Tambah Wawasan Perguruan Tinggi, Pelajar SMA Islam As-Shofa Pekanbaru Kunjungi Unpad

16 12 2010

[Unpad.ac.id, 16/12] Persiapan masuk perguruan tinggi memang sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari. Hal inilah yang dilakukan oleh pelajar kelas XI SMA Islam As-Shofa, Pekanbaru, Riau. Dari sekarang, mereka sudah mulai melakukan persiapan dengan mengenal lebih jauh perguruan tinggi favorit mereka. Hal ini dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi, salah satunya adalah Unpad.

Kepala Humas UPT Unpad, Weny Widyowati, memberikan informasi tentang Unpad kepada pelajar SMA Islam As-Shofa Pekanbaru Riau (Foto: Tedi Yusup)

Rombongan yang terdiri dari 57 siswa kelas XI IPA, 16 siswa kelas XI IPS, dan 18 orang guru ini diterima oleh kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si. di Ruang Serba Guna Rektorat Baru Gedung 2 Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (15/12). Kunjungan ini merupakan salah satu progam tahunan SMA Islam As-Shofa yang bertajuk “Kunjungan Wawasan Perguruan Tinggi.”

“Tujuan dari program ini adalah untuk mencari informasi seperti apa sih belajar di perguruan tinggi, untuk diketahui siswa ketika tamat SMA. Kemudian kita juga ingin menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi agar anak-anak didik kita yang lulus bisa mereka terima, sesuai dengan kompetensi yang ada,” jelas Kepala SMA Islam As-Shofa, Ernawati, S.Pd.

Ernawati pun menambahkan, bahwa program ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para siswa mengenai perguruan tinggi yang terbaik dan ternama di Indonesia. “Karena salah satu tujuan sekolah kami adalah 75 persen lulusan kami bisa diterima di perguruan tinggi ternama dan terfavorit di Indonesia,” ungkap Ernawati.

SMA Islam As-Shofa sendiri baru berdiri pada tahun 2007 dan berhasil meluluskan angkatan pertamanya pada tahun 2009. Dua alumni dari SMA ini kini telah menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpad. “Menurut saya Unpad merupakan universitas yang kompetitif dengan universitas lain, dan tidak mudah untuk masuk Unpad,” ujar Ernawati.

Para siswa dan guru SMA Islam As-Shofa ini pun tampak antusias mendengar pemaparan Weny tentang Unpad. Dalam kesempatan tersebut, Weny menjelaskan sejarah Unpad, fakultas dan program studi di Unpad, pengenalan kampus Dipati Ukur dan Jatinangor, jumlah mahasiswa, jumlah staf pengajar, fasilitas yang dimiliki, hingga prestasi yang pernah diraih oleh civitas akademika Unpad.

Berbagai pertanyaan kemudian terlontar dari para siswa. Mereka bukan hanya antusias bertanya mengenai Unpad secara umum, tapi sudah menjurus pada program studi yang mereka minati. Misalnya, pertanyaan seputar mata kuliah yang akan mereka temui, biaya kuliah, program kekhususan apa saja yang ada, dan berapa lama waktu studi.

Weny menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan santai. Suasana pun menjadi sangat interaktif. Bahkan, salah satu pelajar memuji Weny karena kepintarannya membangun suasana dan berinteraksi dengan para siswa. “Saya tertarik dengan cara berkomunikasi ibu dan berinteraksi dengan kami. Apakah Ibu alumni Unpad juga? Saya menjadi tertarik untuk masuk Humas Unpad,” sahutnya.

Kunjungan selama dua jam pun menjadi tidak terasa karena banyaknya pelajar yang saling menunjukkan rasa ingin tahunya. Namun karena keterbatasan waktu, Weny menganjurkan para pelajar untuk rajin membuka website resmi Unpad untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai Unpad.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: