Pikiran Rakyat Serahkan Beasiswa Pendidikan Kepada 15 Mahasiswa Unpad

29 10 2010

[Unpad.ac.id, 29/10] Sebanyak 15 mahasiswa Unpad yang berasal dari sembilan fakultas tercatat sebagai penerima Beasiswa Pendidikan Pikiran Rakyat (PR) Tahun Ajaran 2009 – 2010. Penyerahan beasiswa yang ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi itu dilakukan di Ballroom Hotel Golden Flower, Jln. Asia Afrika, Bandung, Kamis (29/10). Beasiswa yang diberikan untuk 12 bulan ini diserahkan langsung oleh Direktur PT Pikiran Rakyat, H. Januar P. Ruswita, kepada mahasiswa Unpad yang tercatat penerima beasiswa tersebut.

Ke-15 mahasiswa tersebut adalah Mega Ekaputri (Hukum), Arindya Zikrila Putri (Hukum), Refi Putri Utami (MIPA), Indri Ayu (MIPA), Tirai Wisely (MIPA), Yudhi Febrian (Teknik Geologi), Karina Larsati U. (Pertanian), Inna Marlina (Pertanian), Sri Ulpah (Satra), Astriani Sipayung (Fikom), Galih Ajar Pambudi (Fikom), Fitri Rahmaswati (Ilmu Keperawatan), Putra H. Siregar (Perikanan dan Ilmu Kelautan), Igaara Gettru (Teknologi Industri Pertanian), dan R. Sheila Puspita W. (Teknologi Industri Pertanian).

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp. KN. yang turut hadir dalam acara penyerahan beasiswa tersebut mengatakan bahwa Unpad dan Pikiran Rakyat (PR) memiliki sejumlah kesamaan, di antaranya sama-sama milik masyarakat Jawa Barat. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PR karena telah membantu ke-15 mahasiswa Unpad tersebut. “Melalui beasiswa ini setidaknya Unpad mampu menunjukkan bahwa secara akademis mahasiswa Unpad mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya,” ungkap dr. Trias.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan pula alumni penerima Beasiswa Pendidikan PR tahun 1981, Ir. Iim Nurochimah yang kini telah menjadi direktur sebuah perusahaan di Bogor. Dalam penyampaian kesan-kesannya, Ir. Iim mengungkapkan bahwa beasiswa yang diberikan PR saat dirinya menjadi Juara II Siswa Berprestasi tingkat SMP telah memacunya untuk terus belajar dengan tekun.

“Semangat PR untuk terus membantu siswa berprestasi melalui beasiswa ini, membuat saya dan teman-teman mewujudkan aksi sosial untuk masyarakat Jawa Barat lainnya. Program sosial yang kami lakukan di antaranya membantu mengalirkan air bersih dari gunung ke rumah-rumah warga yang berada di daerah terpencil,” tutur Ir. Iim yang meraih gelar sarjana dan masternya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk itu, ia mengingatkan kepada penerima beasiswa yang hadir agar dapat memanfaatkan beasiswa tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga di masa mendatang dapat membantu sesama yang benar-benar membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Humas PR Bandung, H. Asep Bakri mengungkapkan bahwa tahun ini pihaknya menyerahkan beasiswa kepada 167 siswa berprestasi, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. “Beasiswa untuk kategori perguruan tinggi diberikan kepada mahasiswa yang belajar Institut Teknologi Bandung (ITB), Unpad, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Siliwangi Tasikmalaya,” jelas H. Asep.

Ia menjelaskan bahwa dibandingkan tahun lalu, jumlah penerima beasiswa mengalami penurunan. “Namun, secara nominal jumlahnya ditingkatkan, terutama bagi kategori SMA dan perguruan tinggi. Alasannya karena biaya pendidikan di tingkat tersebut cenderung meningkat dibanding di tingkat SD dan SMP,” kata H. Asep.

Direktur Utama HU PR, H. Syafik Umar menjelaskan bahwa beasiswa ini telah diselenggarakan selama lebih dari setengah abad yang lalu. “Sejak PR didirikan, kami pun telah menyelenggarakan program beasiswa bagi siswa berprestasi ini,” kata H. Syafik.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: