Rektor Unpad, “Tidak Ada Tes SMUP Jenjang S-1, Kelulusan SMUP Akan Gunakan Data SNMPTN”

17 01 2011

[Unpad.ac.id, 17/01/2011] Dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2011/2012, Unpad akan menerima 7229 mahasiswa baru. Sebanyak 4640 (64,1%) mahasiswa akan diterima melalui jalur SNMPTN, dan 2589 (35,9%) mahasiswa dari jalur SMUP. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 66 tahun 2010, dimana  Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  diharuskan menerima sekurangnya 60% mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

Rektor dan Pembantu Rektor I Unpad saat berbicara di Jumpa Pers “Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Tahun 2011” (Foto: Tedi Yusup)*

Hal tersebut disampaikan Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia saat Jumpa Pers Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Tahun 2011 yang digelar di Wisma Unpad, Jl. Cimandiri No. 14, Bandung, Senin (17/01).  Lebih lanjut Prof. Ganjar menyampaikan bahwa tahun ini tidak akan ada tes  SMUP secara khusus untuk jenjang S-1.  Peserta SMUP hanya akan dinilai melalui ujian SNMPTN, yaitu peserta SNMPTN yang tidak lulus ujian namun tetap memenuhi standar yang dibutuhkan Unpad.

“Kelulusan SMUP akan menggunakan data SNMPTN, dengan demikian tidak ada lagi tes SMUP untuk jenjang S-1 karena datanya adalah data dari SNMPTN. Oleh karena itu konsekuensinya, pendaftar SMUP harus menjadi peserta SNMPTN,” jelas Prof. Ganjar.

Meski demikian, SMUP masih akan dilaksanakan untuk penerimaan mahasiswa di luar jenjang S-1 reguler, seperti untuk jenjang Diploma III dan IV, jenjang S-1 dengan 110 SKS, dan seleksi mahasiswa pascasarjana.

Prof. Ganjar menyebutkan hal ini akan lebih meringankan dan mempermudah calon mahasiswa. Dari segi biaya, pendaftaran SMUP tahun ini lebih murah dari tahun lalu. Tahun ini, peserta hanya dibebani biaya Rp. 300.000,- dengan rincian Rp. 150.000 untuk biaya PIN SNMPTN, dan Rp. 150.000- untuk SMUP. Padahal tahun lalu, biaya pembelian PIN SMUP saja sebesar Rp 350.000,- Selain biaya yang lebih murah, peserta yang berasal dari lokasi yang jauh pun masih dapat mengikuti SMUP tanpa jauh-jauh datang ke Unpad untuk mengikuti tes.

“Jadi kalau tidak diterima SNMPTN masih ada peluang untuk dapat diterima melalui SMUP,” ujar Prof. Ganjar. Adapun program studi yang dipilih peserta pada saat SNMPTN dapat berbeda dengan pilihan program studi untuk SMUP.

Jalur penerimaan mahaiswa baru melalui SMUP ini ditujukan kepada mereka yang memiliki prestasi  akademik dan kemampuan ekonomi baik. “Jadi SMUP ini diarahkan untuk mereka yang berprestasi, tapi mereka juga mampu membayar. Asasnya yang kita bangun adalah asas keadilan,” ujar Prof. Ganjar.

Kemudian untuk penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN, akan ada dua jalur seleksi, yaitu ujian tulis dan undangan. Ujian tulis SNMPTN akan diadakan pada 2-24 Mei 2011, dan pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan ujian tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan SNMPTN jalur undangan merupakan penjaringan berdasarkan prestasi, dimana peserta tidak harus melakukan ujian tulis dan keterampilan.

Peserta jalur undangan adalah siswa SMA atau sederajat yang sedang duduk di kelas XII, memiliki prestasi akademik yang serendah-rendahnya berperingkat  25% terbaik di kelasnya secara konsisten serta memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.  Siswa pelamar yang sudah didaftarkan oleh sekolah, diharuskan membayar uang ke Bank dengan menunjukkan Nomor Induk Siswa (NIS) untuk memperoleh  PIN guna melakukan pendaftaran secara online. Siswa  dapat memilih sebanyak-banyaknya  2  PTN yang diminati, dan dapat memilih Program Studi yang diminati di masing-masing PTN yang dipilih sebanyak-banyaknya tiga pilihan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ganjar menghimbau kepada orang tua calon mahasiswa yang diterima melalui jalur  SNMPTN, baik melalui jalur undangan maupun jalur ujian tulis, dan memiliki kemampuan ekonomi lebih, diharapkan dapat memberikan tambahan biaya pendidikan selain  biaya pendidikan yang telah ditentukan. Kelebihan dana ini akan digunakan untuk membantu calon mahasiswa baru yang tidak mampu

Untuk informasi lebih lanjut mengenai proses penerimaan penerimaan mahasiswa baru ini, calon peserta dapat mengakses http://snmptn.ac.id (untuk informasi mengenai SNMPTN) dan http://smup.unpad.ac.id (untuk informasi mengenai SMUP).  Selain itu, mulai tanggal 1 Februari yang akan datang, panitai SNMPTN akan membuka layanan call center di nomor 0804-1-450-450.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: