Untuk Raih Penelitian Hibah Unggulan, Harus Kuasai Kiat-kiat Penyusunan Proposalnya

5 12 2010

[Unpad.ac.id, 4/12] Untuk mendapatkan dana penelitian dalam skema penelitian hibah unggulan, salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas proposal yang diajukan. Saat ini ada beberapa bentuk skema penelitian hibah unggulan, yaitu hibah bersaing, fundamental, hibah kompetensi, hibah penelitian strategis nasional, hibah kompetitif Strategis Nasional, serta Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional.

Para pembicara Lokakarya Kiat-kiat Penyusunan Proposal Penelitian Hibah Unggulan. (Foto: Handarto)

Mencermati hal tersebut, anggota Tim Reviewer Tingkat Nasional yaitu Prof. Dr. Lili Warly, Ir., M.Agr., menjelaskan bahwa masing-masing skema memiliki karakteristik dan kriteria tertentu yang harus diperhatikan secara seksama. Hal ini disampaikannya dalam acara Lokakarya Kiat-kiat Penyusunan Proposal Penelitian Hibah Unggulan yang diselenggarakan di Hotel Summer Hiill di Jln. Setrasari Bandung, Jumat (3/12).

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unpad untuk meningkatkan jumlah proposal yang diajukan dosen Unpad agar dapat didanai dalam bentuk skema penelitian hibah unggulan. Acara ini diikuti oleh perwakilan dosen dari fakultas-fakultas di lingkungan Unpad. Selain Prof. Lili, hadir juga dua anggota tim reviewer yang lain yaitu Prof. Totok Agung D. H., Ir., MP., Ph.D. dan Dr. Yuli Haryati, Ir., MS.

“Terkait dengan skema yang ada, harap dicermati masing-masing persyaratannya. Jangan sampai salah alamat saat mengajukan proposal. Hal penting lainnya adalah jangan mencantumkan satu nama peneliti di beberapa skema. Sebaiknya, di satu skema saja,” pesan Prof. Lili Warly.

Saat membuka lokakarya ini, Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Unpad, Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, M.Sc., juga mengingatkan bahwa dengan proposal yang baik maka dapat dilakukan penelitian unggulan secara baik pula. Selanjutnya, hasil penelitian itu dapat disajikan dalam forum seminar internasional serta dipublikasikan dalam jurnal internasional. Hal ini tentu saja akan meningkatkan reputasi Unpad dalam hal kualitas penelitian yang dilakukan oleh para dosennya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Unpad, Handarto, S.TP., M.Agr., Ph.D., selaku ketua pelaksana, menekankan bahwa dalam kegiatan ini tim reviewer secara intensif memeriksa satu persatu proposal yang telah disiapkan peserta mulai dari sistematika hingga substansinya, hingga dihasilkan proposal yang siap berkompetisi untuk memperoleh hibah unggulan.

“Saya optimis, proposal yang digodok dalam lokakarya ini dapat menembus perolehan hibah unggulan sesuai skemanya. Untuk menjaring lebih banyak lagi proposal penelitian hibah unggulan, kami merencakan beberapa kegiatan serupa namun khusus untuk satu kelompok keilmuan saja agar lebih intensif dan mendalam ,” jelas Handarto.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: