Mahasiswa Internasional Unpad Berpartisipasi dalam International Youth Camp di Banten

23 12 2010

[Unpad.ac.id, 15/11] Sebanyak 5 mahasiswa internasional yang kuliah di Unpad menjadi delegasi dalam “International Youth Camp” yang diselenggarakan di Anyer, Banten, 6-10 November 2010 lalu. Acara yang terselenggara atas kerjasama Kementerian Pemuda dan Olah Raga dengan Pemerintah Provinsi Banten ini diikuti oleh 80 peserta dari beberapa negara anggota ASEAN.

Para peserta International Yout Camp, termasuk 5 diantaranya mahasiswa internasional yang kuliah di Unpad *

Kelima mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Unpad yang tergabung dalam Unpad International Student Association (UISA). Mereka adalah Jalloud Abdul (Filipina, mahasiswa S-2 FISIP Unpad), Bunly Soeung (Kamboja, mahasiswa S-2 FISIP Unpad), Saripoden T. Moctar (Filipina, Darmasiswa), Peter Pomarkas Ponaloh Pokanis (Papua Nugini, mahasiswa S-2 FISIP Unpad), dan M.D. Anisuzzaman (Bangladesh, mahasiswa S-2 FTG Unpad).

Seperti yang dikutip dalam situs resmi Kemenpora, dalam acara yang bertema “The Role of Youth Entrepreneurs on Marine Community Development” ini, para peserta mengikuti seminar kewirausahaan yang menghadirkan beberapa narasumber dari Asosiasi Wirausahawan Muda Indonesia.

Dalam seminar tersebut, para peserta dibekali pengetahuan tentang bagaimana pentingnya sebuah kreasi dan inovasi dalam membangun kemandirian dan kewirausahaan. Para peserta pun diberi kesempatan untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman tentang potensi kewirausahaan yang ada di negaranya masing-masing.

“Sangat luar biasa dimana seorang delegasi merepresentasikan dua instansi, yaitu universitas (Unpad) dan negara kami. Saya dan delegasi yang lain merasa sangat bangga atas hal itu,” tutur Ketua Delegasi Unpad, Jalloud Abdul, saat ditemui di ruang Unpad News and Information Center (UNIC) kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (15/11).

Selain seminar, acara juga diisi oleh kegiatan outbond yang bertujuan untuk menumbuhkan team building diantara para peserta sekaligus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menyikapi dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Menurut Jalloud, kegiatan outbond merupakan kegiatan puncak dari rangkaian acara ini. Mental dan fisik peserta benar-benar diuji. Pada kegiatan ini, peserta dibagi dalam tiga kelompok. Mayoritas delegasi Unpad berada pada kelompok satu, kecuali Peter Pomarkas Ponaloh Pokanis yang masuk tergabung dalam kelompok 2.

“Pada closing ceremony acara ini, kelompok 1, dimana mayoritas delegasi Unpad tergabung, mendapatkan penghargaan khusus karena kami menang dalam setiap perlombaan,” jelas Jalloud.

Jalloud pun mengungkapkan bahwa acara ini telah mempererat tali persahabatan antar peserta. Hal ini sangat dibutuhkan untuk masa depan dunia yang lebih baik.” Saya sangat berterima kasih kepada Unpad dan Kemenpora karena telah memberikan kami kesempatan ini.”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: