Tiga Mahasiswa Fisika FMIPA Unpad Ikuti Kanryu Program di Saitama University Jepang

2 12 2010

[Unpad.ac.id, 1/12] Selama satu bulan mulai 1-30 November 2010, tiga mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, berkesempatan mengikuti Kanryu Program di Saitama University, Jepang. Kanryu Program adalah sebuah program international untuk memberikan pengalaman melakukan riset, belajar dan berinteraksi antar mahasiswa dengan berbagai perbedaan budaya serta untuk mengimplementasikan global standard education di Science and Engineering Faculty, Saitama University.

Dr. Lusi Safriani, Lisana, Tenny, dan Anhar saat melakukan kunjungan ke laboratorium nanoteknologi RIKEN *

Pengiriman mahasiswa Jurusan Fisika dalam program ini diprakarsai oleh salah seorang staf pengajar Jurusan Fisika FMIPA Unpad yaitu Dr. Risdiana, M. Eng., yang telah memiliki jalinan kerja sama penelitian dengan salah seorang profesor di Saitama University. Tiga mahasiswa terbaik Jurusan Fisika yang mendapatkan kesempatan menikmati iklim belajar dan penelitian di Saitama University tersebut adalah Anhar (angkatan 2007) yang merupakan Mahasiswa Berprestasi 1 tingkat FMIPA 2010, Tenny Octaviany (angkatan 2008) yang merupakan satu-satunya penerima beasiswa GE Foundation dari Unpad dan Lisana Sidqi (angkatan 2007) dengan kemampuan Bahasa Inggris terbaik di Jurusan Fisika FMIPA Unpad.

Selama mengikuti Kanryu Program tersebut, ketiga mahasiswa ini mengikuti berbagai kegiatan ilmiah diantaranya melakukan beberapa modul percobaan fisika lanjut, penelitian dengan tema organik superkonduktor, presentasi dan diskusi berbagai tema fisika. Selain itu mereka juga melakukan kunjungan ilmiah ke beberapa laboratorium ternama di Jepang seperti laboratorium nanoteknologi, pusat supercomputer dan Radioactive Isotope Beam Factory (RIBF) yang merupakan pusat reaktor penelitian dengan intensitas Radioactive Isotope tertinggi di dunia yang berada di Physical and Chemical Research Institute (RIKEN). Sebagai informasi, lembaga ini juga telah menjalin kerja sama dengan Unpad dan aktif melakukan penelitian bersama dengan beberapa staf di Jurusan Fisika Unpad. Acara kunjungan ilmiah ke RIKEN ini didampingi oleh dua orang staf pengajar dari Jurusan Fisika Unpad yaitu Dr. Lusi Safriani, M.Si., dan Dr. Risdiana, M. Eng., yang pada saat yang sama tengah melakukan proyek penelitian bersama dengan beberapa peneliti di RIKEN.

Prof. Taniguchi sebagai tuan rumah dari ketiga mahasiswa ini sangat terkesan dengan kinerja, semangat dan ketekunan mereka sehingga ia berharap program ini dapat terus berlanjut. Tahun 2011 nanti, Jurusan Fisika Unpad berencana untuk kembali mengirimkan tiga orang mahasiswanya untuk mengikuti program ini. Untuk selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut, tidak hanya untuk pertukaran mahasiswa tapi juga untuk kerja sama penelitian mahasiswa dan staf pengajar di Jurusan Fisika FMIPA Unpad.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: