PPBS Jadi Unit Ketiga Peraih Sertifikat ISO 9001:2008 di Unpad

11 01 2011

[Unpad.ac.id, 10/01/2011] Setelah sebelumnya Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (FTIP) dan Center of Information Scientific Resources and Library (Cisral) Unpad berhasil memeroleh sertifikat ISO 9001:2008, kini giliran Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) yang mengikuti jejak mereka.

Sertifikat ISO 9001:2008 untuk PPBS Unpad *

Sertifikat ISO 9001:2008 untuk PPBS itu diperoleh dari PT Benchmark Indonesia, lembaga internasional pemberi sertifikat yang merupakan kantor cabang dari Benchmark yang berkantor pusat di Australia. Termasuk dalam sertifikasi tersebut adalah pelayanan pendidikan dan fasilitas belajar mengajar basic science.

PPBS sendiri pertama kali didirikan pada tahun 2001 lalu dengan nama Pusat Terpadu Basic Science (PTBS), sebagai pusat perkuliahan ilmu-ilmu alam seperti Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Dua tahun silam, Prof. Dr. Wawang Suratno, MS., dilantik sebagai ketua PPBS.

Diwawancarai via telepon, Prof. Wawang mengaku salah satu motivasi bagi timnya untuk memeroleh sertifikasi ISO 9001:2008 adalah amanah yang dipercayakan rektor pada mereka. Selain itu, Prof. Wawang juga menilai bahwa manajemen di PPBS sudah cukup rapi. “Dengan kata lain, kalau ditingkatkan manajemennya hingga berstandar internasional itu tidak terlalu susah,” sebutnya.

Pencapaian sertifikat berstandar internasional itu tentu saja merupakan hasil jerih payah semua pihak di PPBS. Ia pun mengatakan, “Alhamdulillah tim kami kompak. Didasari kebersamaan dan kebaikan semuanya itu, saya hargai teman-teman di PPBS baik staf pengajar maupun karyawan yang telah menunjukkan kekompakan.”

Berkat kerja sama semua pihak, semua temuan internal dan eksternal audit dalam proses untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 diperbaiki sesuai standar. Sertifikat itu sendiri berlaku terhitung 3 Desember 2010 hingga 3 Desember 2013 mendatang.

Dalam perkembangannya nanti, akan ada eksternal audit dalam jangka waktu 6 bulan sejak sertifikat itu berlaku dan begitu seterusnya 6 bulan sekali, hingga tiga tahun mendatang. Selanjutnya pada 2013 di saat masa berlakunya habis, perlu dilakukan pengajuan perpanjangan sertifikat.

Meski senang dengan pencapaian PPBS saat ini, Prof. Wawang mengaku bahwa upaya peningkatan pelayanan unit tersebut tidak akan berhenti pada ISO 9001:2008 saja. “Dalam anggaran 2011 kami berencana mencapai ISO ISO/IEC 17025, untuk sertifikasi laboratorium,” katanya.

Terkait baru sedikitnya fakultas dan unit-unit kerja di lingkungan Unpad yang memeroleh sertifikasi ISO, Prof. Wawang pun mengatakan, “Saya berharap agar fakultas atau unit-unit lain di Unpad juga turut berupaya mencapai standar ISO itu karena sejalan dengan visi kita untuk unggul dalam penyelenggaraan pendidikan kelas dunia.”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: