Peneliti Harus Hasilkan Penelitian untuk Jangka Panjang dan Berkelanjutan

4 11 2010

[Unpad.ac.id, 03/11] Menggali ide penelitian biasanya diawali dengan mencari tema atau topik yang merupakan isu yang sedang mendapatkan sorotan masyarakat luas. Saat ini ada berbagai macam topik yang sedang mendapat sorotan yang menarik untuk dikaji salah satunya adalah mengenai perubahan iklim dan gangguan terhadap keanekaragaman hayati.

Para peserta pelatihan sedang menyimak pemaparan narasumber. (Foto: Tedi Yusup)

“Jika telah menemukan ide, topik seperti apa yang akan diangkat dalam penelitian, yang sangat penting dilakukan oleh peneliti adalah menyusun road map penelitian. Perlu diperhatikan bahwa penelitian seharusnya dilakukan untuk program jangka panjang dan secara berkelanjutan,” jelas Prof. Johan Iskandar, M.Si., Ph.D., dalam acara Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitan dan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional yang diselenggarakan Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PPSDAL) LPPM Unpad di Aula PPSDAL LPPM Unpad, Jln. Sekeloa Selatan I Bandung, Rabu (3/11).

Setelah topik penelitian ditentukan, tambah Prof. Johan, penyusunan proposal penelitian merupakan bagian yang sangat penting. Membuat judul penelitian harus dibuat menarik dan sesuai dengan rencana penelitian.

Sementara itu, Ketua LPPM Unpad, Prof. Oekan S. Abdullah mengatakan bahwa aktivitas penelitian dan penulisan artikel ilmiah di lingkungan Universitas Padjadjaran perlu terus ditingkatkan. Berbagai upaya akan terus dilakukan dalam memanfatkan peluang-peluang penelitian yang ada.

“Terutama jika Unpad ingin menjadi World Class, iklim penelitian harus terus ditingkatkan. Harapan saya semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan para peserta, bagaimana mendesain proposal penelitian yang efektif, dan juga bagaimana mempublikasikan artikel ilmiah, terutama untuk sitasi internasional,” tutup Prof. Oekan.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten dalam penyusunan proposal penelitian dan penulisan artikel ilmiah, baik nasional maupun internasional. Hadir pula sebagai pembicara dalam acara ini, Dr. Fadli Syamsudin dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menyampaikan berbagai isu dan tren penelitian di bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Pada hari pertama pelaksanaannya, pelatihan ini juga menghadirkan pembicara Dr. Agung Karuniawan dan  Dr. Suseno Amien dari Faperta Unpad yang telah banyak berkontribusi dalam penelitian dan berhasil mendapatkan sejumlah hibah penelitian. Dihadapan puluhan peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa sarjana dan pascasarjana, Dr. Agung menjelaskan metodologi dan teknik membuat proposal penelitian, sedangkan Dr . Suseno menjelaskan bagaimana teknik presentasi proposal penelitian yang baik.

“Pada dasarnya, acara pelatihan ini bertujuan untuk memberikan dan mengembangkan pengetahuan dalam menyusun proposal penelitian dan artikel ilmiah. Disini, narasumber dapat membagikan pengalamannya kepada peserta bagaimana membuat proposal penelitian yang efektif sehingga akhirnya mendapatkan hibah penelitian,” jelas M. Wahyudin Lewaru, S.Pi., M.Sc, anggota tim Peningkatan Kualitas SDM pada program tim Revitalisasi PPSDAL LPPM Unpad ketika ditemui di sela-sela acara.

Wahyudin menambahkan bahwa rangkaian acara revitalisasi PPSDAL LPPM Unpad ini diawali dengan sertifikasi laboratorium yang diselenggarakan pada pekan lalu. Kedepan juga akan dilakukan berbagai pelatihan lainnya yang berkaitan dengan kajian lingkungan lain, karena PPSDAL memang peduli terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: