Unpad dan P4TK Tandatangani MoU Program Peningkatan Vokasi Berkelanjutan

11 03 2011

[Unpad.ac.id, 11/03/2011] Unpad bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pertaninan (P4TK) dan 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat menyelenggarakan program Peningkatan Vokasi Berkelanjutan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia dengan Pejabat Wakil Sementara Kepala P4TK dan para kepala sekolah dari 11 SMK tersebut.

Rektor Unpad (tengah) saat penandatanganan MoU Program Peningkatan Vokasi Berkelanjutan bagi lulusan SMK (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam program ini, Unpad akan bertindak sebagai Main Campus dalam program pendidikan untuk jenjang D-1, khususnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Pertanian (Faperta), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,  dengan sebelas SMK tersebut sebagai Subcampus. Selain itu, juga ada program Rencana Alih Jenjang Program D-3 ke D-4 Akuakultur FPIK Unpad.

Sebelas SMK yang dimaksud adalah SMKN 1 Bandung, SMKN 3 Baleendah, SMKN 5 Pangelengan, SMKN 4 Garut, SMKN 2 Subang, SMKN 3 Kuningan, SMKN 1 Cilamaya, SMK SPP Geger Kalong, SMK SPP Tanjung Sari, dan SMKN 1 Majalengka. Acara penandatanganan ini juga dihadiri Direktur Southeast Asian Ministers of Education Organization Open Learning Centre (SEAMOLEC), Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto.

“Program ini harus dapat kita laksanakan dengan baik. Naskah akademik harus kita siapkan, dosen yang ada di Unpad dan SMK harus bersatu, peralatan antara Unpad dan SMK Subkampus juga harus bisa synchronize,” ujar Dr. Gatot.

Dr. Gatot juga mengharapkan dengan adanya program ini daerah di Jawa Barat dapat semakin berkembang. “Ayo kita mulai bangun bersama Jabar dan Indonesia melalui program pendidikan ini,” ajaknya.

Foto bersama usai penandatanganan MoU (Foto: Tedi Yusup)*

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ganjar mengucapkan rasa terima kasihnya karena Unpad telah dipercaya menjalankan amanah tersebut. “Ini adalah amanah dan saya titipkan kepada para Dekan untuk dapat menjalankan amanah ini dengan baik, demi meningkatkan integritas Unpad. Insya Allah kami akan mengerjakan program ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Prof. Ganjar mengungkapkan bahwa status para peserta didik yang mengikuti program ini adalah mahasiswa Unpad. Program ini adalah salah satu bagian dari upaya Unpad untuk meningkatkan aksesbilitas lulusan SMK untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. “Mudah-mudahan kedepannya program ini bisa dilanjutkan ke fakultas-fakultas yang lain,” harap Rektor.

Pejabat Wakil Sementara Kepala P4TK, Ir. Giri Suryatmana berharap program ini dapat meningkatkan potensi para guru, khususnya guru di daerah. Ia mengungkapkan bahwa hampir 64% guru belum lulus S-1. Untuk mendapatkan gelar sarjana, mereka bahkan rela masuk perguruan tinggi “abal-abal”, atau belum tersertifikasi.  Ia berharap, Unpad dapat membantu meningkatkan potensi para guru ini sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas mereka demi kemajuan pendidikan di masa mendatang.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: