Dana Penelitian 70% Langsung ke Perguruan Tinggi Merupakan Wujud Otonomi

10 12 2010

[Unpad.ac.id, 9/12] Rencana Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk mendistribusikan 70% dana penelitian ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia  langsung ditanggapi oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia sebagai wujud otonomi bagi perguruan tinggi untuk mengelola bentuk dan arah penelitiannya masing-masing.

“Hal ini memberi kesempatan kepada perguruan tinggi untuk menentukan arah penelitiannya yang tentu saja disesuaikan dengan program-program perguruan tinggi tersebut. Ini juga berarti dari sisi evaluasi lebih mudah dilakukan langsung oleh perguruan tinggi tersebut,” lanjutnya yang ditemui di Gedung I Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (9/12).

Awalnya, seluruh dana penelitian tersebut dikelola oleh Dikti melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M). Dengan adanya kebijakan ini, 70% dana penelitian diserahkan langsung ke perguruan tinggi, Dikti hanya mengelola 30% saja. Dana penelitian yang diserahkan ke perguruan tinggi tersebut akan disalurkan melalui rekening rektor untuk perguruan tinggi negeri, atau rekening kopertis untuk perguruan tinggi swasta. Kebijakan tersebut akan diberlakukan mulai tahun 2011 mendatang.

Rektor  Unpad juga mengatakan hal ini merupakan suatu peluang bagi perguruan tinggi untuk mengembangkan sisi penelitiannya. Selain itu, hal tersebut juga  sebagai bentuk kepercayaan bagi perguruan tinggi untuk mengelola penelitiannya masing-masing. “Untuk itu, pihak universitas maupun peneliti harus menjaga kepercayaan ini dengan mengelola dan membuat penelitian yang bertanggungjawab dan dapat meningkatkan daya saing,” tuturnya.

Dengan demikian, Rektor menjelaskan bahwa Unpad harus melakukan kontrol terhadap penelitian-penelitian yang ada di lingkungan Unpad. Penelitian tersebut setidaknya harus sesuai dengan sasaran dan kualitas internal Unpad. Untuk mencapai hal tersebut, secara internal Unpad akan menerapkan sistem kompetisi.

Selain itu, Unpad juga akan menyusun tema-tema penelitian yang dibutuhkan. Tema-tema inilah yang akan mengarahkan penelitian-penelitian di Unpad. Tidak hanya itu, Unpad juga akan mengarahkan penelitian pada penelitian yang berorientasi produk. Walaupun demikian, Unpad juga tetap memperhatikan penelitian-penelitian dasar sebagai cikal bakal penelitian yang berorientasi produk tersebut. Semua penelitian tersebut diharapkan dapat masuk publikasi internasional untuk meningkatkan reputasi akademik Unpad.

“Dalam hal penelitian ini, Unpad juga memiliki target-target yang harus dicapai sebagaimana yang tercantum dalam Indikator Kinerja Kunci (IKK). Ada target harus menghasilkan berapa buku, berapa paten,” ujarnya.

Saat ini salah satu upaya yang dilakukan Unpad untuk meningkatkan kualitas penelitiannya adalah dengan mengoptimalkan peran program Pascasarjana Unpad. Penelitian –penelitian di tingkat pascasarjana ini diharapkan dapat mendongkrak kualitas dan kuantitas penelitian di Unpad. Terkait dengan publikasi buku hasil penelitian, beberapa waktu lalu Program Pascasarjana Unpad telah meluncurkan 132 judul buku karya mahasiswa program Doktor atas biaya Dikti untuk Tahun Anggaran 2009.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: