Alhamdulillah Bisa Kuliah di FK Unpad, Gratis Lagi!

3 03 2011

[Unpad.ac.id, 1/03/2011] “Hoyong ngangkat kulawarga” (ingin mengangkat keluarga) itulah yang selalu diingat oleh Anis dari anaknya, Suwanda Wahyudin, ketika mengutarakan keinginannya kuliah di Fakultas Kedokteran Unpad. Suwanda adalah salah seorang penerima dana program Bidik Misi Tahun Akademik 2010/2011 dari Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Mendiknas dan Rektor Unpad ketika mengunjungi Suwanda dan orangtuanya di Kec. Parongpong, Kab. Lembang (Foto: Tedi Yusup)*

Suwanda adalah putra sulung dari pasangan Anis dan Darpan. Sehari-hari Darpan adalah seorang buruh tani di daerah Subang, sementara ibunya adalah ibu rumah tangga. Suwanda yang lahir di Bandung, 25 April 1992 ini adalah putra sulung dari dua bersaudara. Adiknya, Siti Nursadiyah, masih berusia tujuh tahun.

Menurut Darpan, Suwanda sejak kecil memang terbilang anak yang rajin belajar,jarang bermain. Ia juga memiliki keinginan sekolah yang tinggi sekali. Walaupun secara ekonomi, ayahnya tidak mampu menyekolahkannya di bangku kuliah, Suwanda bertekad untuk kuliah melalui jalur beasiswa. Suwanda mengenyam pendidikan di SD Tugu Lembang, SMPN 3 Lembang dan SMAN 1 Lembang. Sejak SD peringkatnya selalu baik, bahkan saat kelas 1 hingga kelas 3 SMA, dia selalu berhasil menjadi juara umum.

Menurut ibunya, waktu Suwanda masih kecil bila ditanya apa cita-citanya, ia pasti menjawab berbeda-beda, kadang-kadang polisi, guru, dan lain sebagainya. Barulah ketika SMA dia memantapkan cita-citanya menjadi seorang dokter. “Saya ingin menolong orang, karena itu saya ingin menjadi dokter,” ujar Suwanda yang bercita-cita ingin menjadi dokter bedah atau dokter ortopedi.

Untuk mengejar cita-citanya tersebut, Suwanda berusaha giat belajar. Ia berusaha mencari informasi beasiswa. Beruntunglah, informasi program Bidik Misi sudah sampai ke sekolahnya. Dengan berbekal informasi dari sekolah dan dari internet, ia coba telusuri informasi Bidik Misi tersebut hingga ke kampus impiannya, Unpad.

“Saya memilih Unpad karena memiliki Fakultas Kedokteran, dan jaraknya juga paling dekat dari sini,” ungkap pria yang gemar menyanyikan lagu-lagu nasyid ini.

Tekad bulat, usaha yang giat tentu harus dilengkapi dengan doa yang kuat. Disinilah doanya, doa orang tua terutama doa ibunya yang turut mengantarkannya mencapai cita-citanya tersebut. “Ibu mah mung tiasa mangdoakeun. Hoyongna mah dugi ka sukses, sing diijabah ku Allah (Ibu hanya bisa mendoakan, Inginnya sampai sukses, semoga dikabulkan Allah),” ujar ibunda Suwanda, Anis.

Ia pun tidak pernah membayangkan bila anak sulungnya tersebut berhasil melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi yang sesuai dengan cita-citanya, bahkan dengan gratis. “Teu kabayang pun anak tiasa kuliah di kedokteran Unpad, jaba gratis (Tidak pernah terbayangkan anak saya bisa kuliah di kedokteran Unpad, dan juga gratis). Alhamdulillah ya Allah,” ujar Anis sambil terharu.

Keharuan itu pun semakin pecah dengan kedatangan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Prof. Dr. Djoko Santoso, Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia, dan Pembantu Dekan I Fakultas Kedokteran Unpad, Prof. Dr. Endang Sutedja,dr.,SpKK-K., ke kediaman Suwanda yang sederhana di Kampung Pasir Sereh RT o1/RW 09 Kecamatan Parongpong Lembang, Senin (28/02).

“Kamu harus jadi motivasi buat anak-anak disini. Ajari anak-anak di sekitar sini agar bisa melanjutkan kuliah seperti kamu,” pesan Menteri kepada Suwanda.

Kepada tamu-tamunya tersebut, Suwanda dan keluarganya mengungkapkan rasa syukur atas diterimanya Suwanda di FK Unpad melalui program Bidik Misi ini. Mereka berterima kasih kepada pemerintah dan Unpad yang telah memberi kesempatan kepada Suwanda untuk melanjutkan pendidikan.

Saat ini Suwanda juga aktif di Badan Perwakilan Mahasiswa FK Unpad sebagai Ketua Komisi 2 Bidang Aspirasi dan Advokasi, penanggung jawab media info Syiar Pelayanan Masyarakat (SPM) dan tim nasyid FK Unpad angkatan 2010.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: