Lima Rahasia Menembus Beasiswa Fulbright

29 10 2010

Urip Purnomo dan Nurisye saat memaparkan penjelasan tentang   beasiswa Fulbright dari Aminef (Foto: Tedi Yusup)[Unpad.ac.id, 23/03] Yayasan Aminef (American Indonesian Exchange Foundation) kembali membuka kesempatan seluas-luasnya, khususnya kepada seluruh civitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mendapat beasiswa Fulbright untuk tahun ajaran 2010-2011. Program beasiswa Fulbright ini tidak hanya ditujukan untuk dosen saja, tetapi juga untuk mahasiswa S1 yang masih kuliah dan staf non-dosen.

Urip Purnomo, Ph.D dan Nurisye saat memaparkan penjelasan tentang beasiswa Fulbright dari Aminef (Foto: Tedi Yusup)

Hal tersebut terungkap dalam acara Presentasi Program Beasiswa Fulbright yang digelar di Ruang Serba Guna (RSG) Lantai 4, Gedung Rektorat Baru, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Senin, 23/03. Presentasi ini dihadiri oleh beberapa Dekan Fakultas, liaison officer (LO) dari beberapa fakultas, para dosen muda. Hadir pula Prof. Deddy Mulyana yang merupakan salah satu alumni Fulbright dari Unpad.

Staf ahli Kantor Kerjasama Luar Negeri Unpad Urip Purnomo, Ph.D., saat membuka acara tersebut menjelaskan, program beasiswa Fulbright ini memiliki nilai prestise tersendiri bagi peraihnya. “Beasiswa ini sudah dikenal sejak bertahun-tahun dan untuk mendapatkannya, harus melewati seleksi yang tidak mudah,” ujar Urip, yang juga alumni Fulbright.

Acara presentasi yang merupakan bagian dari sosialisasi Program Beasiswa Fulbright yang bertujuan untuk memberi informasi seluas-seluasnya mengenai program beasiswa tersebut. Diharapkan melalui presentasi ini, dapat memotivasi seluruh sivitas akademika Unpad untuk mengikuti seleksi beasiswa Fulbright. “Sampai sekarang baru 18 orang dosen Unpad yang pernah menerima beasiswa Fulbright ini. Diharapkan untuk tahun ini ada peningkatan jumlah pelamar dan penerima beasiswa Fulbright,” ujar Urip.

Perwakilan Aminef, Nurisye, menjelaskan program beasiswa Fulbright ini terdiri dari berbagai macam program beasiswa yang ditujukan untuk berbagai jenjang pendidikan, baik S-1, S-2, dan S-3. Selain itu, ada juga beasiswa yang ditujukan untuk lulusan SMA, Guru SMA, dan non-dosen baik dari institusi pemerintah maupun swasta. Beasiswa ini menyediakan biaya untuk perjalanan internasional, dana selama transit perjalanan, biaya hidup, uang sekolah dan biaya belajar, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dana bulanan untuk buku, komputer, dan kegiatan profesional.

Pada presentasi ini, Nurisye menjelaskan, banyak pelamar Fulbright yang tidak lolos karena berbagai alasan, baik karena masalah administrasi maupun pada saat wawancara. Untuk menghindari kegagalan tersebut, Isye menjelaskan ada 5 rahasia sukses mendaftar Fulbright. Rahasia pertama adalah perhatikan batas waktu pendaftaran. “Jangan menunggu, segera kerjakan study objective dan research proposal,” tegas Nurisye.

Rahasia kedua, persiapkan diri dengan baik terutama dalam menjawab pertanyaan saat wawancara. Perlu diketahui, pertanyaan pertama saat wawancara adalah program yang diminati dan alasan memilih program tersebut.

Rahasia ketiga, pelajari tes GRE (Graduate Record Exam) atau GMAT (Graduate Management Admission Test) dan IBT (Internet Based TOEFL). Banyak buku yang membahas materi tes-tes tersebut beserta contoh soalnya di berbagai toko buku dan di Aminef, yang dijual dengan harga terjangkau. Dengan demikian para pelamar dapat mempelajari dan melatih kemampuannya sebelum tes.

Rahasia ke empat adalah perbaiki study objective dan research proposals berkali-kali. Apabila diperlukan, mintalah bantuan kepada penutur asli (native speaker) atau alumni senior untuk mengecek dan mengeditnya.

Rahasia yang terakhir, hubungi Aminef untuk informasi selengkapnya. Aminef membantu memberikan bantuan panduan penulisan untuk research proposal dan pengisian formulir Fulbright. Selain itu, Aminef juga membantu pengurusan administrasi yang berkaitan dengan beasiswa Fulbright ini.

Tenggat waktu pendaftaran untuk mayoritas program tahun ajaran 2010-2011 ini berakhir pada 31 Mei 2009. Untuk informasi program beasiswa Fulbright bisa mengunjungi http://www.aminef.or.id atau menghubungi Kantor Kerjasama Luar Negeri Unpad di Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: