Unpad Salurkan Sumbangan Buku dari Mahasiswa Baru ke Pemkab Tasikmalaya

22 10 2010

[Unpad.ac.id, 22/10] Unpad menyerahkan 44.000 buku yang berasal dari mahasiswa baru (Maba) Unpad kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Sebelas orang Perwakilan Unpad yang terdiri staf Pembantu Rektor Bagian Kemahasiswaan (PR III), Panitia Bakti Sosial Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), dan perwakilan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fikom Unpad disambut hangat dan diterima langsung oleh jajaran Kantor Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (21/10).

Penyerahan secara simbolis buku sumbangan mahasiswa baru Unpad kepada Pemkab Tasikmalaya (Foto: Tedi Yusup)

Pada acara serah terima buku tersebut, beberapa buku secara simbolis diserahkan oleh staf Pembantu Rektor (PR) III Bagian Kemahasiswaan, H. Wahyu Alamsyah S., Drs., MS kepada  Asisten Daerah III, Kabupaten Tasikmalaya, Yadi Y. Sulmadi, Kepala Kantor Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya, Dra. Euis, dan beberapa perwakilan Camat dil ingkungan Pemerintah Daerah Tasikmalaya. Buku yang diterima akan disalurkan ke 4 Kota Kecamatan dan 8 Kabupaten.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengucapkan banyak terima kasih kepada Unpad atas pembagian buku ini. Semoga kebaikan ini menjadi amalan untuk mahasiswa baru Unpad. Saya harap buku-buku ini bisa bermanfaat dan lebih jauh dapat meningkatkan minat baca masyarakat Tasikmalaya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ujar Yadi menyampaikan.

Ketua Panitia Bakti Sosial PMB Unpad, Ir. Yadi Supriadi, mengatakan bahwa ini bukan merupakan bantuan, tapi lebih kepada berbagi buku dan berbagi ilmu. Ini merupakan agenda rutin sebagai komitmen Unpad untuk dunia pendidikan. Buku-buku yang diserahkan ini, telah didata dan disusun berdasarkan judul dan dari mahasiswa baru mana buku-buku tersebut berasal.

“Mahasiswa baru nantinya bisa melihat kemana buku-buku mereka disalurkan dari website yang kami buat. Ini bagian dari tanggung jawab kami untuk terus memonitor kegiatan ini. Diharapkan, website ini akan menjadi cikal bakal penghubung bagi perpustakan-perpustakan di daerah dengan Unpad,” ungkap Yadi.

Tumpukan buku dari berbagai judul yang didistribusikan ke berbagai desa ke Pemkab Tasikmalaya (Foto: Tedi Yusup)

Kondisi Perpustakaan Umum Kabupaten Tasikmalaya sendiri dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Setidaknya telah ada 139 desa binaan di Kabupaten Tasikmalaya dan 4 titik Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang telah dibangun.

“Sekarang terdapat 12 ribu judul buku di perpustakaan ini. Dari segi pengunjung yang datang, rata-rata mencapai 50 orang setiap harinya. Memang ada peningkatan, apalagi nanti ditambah dengan buku-buku dari Unpad. Saya harap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut di masa mendatang,” tutur Euis saat diwawancarai.

“Kami sangat terbantu dengan buku-buku ini. Masyarakat pasti akan senang mendengarnya. Kami ucapkan terimakasih. Kalau tahun depan ada kegiatan seperti ini lagi, kami sarankan untuk diutamakan buku-buku kesehatan, jadi sesuai dengan kebutuhan. Apalagi akan bertepatan dengan Tahun Kesehatan Tasikmalaya,” ujar Dewi, salah satu penerima buku dari Perpustakaan Umum Kecamatan Indihiyang,  Kota Tasikmalaya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: