Unpad Dorong Mahasiswa Jadi Pelaku Wirausaha

26 11 2010

Drs. D. Sudradjat Rasyid, MM (Foto: Tedi Yusup)[Unpad.ac.id, 19/03] Setiap orang sebenarnya memiliki jiwa entrepreneur, yaitu disiplin, kerja keras dan optimis. Akan tetapi tidak semua orang menyadari dan mengoptimalkan kemampuannya tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk menggali, mengasah dan mengembangkannya sehingga dapat menjadi seorang entrepreneur yang berhasil.

Drs. D. Sudradjat Rasyid, MM (Foto: Tedi Yusup)

Dalam rangka mengembangkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat program “Gerakan Kewirausahaan Unpad”. Terkait hal tersebut, Fakultas Ekonomi Unpad menyelenggarakan Studium Generale bertema “Memaknai Entrepreneurship untuk Melangkah Pasti Menjadi Entrepreneur” dengan menghadirkan pembicara Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Menteri Negara Pemuda dan Olahraga  Drs. D. Sudradjat Rasyid, MM. Studium Generale ini berlangsung di RSG Rektorat Lt. 4 Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis 19/03.

Pada sambutan pembukaan Studium Generale tersebut, Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, mengatakan Unpad melakukan berbagai upaya untuk menghasilkan alumni wirausahawan di masa datang, seperti mengadakan Studium generale ini. Studium generale ini akan dilaksanakan secara berkala setiap bulan dengan menghadirkan para praktisi seperti Sukamdani Sahid Gitosardjono, Arifin Panigoro dan lain-lain.

Selain itu Unpad juga akan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan, pendampingan dan pemberian modal kerja kepada beberapa kelompok mahasiswa sebesar Rp 5-20 juta rupiah per kelompok. Diakhir program, kelompok-kelompok tersebut akan dilombakan untuk mencari kelompok usahawan terbaik.

Rektor juga berharap lulusan Unpad dapat menjadi usahawan yang berhasil, tidak hanya dalam berbisnis saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. “Canangkan dari sekarang untuk menjadi pengusaha yang sukses, menjadi pahlawan ketenagakerjaan yang dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” Ujar Prof. Ganjar.

Seolah mengamini pernyataan Rektor, Drs. D. Sudradjat Rasyid, MM, sebagai pembicara mengatakan, semua orang bisa menjadi entrepreneur yang  sukses. Bahkan menurut Sudradjat, menjadi entrepreneur tidak terbatas oleh usia atau latar belakang pendidikan sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. “Lakukanlah dengan modal yang terbesar dari diri kita, yaitu waktu, pengalaman dan pengetahuan,” ujar Sudradjat.

Menurut Sudradjat, seorang entrepreneur di abad ke 21 ini, harus bisa berinovasi. Pada dasarnya, perekonomian itu dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase ekonomi yang berbasis pengetahuan, berbasis kreativitas dan berbasis inovasi. Sudradjat menjelaskan, dalam rangka memasuki fase ketiga inilah, seorang entrepreneur dituntut juga menjadi seorang learner. “Seorang learner harus mengetahui sesuatu, melakukan suatu karya dan melakukan kerjasama,” jelas Sudrajat.

Untuk melakukan hal tersebut, Sudradjat menambahkan, sebaiknya kita harus merubah pola pikir kita. “Kita harus mau keluar dari comfort zone (zona kenyamanan) dan jangan mau tertinggal,” tegas Sudradjat. Oleh karena itu, menurut pria kelahiran Kuningan ini, ada 3 hal yang penting ditanamkan untuk membentuk karakter seorang entrepreneur, yaitu komitmen, ketulusan dan kerja keras.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: