Sebanyak 807 Peserta Akan Ikuti SMUP Pascasarjana

21 11 2010

[Unpad.ac.id, 18/11] Ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran untuk Program Profesi, S-2 dan S-3 siap dilaksanakan pada Sabtu (20/11) mendatang. Ujian ini akan dilaksanakan terpusat di kampus Unpad Bandung, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung mulai pukul 9.00 WIB. Sekira 807 peserta akan mengikuti ujian ini, yaitu 344 peserta SMUP S-2, 117 peserta SMUP S-3, 231 peserta SMUP Program Pendidikan Doktor Spesialis (PPDS), 18 peserta SMUP Profesi Akuntansi, dan 97 peserta SMUP Profesi Apoteker.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/11), Ketua Unit Pelaksana (UPT) SMUP, Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, M.S., mengingatkan peserta bahwa dalam satu hari, peserta akan mengikuti dua materi ujian. Hal ini perlu ditekankan mengingat pada pelaksanaan SMUP tahun lalu, ada peserta yang hanya mengikuti satu materi ujian saja (pagi hari), setelah itu tidak ada yang mengingatkan bahwa ia masih harus mendapat materi ujian pada siang harinya.

Materi ujian yang dimaksud adalah Tes Kemampuan Belajar (TKB) pada pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). “Kami akan selalu ingatkan itu. Bahkan nanti kami akan keliling ke ruangan-ruangan ujian untuk mengingatkan. Pengawas pun nantinya akan mengingatkan bahwa ada ujian TKBI pada siang harinya,” ujar prof. Dadi.

Sekretaris UPT SMUP, Prof. Dr.Ir.Yuyun Yuwariah, M.S., menyebutkan bahwa jumlah pendaftar SMUP online ini tidak sebanyak jumlah pembeli PIN. Prof. Yuyun memang tidak dapat memastikan mengapa ada pembeli PIN yang tidak mendaftar online. Namun, ia menegaskan bahwa pendaftaran online sudah tutup pada (17/11) kemarin pukul 23.59 WIB. Pembeli PIN yang belum mendaftar online, akan otomatis gugur, dan PIN yang sudah dibeli tidak dapat digunakan untuk mendaftar SMUP periode berikutnya.

Prof. Yuyun pun mengingatkan peserta untuk mengikuti wawancara yang jadwalnya sudah diumumkan di situs resmi SMUP <http://smup.unpad.ac.id&gt;. Wawancara untuk peserta SMUP ini akan diselenggarakan mulai Jumat (19/11) hingga Minggu (21/11) mendatang, sesuai dengan jadwal dan lokasi yang  telah ditentukan. “Mohon dibuka website-nya untuk mengetahui jadwal dan lokasi wawancara. Ini penting agar peserta tidak ada yang melewatkannya,” ujar Prof. Yuyun.

Selanjutnya, Prof. Dadi pun mengingatkan peserta agar selalu menjaga kesehatannya dan mempersiapkan segala persyaratan yang harus dibawa, yaitu alat tulis (pensil 2B, penghapus, dan rautan pensil) dan kartu tanda peserta. Peserta juga diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Kemudian untuk wawancara, peserta diwajibkan membawa proposal penelitiannya.

“Intinya ini adalah proses seleksi, jadi harus mempersiapkan diri masing-masing. Kesehatan, kemampuan akademik, dan sebagainya perlu dipersiapkan agar lolos seleksi karena Unpad melakukan seleksi ini untuk mencari yang berkualitas,” tegas prof. Dadi.

Prof. Dadi juga menekankan agar peserta datang tepat waktu, karena pelaksanaan ujian akan dilakukan secara serentak. Peserta pun dihimbau sudah mengetahui lokasi ujian sehari sebelumnya. Peserta juga diharapkan mengantisipasi sejumlah kegiatan di sekitar Unpad yang bisa mengakibatkan kemacetan pada hari pelaksanaan nanti.

“Jumat siang peserta sebaiknya datang kesini untuk melihat lokasi ujian, sehingga pada hari Sabtu nanti, mereka tidak usah pusing lagi mencari lokasi,” ujar Prof. Dadi.

Untuk melayani kebutuhan informasi peserta, panitia akan membuka sekretariat di Gedung Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja lantai 1. “Untuk yang butuh informasi dan mau menghubungi kami, silahkan datang kesini, atau hubungi lewat telepon pada nomor 2503278,” jelas Prof. Dadi.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: