SMAN 1 Padang Panjang Kunjungi Unpad

10 01 2011

SMAN 1 Padang Panjang[Unpad.ac.id, 25/03] Untuk kesekian kalinya, Unpad menerima kunjungan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki minat untuk mengetahui lebih dalam tentang Unpad. Kali ini, Unpad menerima kunjungan dari salah satu SMA favorit di Sumatra Barat, yakni SMAN 1 Padang Panjang.

Para pelajar SMAN 1 Padang Panjang mencermati penjelasan dari Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widowati (Foto: Tedi Yusup)

Sekira 43 pelajar kelas XI beserta 3 orang guru pendamping diterima oleh Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si., di Ruang Sidang Pleno Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (25/03). Sebagai pembina, Hendrison, S.Pd. menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesediaan Unpad menerima dengan terbuka kedatangan mereka.

Menurut Hendrison, kedatangan SMAN 1 Padang Panjang ke Unpad untuk membangun harapan para pelajar agar memiliki cita-cita besar dan menjadi orang besar. “Menurut kami, Unpad merupakan salah satu markas untuk menciptakan orang besar,” tuturnya. Hendrison sendiri menginginkan para anak didiknya masuk ke perguruan tinggi favorit di Indonesia, salah satunya Unpad.

“Selain itu, kami juga mohon diberi penjelasan sedetail-detailnya terkait dengan proses penerimaanan mahasiswa Unpad, baik dari sistemnya, bentuk penerimaannya, dan beasiswa-beasiswa yang tersedia agar siswa dari daerah tidak pesimis untuk kuliah disini karena tidak memiliki dana,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Weny Widyowati memberikan penjelasan singkat namun cukup jelas tentang berbagai fakultas yang berada di Unpad. Mengingat pelajar yang datang berasal dari jurusan IPA, Weny pun lebih banyak menjelaskan tentang fakultas-fakultas yang berkaitan dengan ilmu eksakta ini.

Selain itu, Weny menjelaskan tentang jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan Unpad. “Saat ini kami memiliki dua jalur, yaitu SNMPTN dan SMUP,” ujar Weny. Untuk lebih jelasnya, Weny menghimbau agar para siswa membuka website resmi Unpad. Hal ini juga dikarenakan sistim pendaftaran SMUP kali ini menggunakan sistem online.

Untuk jalur SNMPTN, Unpad memberikan jatah 55% dari total mahasiswa baru yang diterima dan 45% dari jalur SMUP. Hal ini menggambarkan bahwa kesempatan para siswa untuk masuk Unpad ternyata lebih besar dari jalur nasional. Oleh karena itulah, para pelajar jangan terlalu pesimis dikarenakan persaingan yang ketat dan biaya SMUP yang tidak sedikit.

Unpad pun memberikan kesempatan besar dalam mendapatkan beasiswa, terutama untuk mahasiswa yang sudah resmi terdaftar sebagai mahasiswa Unpad. “Beasiswa tersebut datang dari beberapa sumber, antara lain dari Unpad, Dikti, dan swasta,” jelas Weny.

Acara pun diselingi tanya jawab dari para pelajar dan guru pendamping. Bahkan Hendrison sebagai wakil dari SMAN 1 Padang Panjang mengajak Unpad untuk bekerja sama dalam pelaksanaan SMUP mendatang. “Kami dapat menyediakan tempat di sekolah kami untuk penyelenggaraan tes SMUP, mengingat sekolah kami cukup besar dan fasilitas pun cukup lengkap,” tutur Hendrison.

Setelah acara tersebut, siswa-siswi beserta para guru menunjungi Pameran Prarancangan Rektorat Unpad yang diselenggarakan di Executive Lounge, Gedung Baru Rektorat Unpad didampingi oleh Weny dan staf humas Unpad.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: