010

[Unpad.ac.id, 22/10] Hampir seminggu sudah Tim Kesenian unpad berkeliling Eropa, kini perjalanan telah memasuki kawasan tengah Paris. kali ini Tim Kesenian Unpad diterima masyarakat kota Sanxay, sebuah kota kecil yang sebagian masyarakatnya bekerja sebagai petani. Untuk agenda pertunjukan di kota Sanxay, tim memberikan workshop kepada siswa sekolah Beaussais Vitre, sekolah Sanxay, dan dua pementasan di Gedung La Mothe St Heray dan Neuville.

Anak-anak siswa Beaussais Vitre, St. Vitre, Paris, tampak sangat antusias menyaksikan penampilan wayang golek yang dibawakan tim Kesenian Unpad, Kamis (20/10). (Foto: Dadan T.)

Tim Kesenian Unpad tiba di Sanxay Rabu (20/9), pukul 18.00 waktu setempat, dan diterima kepala daerah serta tokoh masyarakat setempat antara lain Vivian dan Amry. Vivian termasuk salah satu tokoh di kota Sanxay yang sebelumnya telah banyak bekerjasama dengan Unpad di bidang seni dan kebudayaan. Dalam kata sambutannya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Paris, Sudrajat mengatakan, pementasan Tim Kesenian Unpad di kota Sanxay merupakan pementasan yang kedua kalinya. Diharapkan, dengan adanya pementasan ini peluang menjalin persahabatan antarkedua negara menjadi lebih terbuka. Berupa ikatan kekeluargaan yang lebih dekat.

Guna terciptanya jalinan kekeluargaan tersebut, seluruh anggota Tim kesenian Unpad, baik para penari, pemainan nayaga, maupun penghrawit dan pimpinan tim, tinggal bersama masyarakat setempat (stay) selama tiga hari dua malam sesuai jadwal misi kesenian di kota ini. Oleh karena itu, kata Sudrajat, diharapkan seluruh peserta tim dapat beradaptasi dengan kehidupan masyarakat kota Sanxay.

Sedikitnya ada 8 orang perwakilan masyarakat kota Sanxay yang menerima Tim Kesenian Unpad untuk tinggal bersama di rumah-rumah mereka. Sedangkan kegiatan workshop dan pementasan sendiri dilakukan di sebuah gedung pertunjukan kesenian di kota setempat.

Sementara itu, Vivian mengatakan, kedatangan Tim Kesenian Unpad sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sanxay, terutama para pelajar yang akan mengikuti workshop kesenian tradisi. Mengingat sebelumnya, Tim Kesenian yang dipimpin Ayi Deni atau akrab dipanggil Abo ini, pernah tampil di kota Sanxay.

Apresiasi tinggi
Saat datang ke sekolah Beaussais Vitre, St. Vitre, Paris, Tim Kesenian Unpad memberikan workshop angklung, wayang golek, dan tari Jaipongan, kepada para siswa mulai dari tingkat taman kanak-kanak. Para siswa tampak sangat antusias mengikuti workshop seni tradisi Sunda ini. Tak pelak, kegiatan ini mengundang apreasiasi tinggi dari masyarakat setempat.

Sementara itu, sehari sebelum tiba di kota Sanxay, Tim Kesenian Unpad berhasil memuaskan penonton khususnya mahasiswa dan dosen dari Universitas Sciences Po Le Harve. Perguruan tinggi di kota Le Harve yang mengkaji tentang ilmu-ilmu polisik, sosial, dan ekonomi.

Pemantasan yang digelar di hall kampus tersebut, sedikitnya mengundang ratusan mahasiswa dan dosen yang datang menyaksikan pertunjukan. Mereka bukan saja menikmati tetapi juga ikut terlibat dalam pertunjukan tersebut, terutama pada saat bermain angklung bersama.

Sama halnya di tempat-tempat lain, sesi bermain angklung bersama selalu menjadi momen paling diminati penonton. Penonton mengaku takjub dengan bambu yang ternyata dalam menghasilkan bunyi dan irama. Sessi pertunjukan Rampak Kendang juga menjadi bagian pementasan yang sama menariknya dengan bermain angklung bersama.

Kendang yang ditabuh secara bersama oleh kelima pemain kendang, menghipnotis penonton untuk ikut larut dalam kemeriahannya. Tak ayal, saat pertunjukan usai, sebagian besar penonton ingin mencoba alat musik ini. Bahkan tidak sedikit, penonton yang sengaja mengikuti pertunjukan di setiap tempat Tima Kesenian Unpad tampil.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: