Unpad Peroleh Kepercayaan dari 41 Lembaga untuk Seleksi CPNS

7 12 2010

[Unpad.ac.id, 6/12] Beberapa pemerintah kota, kabupaten, provinsi serta kementerian nasional melakukan kerjasama dengan Unpad dalam melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dalam kerjasama ini, Unpad dipercaya sebagai perguruan tinggi yang menyediakan materi soal dan melakukan proses pemeriksaan jawaban hasil seleksi tahap pertama.

Sekda Jabar menyerahkan secara simbolis berita acara penyerahan naskah ujian dan lembar jawaban seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov Jabar kepada Pembantu Rektor IV Unpad di aula Dinas Peternakan Pemrov Jabar saat pelaksaan ujian (Foto: Dadan T.)

Tercatat pada penerimaan CPNS tahun 2010 ini Unpad bekerjasama dengan 41 pemerintah kota, kabupaten, provinsi dan kementerian nasional dalam menyediakan materi soal dan pemeriksaan soal seleksi penerimaan CPNS. Untuk pemerintah kota dan kabupaten, Unpad bekerjasama dengan 31 pemerintah daerah. Untuk tingkat provinsi serta kementerian nasional, Unpad bekerjasama dengan 3 pemerintah provinsi dan 7 di tingkat kementerian nasional.

“Unpad sendiri terbuka untuk melakukan kerjasama dengan beberapa pemerintah daerah maupun dengan kementerian nasional dalam hal penerimaan CPNS, khususnya untuk seleksi tahap pertama,” tutur Direktur Kerja Sama Unpad, Ramdan Panigoro, dr., Ph.D. saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung Kerja Sama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (6/12).

Unpad sendiri sudah lama melakukan kerjasama untuk melakukan seleksi penerimaan CPNS, Ramdan mengatakan bahwa Unpad akan selalu berusaha untuk terus melakukan peningkatan kualitas pembuatan soal. “Soal-soal terus dikembangkan oleh Unpad sendiri. Kita menyusun tim untuk membuat, mengolah dan meng-update terus soal-soal yang berkualitas untuk seleksi CPNS,” jelasnya sambil menyebut nama Urip Purwono, PhD, dosen Fak. Psikologi Unpad, sebagai koordinator penyusunan soal.

Selain menyediakan materi soal dan melakukan proses pemeriksaan jawaban, Ramdan mengatakan bahwa pada tahun 2010 ini Unpad juga melakukan kerjasama berupa penyediaan Information Technology (IT) dalam proses penerimaan CPNS.
“Selain kerjasama dalam pembuatan dan pemeriksaan soal, Unpad juga membantu dalam hal penyediaan IT juga. Seperti misalnya untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kemarin itu Pemprov Jabar baru pertama kali melakukan seleksi secara online dan minta tolong juga kepada kita, maka fasilitasnya kita serahkan pada Dcistem Unpad,” lanjut Ramdan.

Peserta tuna netra mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemprov Jabar (Foto: Dadan T.)

Terkait dengan manipulasi data, Ramdan menegaskan bahwa Unpad dalam kerja sama ini bekerja sesuai dengan kapasitasnya sebagai pihak penyedia materi soal dan pemeriksaan soal. Oleh karena itu Unpad tidak punya kewenangan untuk memanipulasi data. “Penerimaan CPNS itu kewenangannya ada di pemda dan kementerian masing-masing. Pengumuman siapa yang diterima itu ada di kewenangan mereka, kita hanya sebatas memeriksa soal kemudian melaporkan hasilnya. Hasil untuk tingkat dan tahap selanjutnya itu di luar kewenangan Unpad,” tegas Ramdan.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: