SMAN 2 Kediri Kunjungi FE Unpad

10 01 2011

[Unpad.ac.id, 20/04] Fakultas Ekonomi (FE) Unpad merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya kunjungan ke FE Unpad dari berbagai SMA yang ingin mengetahui lebih dalam tentang FE Unpad. Salah satunya adalah SMAN 2 Kediri yang mengunjungi fakultas ini pada Selasa (20/04).

Rombongan yang terdiri dari 26 pelajar kelas XI jurusan IPS dan satu guru pembina ini diterima oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FE Unpad, Dr. H. Sulaeman Rachman Nidar, SE.MBA. di Ruang Multimedia FE Universitas Padjadjaran, Jln Dipati Ukur no 35 Bandung.

Guru pembina, Mujiono, menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai pelaksanaan program “Sekal”, yaitu Studi Kenal Alam dan Lingkungan yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelajar SMAN 2 Kediri agar tahu dan terbuka tentang dunia di luar sekolah, terutama dalam bidang pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan berkunjung ke fakultas-fakultas yang difavoritkan oleh para pelajar.

“Pada kunjungan ini kami ingin mengetahui proses penerimaan mahasiswa yang dilakukan oleh Unpad serta biayanya, beasiswa yang dapat diperoleh ketika sudah diterima sebagai mahasiswa Unpad, dan prospek kerja dari Fakultas Ekonomi Unpad ini,” jelas Mujiono.

Dr. Sulaeman menjelaskan bahwa Unpad memiliki dua jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni SMUP dan SNMPTN. Fakultas Ekonomi sendiri menerima mahasiswa dari jalur SNMPTN sebanyak 60%, dan 40% dari SMUP. Kemudian, Dr. Sulaeman mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan perlakuan antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SMUP dan SNMPTN.

“Perbedaannya hanya ketika awal masuk. Mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN berkewajiban membayar dana pengembangan sebesar dua juta rupiah, sedangkan mahasiswa yang masuk melalui jalur SMUP harus membayar dana pengembangan sebesar empat puluh lima juta rupiah,” jelas Dr. Sulaeman.

Selanjutnya Dr. Sulaeman menjelaskan bahwa dana pengembangkan melalui jalur SMUP lebih besar daripada jalur SNMPTN karena dana ini digunakan sebagai subsidi dalam pelaksanaan pendidikan. “Bukan FE mau mencari uang, tapi ingin mengetuk mahasiswa yang orang tuanya mampu dan pelajar berprestasi bagus untuk memberi sumbangan kepada mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN,” ungkapnya.

Mengenai beasiswa untuk masuk Unpad, Dr. Sulaeman menghimbau para pelajar yang tidak mampu secara ekonomi untuk mengikuti beasiswa dari Dikti, yakni Bidik Misi. Melalui beasiswa ini, mahasiswa akan mendapatkan bantuan dana dari sejak masuk kuliah hingga selesai.

Pada kesempatan tersebut, Staf Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan & Hubungan Alumni, Wawan Hermawan, SE.MT. menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa, jangan hanya mengandalkan hardskill, tetapi juga softskill yang dapat diaplikasikan di dunia pekerjaan.

Oleh karena itulah FE Unpad memfasilitasi hal tersebut dengan adanya Career Development Centre (CDC), dimana mahasiswa FE Unpad dapat mempelajari softskill yang dapat diaplikasikan di dunia pekerjaan. Selain itu, CDC pun sering melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan dalam rekruitmen pegawai, sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam memperoleh pekerjaan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: