FE, FISIP, FH, dan Fasa Perebutkan Gelar Juara Debat Bahasa Inggris MTQ Unpad 2010

19 12 2010

[Unpad.ac.id, 18/07] Dari 11 cabang lomba yang dipertandingkan dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Unpad, salah satu yang menarik untuk disimak adalah lomba debat Bahasa Inggris Kandungan Al Quran. Dalam babak final debat ini, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Sastra (Fasa) bertanding memperebutkan gelar juara.

Rendi Prahara dari FE (berdiri) sedang memaparkan materi debatnya dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Kandungan Al Quran MTQ Unpad 2010. (Foto: Hera Khaerani)

Dalam lomba yang berlangsung pada Sabtu (18/12) di Ruang Perkuliahan Pascasarjana L. 201 Gedung 4 Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur No.35 Bandung, semua peserta sebelumnya telah melalui babak penyisihan yang memperhitungkan tak hanya skor individual, melainkan juga skor tim.

Terdapat lima topik yang diangkat dalam babak penyisihan tersebut, yakni terkait pertanggungjawaban negara maju pada pemanasan global, hak-hak perempuan dibandingkan dengan laki-laki, euthanasia pasif, fertilisasi in vitro, dan aborsi. Uniknya, karena debat ini dilaksanakan dalam rangka MTQ, maka setiap peserta sekalipun berbicara dengan bahasa Inggris, diharuskan mendasari argumentasi mereka berdasarkan interpretasi atas Al-Quran dan Hadits.

Sementara itu, pada lomba tersebut, perolehan poin tertinggi dari babak penyisihan adalah 947. Jumlah tersebut diperoleh tim FE yang diwakili oleh Harris Subhan Riparev dan Dimas Aditya Hanandito. Selanjutnya, FISIP yang diwakili Mayang Puspita dan Westra Tanribali memeroleh 917 poin, disusul oleh 886 poin yang dikumpulkan Rendi Prahara dan Rakhmat Wirawan dari FH, dan terakhir Rizzal Muttaqin dan Winnie Amalia dari Fasa dengan perolehan 857 poin. Di babak final, keempat tim itu memperdebatkan mosi tentang organ transplantasi.

Duduk di deretan dewan juri dalam lomba ini adalah Dr. Hj. Lia Maulia Indrayani, M.Hum., Erlina, dra.,M.Hum., dan Rosaria Mita Amalia, M.Hum. Ketiganya merupakan tenaga pengajar dari Jurusan Sastra Inggris Fasa Unpad.

Ketua Dewan Hakim MTQ Mahasiswa Unpad, Dr. H. Fahmy Lukman, M.Hum., mengapresiasi keberadaan mahasiswa yang ternyata punya perhatian terhadap Alquran dan nilai-nilai Islam, serta sebagian mencoba memahaminya. Lalu aspek lainnya yang membuat Fahmy cukup terkejut adalah dengan cara keempat tim finalis mengungkapkan argumentasi.

“Mereka tidak menunjukkan emosi yang berlebihan dan dengan etika dan kesantunan diskusi yang baik. Saya kira ini beda dengan debat-debat politik yang seringkali kita lihat,” ungkapnya.

Fahmy yang ditemui usai pertandingan juga menjelaskan bahwa adanya dua cabang lomba debat dalam bahasa Inggris dan Arab dalam MTQ ini bisa turut mendukung upaya internasionalisasi perguruan tinggi. Tentu saja, diperlukan perhatian yang serius untuk mengembangkan hal itu.

Lomba MTQ di tingkat Unpad ini sebenarnya juga merupakan sebuah tahapan seleksi untuk memilih delegasi Unpad di MTQ Mahasiswa Nasional yang akan dilangsungkan sekitar Juli 2011 mendatang di Makassar. Terkait hal ini, Fahmy menyebutkan bahwa nantinya yang terbaiklah yang akan dikumpulkan dalam pusat pelatihan untuk persiapan ke sana.

Sebagai catatan, pada MTQ MN 2009 di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe pada 2009 lalu, Unpad berhasil membawa pulang piala juara 1 dan piala pembicara terbaik untuk lomba debat bahasa Inggris. Terkait tentang hal ini Fahmy pun menyampaikan optimismenya dengan senyum mengembang, “Sepertinya nanti di tingkat nasional kita juara lagi untuk juara 1 dan pembicara terbaik.”

Adapun tentang siapa yang menjadi pemenang dan pembicara terbaik di dalam lomba tingkat universitas ini, hingga kini masih dirahasiakan. Sebagaimana cabang lomba lainnya di MTQ, para pemenang akan diumumkan melalui fakultas masing-masing.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: