Ratusan Murid SMAN 1 Cibinong Kunjungi Unpad

2 02 2011

[Unpad.ac.id, 2/02/2011]Kegiatan belajar memang tidak harus dilakukan di dalam kelas saja. Hal inilah yang dilakukan oleh ratusan murid SMAN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor  yang hari ini berkunjung ke Unpad. Melalui program “Pembelajaran di Luar Kelas” yang diikuti oleh para murid kelas XI, mereka terus belajar dan menggali informasi lebih banyak di luar kelas, salah satunya dengan melakukan kunjungan ke Unpad.

Tim Humas Unpad memaparkan informasi terkait Unpad kepada para murid SMAN 1 Cibinong, Kab. Bogor (Foto: Tedi Yusup)*

Rombongan ini terdiri dari 340 siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS dan 18 guru serta  Kepala Sekolah SMAN 1 Cibinong. Mereka diterima oleh Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si.di Ruang Serba Guna Gedung 2 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (2/02).

“Tujuan dari kegiatan Pembelajaran di Luar Kelas adalah agar para murid dapat mempraktikan ilmu yang didapat dari sekolah sekaligus studi kampus. Jadi supaya mereka juga lebih tahu banyak,” jelas Humas SMAN 1 Cibinong,  Siti Warhamni.  Selain berkunjung ke Unpad, rombongan ini juga melakukan kunjungan ke beberapa museum di Bandung.

Siti mengungkapkan bahwa ini adalah kunjungan pertama SMAN 1 Cibinong ke kampus Unpad. Kunjungan ini pun dilakukan atas masukan dari sebagian besar murid, karena mereka membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Unpad. “Terutama murid IPS, karena di Unpad juga ada beberapa program studi untuk jurusan IPS, tidak semuanya IPA,” jelas Siti.

Pada kesempatan tersebut, Dra. Wati Sukmawati dan Vegas dan Vegas Ardiansyah mempresentasikan selayang pandang tentang Unpad, seperti sejarah Unpad, jumlah mahasiswa, jumlah tenaga pendidik dan kependidikan, fasilitas yang dimiliki, dan prestasi-prestasi yang pernah diraih. Tidak ketinggalan, tim Humas Unpad memperkenalkan Hymne Unpad di hadapan para siswa dan guru, yang kemudian  disambut tepuk tangan meriah.

Weny kemudian menjelaskan tentang proses penerimaan mahasiswa baru di Unpad. Tahun ini, Unpad masih membuka dua jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Namun ada beberapa hal berbeda yang dijumpai pada tahun ini.

“Ada sesuatu yang baru dalam jalur SNMPTN, yaitu jalur undangan. Pemerintah menetapkan minimal 10% mahasiswa baru diterima melalui jalur undangan,” jelas Weny. Ia kemudian menjelaskan bahwa SNMPTN jalur undangan ini berdasarkan penjaringan prestasi, tanpa ujian tertulis atau keterampilan, dan ditujukan kepada pelajar SMA atau sederajat.

Kemudian untuk jalur SMUP, Weny menjelaskan bahwa tidak ada ujian tertulis untuk peserta SMUP jenjang S-1. Kelulusan akan SMUP akan gunakan data SNMPTN. “Jadi ujian tulis hanya sekali ketika SNMPTN. Otomatis peserta SMUP harus menjadi peserta SNMPTN juga,” jelas Weny.

Siti berharap dengan adanya kunjungan ini, hubungan silaturahmi antara Unpad dan SMAN 1 Cibinong dapat terjalin dengan baik.  “Tapi yang jelas murid kami kurang puas, dalam artian kenapa hanya sebentar. Inginnya sih lama dan kami juga ingin tahu lebih banyak. Namun insyaallah kami akan mencari tahu lebih banyak lagi mengenai Unpad melalui website.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: