Ratusan Pelajar SMAN 90 Jakarta Kunjungi Unpad

16 12 2010

[Unpad.ac.id, 15/12] Unpad dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Minat pelajar sekolah menengah atas untuk dapat masuk Unpad dari tahun ke tahun sangat tinggi. Dengan persaingan yang semakin ketat tersebut menuntut para pelajar SMA saat ini mencari informasi berkaitan dengan perguruan tinggi.

Rombongan SMAN 90 Jakarta saat mendengarkan pemaparan tentang Unpad di Ruang Serba Guna Gedung Rektorat Baru Unpad (Foto: Tedi Yusup)

Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan para pengajar dan pelajar SMAN 90 Jakarta mengunjungi Unpad. Rombongan yang terdiri dari 323 orang pelajar dan belasan guru tersebut diterima oleh Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si., di Ruang Serba Guna Rektorat Baru Unpad lantai 4 Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (15/12).

Seperti yang diungkapkan guru sekaligus Wakil Bidang Kesiswaan, Drs. Gantang Tri Purnomo, Unpad merupakan perguruan tinggi negeri yang banyak menjadi pilihan para lulusannya. Sebanyak 70%  lulusan SMAN 90 Jakarta tahun ini dapat diterima di perguruan tinggi negeri seperti Unpad.

“Diharapkan tahun depan, khususnya untuk siswa angkatan 2011/2012 prosentase lulus pada PTN dapat naik jadi 100%. Maka dari itu, kami datang ke sini bermaksud memperoleh informasi dan gambaran yang tepat tentang apa dan bagaimana Unpad dalam hal penyelenggaraan pendidikan,” ungkap Gantang.

Dalam kesempatan tersebut, Weny yang mewakili pihak Unpad menyambut baik dan memberi apresiasi kepada ratusan pelajar yang hadir. Ia kemudian memaparkan seluk beluk Unpad, mulai dari cara pendaftaran, program studi di Unpad, fasilitas, beasiswa dan berbagai kegiatan kemahasiswaan di Unpad.

Acara juga diwarnai dengan diskusi interaktif dengan para pelajar. Antusiasme terlihat ketika satu per satu pelajar bertanya hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih jelas, salah satunya adalah seputar jalur masuk Unpad.

“Untuk perlu diketahui, jalur masuk Unpad terdiri dari dua cara, yaitu jalur SNMPTN dan SMUP. Selain itu ada pula program bidik misi yang dicanangkan pemerintah, dimana Unpad tahun ini paling banyak menerima mahasiswa dari program bidik misi, tentu dengan syarat-syarat tertentu yaitu siswa berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu,” kata Weny.

Untuk informasi terkait SNMPTN, Weny menjelaskan pada para pelajar untuk terus mengikuti perkembangannya, dimana informasi SNMPTN biasanya baru akan diinformasikan pada bulan April setiap tahunnya. Sementara untuk SMUP, informasi untuk pelaksanaan SMUP tahun 2011 mendatang belum dapat disampaikan secara detil karena masih dalam proses pembahasan.

“Namun, terkait proses pendaftaran SMUP, sistem online akan tetap dipertahankan, dimana calon peserta dapat mendaftar secara online tanpa harus jauh-jauh datang. Tahapan-tahapan pendaftaran masih akan sama seperti tahun sebelumnya, bahwa calon peserta harus membeli PIN terlebih dahulu di hank yang telah ditentukan,” jelas Weny.

Dalam acara ini, diundang pula sejumlah mahasiswa Unpad yang juga merupakan Alumni SMAN 90 Jakarta. Sejumlah mahasiswa bercerita mengenai pengalaman dan kesannya kuliah di Unpad kepada para adik kelas. Hasnah misalnya, mahasiswa Fakultas Ilmu komunikasi (Fikom) Unpad ini bercerita betapa menyenangkannya dapat kuliah di Unpad. Menyebutkan nama Universitas Padjadjaran, baginya menjadi kebanggan tersendiri.

“Jadi, menurut saya sangat worth it kuliah di Unpad. Suasana belajarnya pun cukup kondusif. Bangga rasanya saya bisa masuk dan kuliah di Universitas Padjadjaran ini,” kata Hasnah yang diiringi riuhan para siswa SMAN 90 Jakarta.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: