Perbedaan SNMPTN Jalur Undangan dan SNMPTN Biasa (Ujian Tulis)

23 01 2011

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 akan diikuti oleh 60 Perguruan Tinggi Pemerintah di Indonesia. Namun tidak seperti tahun lalu yang hanya memiliki jalur ujian tulis, tahun ini terdapat jalur baru, yaitu SNMPTN jalur undangan. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2011, Prof. Asep Gana Suganda saat jumpa pers sosialisasi SNMPTN 2011 yang digelar di Ruang Executive Lounge, Gedung 2 Kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (21/01).

Selain Prof. Asep, acara ini juga dihadiri oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad, Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti, Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. H. Furqon, MA., PhD, dan Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Prof. H. Furqon, Ma., PhD. Dalam kesempatan ini, diungkapkan kuota masing-masing perguruan tinggi negeri di Bandung melalui jalur SNMPTN.  Tahun ini, Unpad menerima 4.640 mahasiswa, ITB menerima 3.553, UPI menerima 4.211, dan UIN SGD menerima  470 mahasiswa.

Sebagai sesuatu hal yang baru, Prof. Asep menjelaskan secara gamblang mengenai persyaratan dan mekanisme pendaftaran SNMPTN jalur undangan. Ia mengungkapkan bahwa peserta SNMPTN jalur ini adalah sekolah yang terdaftar pada sistem database SNMPTN 2010 dengan akreditasi A atau B.

“Peserta adalah murid SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang duduk di kelas XII dan memiliki prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 25% di kelasnya secara konsisten. Murid juga harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah masing-masing,” jelas Prof. Asep.

Asep pun menegaskan bahwa Kepala Sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN Jalur Undangan yang termuat dalam halaman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id. Pada alamat tersebut pula, Kepala Sekolah harus mendaftarkan profil sekolahnya untuk mendapatkan user name dan password serta memasukan data kelas XII beserta paralelnya dengan jumlah siswa yang ada pada masing-masing kelas.

Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan password, siswa yang direkomendasikan diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000,- melalui bank Mandiri (Mandiri Cabang, ATM, atau internet banking) dengan menggunakan nomor pendaftaran dan password tersebut. Setelah mendapatkan Personal Identification Number (PIN), siswa pelamar dapat mendaftar online di alamat http://undangan .snmptn.ac.id.

“Ketika mendaftar, siswa dapat memilih 2 perguruan tinggi, dan dari masing-masing perguruan tinggi boleh memeilih 3 program studi. Jadi pada dasarnya yang bersangkutan boleh memilih   program studi,” jelas Prof. Asep.

Pendaftaran SNMPTN jalur undangan ini dapat dilakukan pada 1 Februari hingga 12 Maret 2011 mendatang. Hasil kelulusan SNMPTN jalur ini akan diumumkan pada 18 Mei 2011. Peserta yang lulus, kemudian melakukan registrasi pada 31 Mei hingga 1 Juni 2011, bertepatan dengan pelaksanaan ujian  SNMPTN jalur ujian tulis.

Disamping itu, pelaksanaan SNMPTN jalur ujian tulis tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN tahun lalu. Pendaftaran tetap dilakukan secara online dengan terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di bank Mandiri sebesar Rp. 150.000,- (IPA dan IPS) atau Rp. 175.000,- (IPC). Setelah mendapatkan PIN, peserta dapat langsung mendaftar pada alamat http://snmptn.ac.id.

Peserta SNMPTN adalah lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2009, 2010, dan 2011. Untuk calon peserta lulusan tahun 2009 dan 2010, pendaftaran dilakukan mulai tanggal 2 Mei 2011, sedangkan lulusan tahun 2011 dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 17 Mei 2011 hingga 24 Mei 2011 pukul 16.00 WIB. Untuk mengetahui mengenai tata cara pendaftaran selengkapnya, calon peserta dapat mengunduh tutorial tata cara pendaftaran di alamat http://snmptn.ac.id mulai 25 januari 2011 mendatang.[Unpad.ac.id, 21/01/2011]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: