University Sciences Po Prancis Tawarkan Kerja Sama ke Unpad

16 12 2010

[Unpad.ac.id, 15/12] University Sciences Po sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Prancis dalam bidang sosial dan humaniora menawarkan kerjasama dengan Unpad untuk mengambil program Sarjana (S1), Master (S2), dan Doktor (S3) di universitas tersebut. Selain menawarkan program tersebut, University Sciences Po juga menawarkan banyak peluang kerjasama dengan civitas academica Unpad dalam hal pertukaran pelajar dan juga kerjasama penelitian.

Zhong Thierry Liu (Foto: Tedi Yusup)

“Mahasiswa di Sciences Po ini sekarang berjumlah lebih dari 10.000, dan 40% adalah siswa internasional. Maka kami mengajak Unpad untuk bergabung, dan bekerjasama dengan kami,” tutur International Affairs Manager, Centre of Asia and the Pasific, Sciences Po France, Zhong Thierry Liu, saat memaparkan ceramah dan diskusi Ruang Executive Lounge, Gedung 2 Lt. 2 Rektorat Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (15/12).

Dalam pemaparannya, Thierry memaparkan mengenai gambaran umum University Sciences Po. Dia mengatakan bahwa Sciences Po yang berdiri pada 1871 menekankan pendidikan di bidang sosial dan humaniora yang menggunakan pendekatan multidisiplin teoritis maupun praktis sehingga kesempatan melakukan kerjasama penelitian sangat terbuka sekali.

“Kami mempunyai perpustakaan dengan koleksi referensi sosial terbesar di Eropa bahkan di dunia. Untuk melakukan join penelitian sangat terbuka, 40% keseluruhan anggaran didedikasikan kepada penelitian. Karena kami mempunyai prinsip mengutamakan konsep, pendidikan, dan penelitian,” papar Thierry.

Thierry juga mengatakan bahwa dalam melakukan proses belajar mengajar, Sciences Po membentuk siswanya dengan cara melakukan pendekatan intelektual mendasar dan secara multidisciplinary. “Kami mendorong siswa kami untuk mempunyai sikap refleksi dan tanggung jawab serta keberanian intelektual dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tingkat internasional,” katanya.

Di dunia internasional, Thierry menjelaskan bahwa Sciences Po mempunyai jaringan yang luas dengan berbagai universitas ternama di dunia. “Kita mempunyai 400 partner universitas di 61 negara, seperti Harvard, Princeton, Peking University, Oxford dan lain-lain. Dan yang paling menarik menurut saya adalah letak kampus kami yang berada di jantung utama kota Paris,” ungkapnya.

Direktur Kejasama Unpad, Ramdan Panigoro, dr., PhD., mengakui bahwa Sciences Po Perancis merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Eropa. Oleh karena itu kerjasama yang ada ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh civitas academica Unpad.

Sciences Po ini merupakan sebuah lembaga tinggi yang sangat bergengsi di Perancis dan juga Eropa. Terutama dalam menghasilkan tenaga-tenaga serta lulusan yang sangat berkualitas dalam bidang social science. Banyak sekali presiden, dan juga menteri, serta para pejabat penting memang lulusan Sciences Po, salah satunya adalah mantan Presiden Prancis, Jacques René Chirac,” ungkap Ramdan.

Ramdan berharap kesempatan kerjasama ini dapat membantu Unpad meningkatkan pendidikan yang multidisiplin, serta memperluas jaringan internasional yang bermutu dan kuat. “Kita Unpad akan kerjasama dengan mereka (Sciences Po), kita mungkin bisa mulai dengan pertukaran pelajar maupun pertukaran staf pengajar. Selain itu dalam penelitian, kita mungkin bisa ikut dengan mereka dan belajar banyak dari mereka” harap Ramdan.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: