Peserta yang Lulus SMUP Gelombang II, Wajib Tunjukkan Ijazah Perguruan Tinggi Terakreditasi BAN-PT

7 12 2010

Seorang peserta sedang mencari tahu apakah nomor pesertanya  tercantum dalam pengumuman SMUP 2009 di depan Grha Sanusi Hardjadinata  Unpad, Bandung, Kamis (25/06). (Foto: Dadan T.)[Unpad.ac.id, 6/12] Peserta ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Gelombang II Program Pascasarjana Tahun Akademik 2010/2011 yang diterima, wajib menunjukkan ijazah dan transkrip nilai asli S-1 untuk Program Magister atau S-2 untuk Program Doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi BAN-PT.

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik Unpad, Dr. H. Isis Ikhwansyah, SH.,MH., CN, yang ditemui di ruang kerjanya di Gedung 3 Lantai 1 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (6/12), bagi peserta lulusan perguruan tinggi yang belum terakreditasi tidak bisa mendaftar atau dianggap gugur, walaupun telah dinyatakan lulus SMUP.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya calon mahasiswa yang tidak memiliki legalitas. Ini merupakan upaya proteksi kita terhadap input dari calon mahasiswa. Jangan sampai kita menerima lulusan perguruan tinggi yang tidak terakreditasi, karena itu tidak legal,” jelas Dr. Isis.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya mengkhawatirkan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan Unpad sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi untuk menutupi status perguruan tinggi sebelumnya yang belum terakreditasi.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan bahwa peserta yang lulus wajib membayar biaya registrasi ke bank yang ditunjuk dan melakukan registrasi administrasi. Keduanya dapat dilakukan pada tanggal 6-20 Desember 2010. Pengumuman kelulusannya sendiri telah diumumkan di website Unpad, www.unpad.ac.id, sejak tanggal 29 November 2010 lalu.

Awalnya masa pembayaran ke bank ditetapkan pada tanggal 6-10 Desember dan registrasi administrasi  pada tanggal 13-16 Desember 2010, namun diperpanjang menjadi tanggal 6-20 Desember 2010.”Hal ini dimaksudkan untuk memberi keleluasaan waktu bagi peserta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan,” tuturnya.

Pembayaran biaya registrasi dapat dilakukan di bank-bank yang ditunjuk Unpad, yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga dan Bank Jabar Banten. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan nomor tagihan yang tercantum pada formulir tagihan mahasiswa Unpad yang diunduh dari http://pengumuman.unpad.ac.id mulai tanggal 2 Desember 2010. Pada formulir tersebut tercantum besaran biaya yang harus dibayar peserta yang lulus.

Sementara itu, registrasi administrasi dilaksanakan di Ruang Rapat Pleno Gedung 4 kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, pada pukul 09.00-15.00 WIB. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi peserta tercantum pada Surat Edaran Rektor yang dapat diunduh pada alamat website diatas.

Persyaratan tersebut adalah menyerahkan bukti pembayaran di bank, menyerahkan Kartu Tanda Peserta SMUP S-2 atau S-3 Tahun 2010 yang asli, menunjukkan ijazah dan transkrip nilai asli S-1 untuk Program Magister atau S-2 untuk Program Doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi BAN-PT dan menyerahkan foto copy-nya yang sudah dilegalisir, masing-masing sebanyak 2 lembar, menunjukkan akte kelahiran asli dan menyerahkan salinannya sebanyak 2 lembar, menyerahkan surat keterangan sehat dan salinannya sebanyak 1 lembar.

Selain itu juga menyerahkan surat keterangan bebas buta warna dan salinannya sebanyak 2 lembar bagi calon mahasiswa Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, FMIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik Geologi, menyerahkan pas foto ukuran 3×4 cm berwarna dan hitam putih masing-masing sebanyak 2 lembar, menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Mentaati Peraturan yang Berlaku di Unpad dan foto copy-nya sebanyak 1 lembar yang telah ditandatangani di atas materai. Format Surat Keterangan Bebas Buta Warna dan Surat Pernyataan berdasarkan format yang terlampir pada pengumuman kelulusan. Bagi mahasiswa asing, harus menunjukkan paspor dan menyerahkan foto copy-nya sebanyak 2 lembar, serta menyerahkan surat izin belajar dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Apabila persyaratan tersebut telah terpenuhi, calon mahasiswa tersebut akan demndapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Sementara bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi sampai dengan batas akhir waktu yang telah ditentukan, yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang registrasi dapat diakses di website Unpad, www.unpad.ac.id atau melalui telepon Bagian Registrasi dan Statistik, Biro Administrasi Akademik 022-2533662 atau 2503271 psw. 158.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: