Raih Prestasi Lagi, URU Harapkan Unpad Punya Kolam Renang Sendiri

16 12 2010

[Unpad.ac.id, 15/12] Mahasiswa Unpad kembali menorehkan prestasi. Kali ini prestasi diraih oleh delegasi dari Unit Renang Unpad (URU) yang berhasil meraih 3 emas dan 1 perak dalam Invitasi Olahraga Prestasi Mahasiswa Cabang Olahraga Renang se-Indonesia yang digelar Kementerian Pemuda Olah Raga (Kemenpora) dan Universitas Negeri Surabaya, 8-13 Desember lalu.

Tim Unit Renang Unpad (URU) yang berlaga pada Invitasi Olah Raga Prestasi Cabang Olah Raga Renang se-Indonesia di Unesa Surabaya (Foto: Tedi Yusup)

Delegasi Unpad tersebut adalah Amanita Muskarianny (FE 2009), Fadhl Lu’lu Zaka (FE 2009), Gema Yasa Kurnia (Fakultas Sastra 2010), Jeffry Hidayat (Fakultas Matematika & IPA 2010), Sonny Setiawan (Fakultas Ekonomi angkatan 2008), dan Rizkita Indriaty (FE 2008).  Peserta dalam kejuaraan ini masing-masing berkompetisi dalam tiga nomor perlombaan.

Ditemui di ruang Unpad News & Information Center (UNIC) Gedung 1 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/12), keenam mahasiswa ini mengaku bangga dapat membawa nama baik Unpad di kancah nasional. Kedepannya, mereka berharap bisa berprestasi dengan lebih baik lagi. “Sebetulnya lawan kita semuanya cukup berat, tapi kita tidak kalah saing dari mereka. Buktinya kita bisa meraih medali,” ujar Sonny.

Dari kejuaraan ini, tiga medali emas berhasil diraih oleh Amanita untuk nomor 50 m gaya bebas, 50 m gaya kupu-kupu, dan 100 m gaya kupu-kupu. Amanita pun berhasil meraih peringkat pertama untuk atlit renang putri di kejuaraan tersebut. Sedangkan 1 perak berhasil diraih Fadhl untuk nomor 100 m gaya dada, dan ia berhasil meraih peringkat sepuluh untuk atlit putra.

Official tim tersebut, Rizkita, mengaku mendapatkan undangan untuk mengikuti kompetisi ini hanya satu minggu sebelum pertandingan. Walaupun minimnya waktu persiapan menjadi kendala, namun bukan berarti juga minim persiapan. “Persiapan mental, dan juga latihan terus agar mereka tetap semangat,” ungkap Rizkita.

Hal berharga yang mereka dapat setelah mengikuti kejuaraan ini selain membawa nama baik Unpad di kancah nasional adalah mereka dapat menambah pengalaman, menambah pergaulan dan juga menjadikan ajang ini sebagai media penyaluan bakat dan mengasah kemampuan. “Jadi kita tidak hanya ingin bagus di kolam sendiri, tapi juga ingin membawa nama baik Unpad ke luar,” ungkap Sonny.

Peraihan empat medali ini ternyata belum membuat mereka puas, mengingat dalam kejuaraan yang diikuti sebelumnya, mereka lebih banyak memperoleh medali. Atas dasar itulah mereka ingin lebih baik lagi dan meraih lebih banyak prestasi. “Kita harus lebih giat lagi latihan supaya nanti di pertandingan berikutnya kita bisa dapat medali lebih banyak,” tutur Gema.

Bukan kali ini saja URU membawa nama baik Unpad di kancah nasional. Diantaranya, mereka pernah menorehkan prestasi di Kejuaraan Renang Antarperguruan Tinggi se-Indonesia (Kraptisi) V tahun 2009, Invitasi Renang Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia (IRAPTISI) VI 2009, dan  Kejuaraan Renang Universitas Surabaya (KRUS) II 2010.  Namun, mengikuti berbagai kejuaraan saja ternyata tidak cukup bagi mereka. Kedepannya mereka berharap dapat membuat kejuaraan cabang olah raga renang serupa,  yang diikuti perguruan tinggi lain se-Indonesia.

“Namun kita terhalang sama sarana dan SDM. Harapan kami kedepaannya URU bisa memiliki kolam renang  sendiri sehingga bisa mengundang universitas-universitas lain untuk mengikuti kejuaraan. Kami ingin menunjukkan bahwa Unpad bisa. Mudah-mudahan dapat terlaksana untuk URU generasi berikutnya,” harap Sonny.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: