Penilaian Mahasiswa Berprestasi Bukan Hanya Karena IPK Tinggi

8 04 2011

[Unpad.ac.id, 7/04/2011] Mahasiswa yang tergabung dalam Padjadjaran Intellectual Research (PIR) mengadakan acara Big Launching PIR yaitu Training Mahasiswa Berprestasi Unpad (Tampar Unpad) di Aula Moestopo, Gedung 4 lantai 3, Fakultas Komunikasi (Fikom) Unpad, Jatinangor, Sabtu (2/04). Acara yang dihadiri oleh 167 peserta dari berbagai macam Fakultas di Unpad ini bertujuan untuk menyosialisasikan bagaimana cara menjadi mahasiswa berpretasi (mawapres) Unpad dan agar termotivasi untuk berprestasi di berbagai bidang, akademik maupun non akademik demi mengharumkan nama baik Unpad.

Diawali dengan Acara talkshow “Mahasiswa Berprestasi” bersama Staf Pengajar Fakultas Psikologi Unpad sekaligus juri Mawapres tingkat Unpad, Yus Nugraha, Drs., MA dan Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Unpad 2010 yang juga merupakan Presiden Kema Unpad 2011-2012, Muhammad Sayyidi (FTG  2007). Pada talkshow yang dipandu oleh Atih Ardiansyah (penulis, mahasiswa lulusan Fikom Unpad) itu, Yus menjelaskan penilaian untuk menjadi mahasiswa berprestasi Unpad diantaranya  IPK min 2,27, pengalaman berorganisasi, kepribadian, kemampuan bahasa Inggris, dan karya tulis. Beliau juga memberi tips-tips jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi itu harus percaya diri dan berani mencoba.

Selain talkshow, terdapat pula training development oleh Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Pengkajian Ekonomi (LP3E) FE Unpad, Dr. Arief Anshori Yusuf SE., Msc dan presentasi oleh Direktur PIR, Sugiarso Mulia Saputra. Acara Tampar Unpad ini terasa semakin meriah dengan penampilan akustik gitar oleh “Riyandi dengan teman” dan stand-stand ilmiah dari International Associattion of Student in Agricultural and related Sciences (IAAS) Unpad, Komunitas Ilmiah Mahasiswa Muslim (KIMM) dari FISIP, Klinik tanaman dari FAPERTA, ROBOTIC dari FMIPA, AIESEC Unpad, PIR dan Penalaran Bem Kema Unpad.

Pada kesempatan itu, Arief mencoba memberikan motivasi dan menjelaskan tentang pentingnya penelitian dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sedangkan Sugiarso memaparkan bahwa PIR merupakan kelompok studi yang memiliki komitmen tinggi untuk bisa menjadi UKM Keilmiahan tingkat Universitas Padjadjaran yang senantiasa menggagas, mengkaji, menciptakan dan mengamalkan karya-karya intelektual mahasiswa kepada masyarakat sebagai upaya dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi.

Diakhir acara, terdapat penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Essay Intellectual Muda TAMPAR Unpad, terdiri dari Elvira Chaerunnisa dari Faperta dengan judul essay ”Peranan Mahasiswa Intelektual Dalam Mengusung Universitas Padjadjaran Sebagai World Class University” untuk juara pertama, M. Abdan Afwan dari FPIK dengan judul essay ”Mahasiswa dan Perubahan” untuk juara kedua, dan Wahyu Andrian dari Faperta degan judul essay “Peran Mahasiswa Intelektual Universitas Padjadjaran dalam Penelitian di bidang Pertanian untuk Memajukan Pertanian sebagai Revitalisasi Pembangunan Nasional” untuk juara ketiga.

“Saya berharap dengan adanya acara Tampar Unpad ini menjadikan mahasiswa Unpad peka dan peduli dalam kegiatan ilmiah maupun non ilmiah sehingga bisa menjadi mahasiswa berprestasi, kan prestasi itu tak hanya IPK gede” ujar Enang Saepuloh, Ketua Panitia Pelaksana Tampar Unpad 2011.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: