Gelar Monev PKM Internal, Unpad Optimis Kesempatan ke Pimnas Lebih Besar

4 05 2011

[Unpad.ac.id, 3/05/2011] Mengantisipasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa yang biasanya dilakukan Dikti pada pertengahan Mei, Senin (02/05) lalu Bagian Kemahasiswaan Unpad menggelar Monev PKM Internal Unpad di Ruang Moestopo Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Jatinangor.

Monev PKM Internal itu bertujuan mempersiapkan peserta untuk lolos Monev PKM Dikti dengan penilaian yang maksimal. Sebanyak 420 mahasiswa hadir dalam kesempatan tersebut, seluruhnya adalah mahasiswa yang programnya dibiayai oleh Dikti. Hadir untuk membuka acara tersebut adalah Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp. KN. Selain itu juga turut hadir Dekan Fikom Unpad, Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., PhD.

Tahun ini, tidak kurang dari 95 proposal mahasiswa Unpad dibiayai oleh Dikti. Tentu saja semua itu perlu dipertanggungjawabkan. Hadir sebagai pemateri terkait monitoring dan evaluasi PKM adalah Wilis Srisayekti. Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya, monitoring Dikti bertujuan untuk memantau apakah luaran dari PKM yang dibiayai sudah sesuai dengan yang dijanjikan menurut kontrak.

Termasuk dalam aspek monitoring adalah kesesuaian pencapaian menurut jadwal, metode PKM yang digunakan, kesulitan-kesulitan yang dihadapi, kerja sama kelompok, peran pembimbing, dan peran institusi. Sementara itu, evaluasi yang dilakukan Dikti nantinya akan menentukan kelompok-kelompok PKM yang berhak diundang ke Pimnas di Makassar Juli 2011 mendatang. Menurut Wilis, yang termasuk dalam aspek-aspek evaluatif terkait sudah atau belum rampungnya kegiatan. “Harusnya kegiatan sudah mencapai 80-90 persen,” jelasnya.

Selain itu juga evaluasi ini sangat dipengaruhi oleh kreativitas dan presentasi. Dalam praktiknya, prosentase penilaian dari proposal hanyalah 45 persen sementara sisanya diambil dari hasil penilaian saat monev. Karena itulah Wilis mengingatkan pentingnya para peserta monev untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Monev Dikti yang diperkirakan akan dilakukan pertengahan Mei ini.

Berbicara tentang hal-hal teknis yang perlu dipersiapkan peserta, Wilis menjelaskan bahwa mereka perlu menyiapkan dua hal, yakni presentasi dan materi-materi sebelum presentasi. Nantinya para peserta hanya akan diberi waktu selama lima belas menit untuk melakukan presentasi, memperlihatkan proses kegiatan melalui foto-foto, dan memperlihatkan produk.

Sementara hal-hal yang perlu disiapkan sebelum presentasi berupa laporan kemajuan pekerjaan, CD berisi materi tayangan, log book yang menjelakskan aktivitas harian, juga indikator keberhasilan jangka pendek.

Kasubbag Minat dan Pengarah Biro Administrasi Kemahasiswaan, Drs. Runjali Setiawan, mengatakan bahwa Monev PKM Internal semacam ini baru dilaksanakan mulai tiga tahun belakangan. Menurutnya, pengaruh adanya monev internal sangat signifikan pada undangan dari Dikti untuk mengikuti Pimnas.

“Tahun lalu, ada enam PKM yang diundang untuk mengikuti Pimnas. Padahal sebelumnya hanya dua yang diundang ke ajang ilmiah nasional itu,” jelas Runjali. Karena itulah, pihaknya optimis diadakannya Monev PKM Internal kali ini juga akan berdampak secara signifikan untuk membuka kesempatan lebih banyak untuk Unpad berlaga di Pimnas 2011 di Makassar nanti.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: